Cara Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah Agar Penampilan Lebih Menarik

0
345

Contents

cara memilih kacamata sesuai bentuk wajahCara memilih kacamata sesuai bentuk wajah ini perlu diperhatikan dengan betul. Pemilihan yang tepat akan berpengaruh pada penampilan. Tentunya tanpa melepas fungsi utama dari kacamata itu sendiri.

Ketika memilih kacamata, menyesuaikan bentuk wajah tidak boleh dikesampingkan. Alasannya, kesesuaian kacamata dengan bentuk wajah akan memunculkan tampilan yang modis. Hal ini membuat pengguna lebih percaya diri.

Kecocokan ini pun bisa membantu dalam menutupi kekurangan Anda. Jadi, tidak salah bila Anda perlu memperhatikan secara seksama mengenai kacamata itu sendiri.

Lantas, bagaimana cara memilih kacamata sesuai bentuk wajah? Berikut ini tips untuk memilihnya dengan tepat.

Panduan Lengkap Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

Kacamata digunakan tidak hanya sebatas melindungi mata, tetapi juga untuk memperbaiki penampilan. Yakni, menutupi kekurangan.

Untuk Mendukung keduanya, pemilihannya harus tepat. Jika Anda hendak membelinya, perhatikan panduan untuk memilihnya berikut ini.

  1. Kacamata Memiliki Perlindungan yang Kuat dari Cahaya

Kaca mata berfungsi untuk melindungi mata. Itu tidak terbantahkan. Hanya saja, bentuk perlindungannya bisa berbeda.

Alasannya, jenis kacamata itu beraneka ragam. Ada yang sengaja dirancang untuk mendukung penampilan saja, ada juga yang dirancang khusus sebagai alat bantu penglihatan hingga melindungi mata.

Di sini, Anda perlu fokus pada fungsi utamanya sebagai pelindung. Pastikan bahwa kaca mata tersebut disematkan dengan teknologi untuk melindungi mata dari paparan sinar/cahaya yang berbahaya.

Contohnya adalah paparan sinar UV dari matahari dan sinar biru dari gadget. Sinar ini perlu dihalau dengan maksimal agar mata terjaga kesehatannya.

Bagaimana cara mengetahuinya? Setiap kacamata idealnya sudah dilengkapi dengan buku yang menunjukkan spesifikasinya.

Usahakan untuk mengetahui kemampuannya dalam menangkal paparan sinar, kemudian masih cukup bagus ketika digunakan di area yang minim cahaya. Jika kesulitan, cukup tanyakan pada penjualnya.

  1. Kacamata Sesuai Bentuk Wajah Pengguna

Ketika memilih kacamata, sesuaikan dengan bentuk wajah. Nah, bagaimana cara memilih kacamata sesuai bentuk wajah?

  • Wajah Oval

Bagi pemilik wajah oval, Anda termasuk orang yang sangat beruntung. Alasannya, berbagai jenis bingkai kacamata tetap cocok untuk digunakan.

Meskipun begitu, ada bingkai yang harus dihindari. Yakni, bingkai dengan bentuk yang ekstrem serta lebarnya lebih dari bagian terluas wajah.

  • Wajah Triangle

Pemilik wajah triangle cocoknya mengenakan bingkai bagian atas yang lebih lebar bila dibandingkan dengan bagian bawahnya. Alasannya, bingkai ini dapat menyeimbangkan penampilan.

Contohnya adalah bingkai nylor atau half frame. Bingkai ini cocok dipilih oleh seseorang yang memiliki bentuk wajah triangle.

Sebaliknya, hindari untuk memilih bingkai dengan gagang yang lebih lebar. Karena, bingkai seperti ini membuat penampilan wajah kurang menarik.

  • Wajah Panjang

Frame kotak dengan gagang lebih rendah sangat cocok bagi pemilik wajah panjang. Kesan yang ditampilkan adalah wajahnya lebih lebar dan pendek.

  • Wajah Bulat

Bingkai kacamata berbentuk persegi atau kotak layak untuk dipertimbangkan. Kemudian, posisi gagangnya juga harus lebih tinggi.

Kacamata seperti ini bisa membuat wajah tampak lebih panjang. Dengan begitu, tampak keselarasan sehingga tampilan Anda semakin menarik.

Sementara bingkai kacamata yang perlu dijauhi adalah bingkai berbentuk bundar. Begitu pula, gagangnya terlalu gelap dan tebal. Ini harus dihindari supaya tidak mempengaruhi penampilan.

  • Wajah Kotak

Pemilik wajah kotak butuh sebuah kacamata yang dapat menyamarkan garis wajah. Begitu pula, mampu memberikan garis lengkung yang membuat wajahnya tampak lebih panjang.

Tentunya, bingkai kacamata yang cocok adalah bingkai berbentuk oval atau bundar. Sebaliknya, jauhi frame kacamata yang berbentuk kotak.

  1. Kacamata Dapat Dipadu Padankan dengan Item Lain

Cara memilih kacamata sesuai bentuk wajah ini tidak sebatas memilih berbagai bentuk bingkai, tetapi juga memperhatikan keserasian. Khususnya bila dipadu padankan dengan item fashion lainnya.

Faktanya, kacamata ini dikenakan oleh sebagian orang untuk menunjang penampilannya. Jadi, kacamata tidak hanya sekedar sebagai alat bantu penglihatan.

Beruntungnya, produsen sudah merilis berbagai jenis kacamata yang fungsional dan modis. Ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan dari masyarakat modern.

Apabila Anda memang sering mengenakan kacamata, tidak ada salahnya untuk menginvestasikan biaya pembelian beberapa kacamata. Dengan begitu, Anda lebih mudah dalam menyelaraskan antara kacamata dengan item lainnya.

  1. Ukuran Kacamata Pas

Ukuran dari kacamata juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Jangan sampai terlalu kecil atau sebaliknya terlalu besar.

Kuncinya terletak pada kemampuan kaca mata dalam menutupi seluruh area mata. Karena, fungsi utamanya untuk menjaga mata dari paparan sinar yang berbahaya.

Normalnya, ukurannya agak sedikit lebih besar. Ini didasarkan pada kemampuannya dalam menghalau sinar masuk ke dalam mata secara langsung. Ketika kaca mata jenis ini didapatkan, ini berarti jika Anda berhasil memilihnya.

Kacamata Terbaik untuk Kaum Wanita dan Pria

Ada banyak sekali jenis kaca mata yang tersedia di pasaran. Kacamata tersebut bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

Tentunya, selain menerapkan cara memilih kacamata sesuai bentuk wajah demikian, maka Anda juga perlu menentukan jenisnya. Adapun jenis kacamata yang terbaik untuk digunakan adalah kacamata yang mampu menghalau sinar biru mau pun sinar matahari.

Jenis ini sangat berguna untuk melindungi mata. Terlebih jika Anda termasuk orang yang sering beraktivitas di luar ruangan. Atau, Anda termasuk orang yang menghabiskan waktunya di depan layar komputer.

Kacamata yang bisa menghalau sinar tersebut akan membantu mata tetap terjaga. Mata tidak mudah lelah, tidak memerah atau iritasi. Salah satunya adalah Blue Cut Glasses.

Tips Memakai Kacamata dengan Percaya Diri

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan ketika menggunakan kacamata agar lebih percaya diri. Di antaranya sebagai berikut:

  1. Kenakan Kacamata yang Sesuai Bentuk Wajah

Poin pertama yang harusnya dilakukan adalah memastikan bahwa kacamata yang digunakan memang sesuai dengan bentuk wajah pengguna. Adapun cara memilih kacamata sesuai bentuk wajah ini bisa dilihat di atas.

  1. Kenakan Kacamata dengan Ukuran Bingkai yang Pas

Poin kedua adalah memastikan bahwa ukuran bingkai dari kacamata ini pas. Ukuran yang pas ini memungkinkan kacamata tidak berubah posisinya.

Penggunanya juga akan merasa lebih nyaman ketika memakainya. Bahkan, lebih percaya diri lantaran kaca mata tersebut lebih sesuai dengan wajah.

  1. Sesuaikan Warnanya

Kacamata ini dirilis dalam beberapa warna. Anda bisa menentukan warna yang dinilai sesuai dengan preferensi.

Anda bisa memilihnya sesuai dengan tone warna rambut atau kulit. Fungsinya untuk memunculkan keseimbangan warna. Dengan begitu, Anda bisa berpenampilan lebih percaya diri dan modis.

  1. Kenakan Kaca Mata Sejak Dini

Tidak ada salahnya untuk mengenakan kaca mata sejak kecil. Ini tidak lepas dari beberapa aktivitas yang mengharuskan seseorang untuk mengenakan kacamata.

Contohnya adalah bila sedang menatap layar smartphone atau laptop. Atau, ketika sedang pergi keluar rumah yang mana Anda sering kontak dengan sinar matahari.

Tentu saja, penggunaannya disesuaikan dengan kondisi. Artinya, hanya digunakan pada waktu-waktu tertentu yang membutuhkan pelindung mata.

Dengan mengaplikasikan tips atau cara memilih kacamata sesuai bentuk wajah di atas, Anda tidak akan salah dalam membelinya. Anda pun lebih percaya diri ketika mengenakannya untuk menemani aktivitas harian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here