Cara Membersihkan Kaca Mata Agar Selalu Jernih Sepanjang Hari

0
386

Contents

cara membersihkan kaca mataCara membersihkan kaca mata sebenarnya mudah dilakukan. Tetapi, banyak pengguna baru yang kurang memperhatikannya.

Kurangnya ketelitian dalam membersihkan kaca mata bisa berdampak negatif pada perangkat optik. Selain mempengaruhi kenyamanan, kesalahan dalam pembersihan dapat menyebabkan lensa kaca mata mengalami kerusakan.

Supaya tidak terjadi hal yang demikian, pelajari kiat atau cara membersihkan kaca mata dengan tepat. Nah, bagaimana caranya? Mari simak ulasannya berikut ini!

Kenapa Kacamata Sebaiknya Dibersihkan?

Kacamata merupakan perangkat optik yang membantu dalam melihat benda dengan jelas. Perangkat ini terpasang di sekitar mata. Contoh pilihan terbaiknya adalah kacamata Khaia ini.

Sebagai salah satu alat bantu penglihatan, kacamata ini perlu dirawat sebagaimana mestinya. Perawatan yang baik akan membuat kacamata menjadi lebih tahan lama. Bahkan, kacamata akan tetap jernih dan bersih sepanjang hari.

Mengenai pembersihannya, pengguna perlu membersihkannya secara berkala. Alasannya, lensa kacamata ini bisa ditempeli oleh sejumlah kotoran dan debu.

Kotoran ini menyebabkan lensa tampak kusam. Hal ini bisa mengganggu penglihatan ketika kacamata digunakan.

Lebih parahnya, kotoran yang tidak dibersihkan ini bisa menyebabkan gangguan pada Kesehatan mata. Kotoran dapat masuk ke mata, menyebabkan iritasi dan gangguan lainnya.

Secara tidak langsung, kacamata ini justru membuat masalah Anda semakin parah. Dan itu tidak seharusnya dibiarkan oleh pengguna.

Menyadari kemungkinan tersebut, pengguna dianjurkan untuk membersihkannya secara rutin. Tujuannya untuk meminimalkan masalah mata hingga membantu dalam penglihatan.

Berapa Kali Kacamata Dibersihkan?

Cukup banyak pengguna yang menanyakan tentang berapa kali sebaiknya kacamata dibersihkan di tiap harinya. Dan jawabannya ini amat bergantung pada banyak hal. Contohnya adalah aktivitas hingga sering tidaknya kacamata ini digunakan.

Aktivitas di lingkungan yang kurang baik memungkinkan kacamata lebih mudah keruh. Banyak debu atau kotoran yang menempel pada lensa.

Apabila lensa kacamata ini sudah keruh, mau tidak mau Anda perlu membersihkannya. Bahkan, perlu dibersihkan saat itu juga agar tidak mengganggu pandangan.

Mengenai jumlahnya, secara umum pembersihannya minimal dilakukan satu kali di tiap harinya. Khususnya bila Anda memang sering menggunakannya. Itu pun menyesuaikan dengan keaktifan Anda di lingkungan.

Apabila Anda begitu aktif di lingkungan yang mudah kotor, pembersihannya bisa dilakukan 2-3 kali dalam sehari. Contohnya adalah beraktivitas di lingkungan yang berdebu dan berangin.

Selain itu, aktivitas padat yang membuat Anda cepat berkeringat juga perlu diperhatikan. Anda mungkin perlu membersihkannya beberapa kali dalam sehari.

Dengan membersihkannya secara rutin, kacamata Anda akan tetap terjaga ketajamannya. Begitu pula, terbebas dari goresan atau kerusakan yang mengkhawatirkan bagi mata.

Sederhananya, jangan menunggu terlalu lama sampai kotoran mengendap di lensa kacamata. Apabila terlihat kotor, segeralah untuk membersihkannya.

Cara Membersihkan Kacamata secara Tepat

Cara membersihkan kaca mata yang tepat dapat menjaga kaca mata tetap jernih dan aman digunakan. Berikut ini cara membersihkannya dengan benar:

  1. Siram Kacamata dengan Air

Ketika hendak membersihkannya, awali dengan menyiram lensa kacamata dengan air. Air yang digunakan adalah air hangat.

Aturannya, lensa kacamata dibasahi dengan air hangat. Tujuannya untuk memudahkan dalam mengangkat kotoran atau debu.

  1. Keringkan Kacamata dengan Kain yang Halus

Setelah dibasahi dengan air hangat, langkah selanjutnya adalah dengan mengeringkannya. Untuk mengeringkannya, pastikan untuk menggunakan kain yang halus. Contohnya adalah kain mikrofiber.

Usap lensanya hingga bersih dari debu, kotoran atau pun minyak. Lakukan hingga lensanya menjadi kering.

  1. Gunakan Cairan Pembersih Khusus Kaca Mata

Apabila sudah bersih, Anda bisa melanjutkan pembersihannya dengan memanfaatkan cairan pembersih. Cairan ini sengaja digunakan untuk menghilangkan bakteri atau kuman.

Adapun cairan khusus ini harusnya bebas dari bahan kimia. Cairan seperti ini akan lebih aman untuk digunakan.

Apabila belum memilikinya, silahkan dapatkan di apotek terdekat. Anda bisa membelinya beberapa saja. Syaratnya, cairan tersebut bebas dari bahan kimia yang berbahaya.

Setelah memilikinya, silahkan teteskan pada lensanya. Balurkan dengan kain halus untuk meratakannya.

  1. Oleskan dan Keringkan dengan Kain Halus

Cara membersihkan kaca mata selanjutnya adalah mengoleskan cairan pembersih serta mengeringkannya dengan kain yang halus. Praktiknya, Anda hanya perlu mengoleskannya sampai merata.

Caranya dengan menggerakkannya secara lembut dengan posisi melingkar. Posisi ini memungkinkan seluruh lensa dapat dijangkau oleh cairan pembersih.

Sembari itu, lakukan dengan lembut. Sebaliknya, hindari untuk menekan permukaan lensa dengan keras. Karena dikhawatirkan lensanya akan rusak akibat tertekan dengan keras.

Lakukan sampai rata. Kemudian, keringkan dengan kain tersebut. Dengan begitu, Anda sudah bisa menyelesaikan pembersihan dengan sempurna.

  1. Simpan Kaca Mata di Tempat yang Aman

Setelah mengaplikasikan cara membersihkan kaca mata secara sempurna, Anda bisa menyimpan kacamata tersebut di tempat yang aman. Kuncinya adalah tempatnya bersih dan kering.

Aturan peletakannya, hindari menaruh permukaan lensa menghadap ke bawah. Karena, ini hanya akan membuat lensa menjadi kurang menarik.

Tetapi, posisikan lensanya menghadap ke atas. Dengan begitu, lensanya tetap jernih serta tidak mudah tergores akibat gesekan dengan benda keras.

Untuk penyimpanannya, ini bisa dilakukan setelah tidak digunakan. Contohnya pada malam hari ketika hendak istirahat.

Hal yang Perlu Dihindari Ketika Membersihkan Kaca Mata

Di dalam penerapan cara membersihkan kaca mata, terdapat beberapa pantangan yang harusnya dihindari. Berikut ini hal yang sebaiknya dihindari ketika membersihkan kaca mata:

  1. Mengelap Lensa Kacamata dalam Kondisi Kering

Setiap kali lensa dari kacamata kotor, pengguna seringkali mengelapnya. Tujuannya agar debu atau kotoran tidak menghalangi pandangan.

Itu merupakan kebiasaan yang baik. Tetapi, pengguna tidak disarankan untuk mengelapnya dalam kondisi kering.

Ketika pengguna membersihkan lensa dalam kondisi kering, dikhawatirkan lensa tersebut akan cepat rusak. Kondisi inilah yang membuat kacamata tidak bertahan lama.

Diketahui bahwa material lensa cukup rentan dengan benda lain. Ketika lensanya dilap dalam kondisi kering, ada kemungkinan jika lensa akan tergores.

Goresan ini tentunya akan berbahaya. Bisa-bisa membuat mata terluka sehingga cukup mengkhawatirkan.

Tidak hanya itu saja, justru pembersihan seperti itu bisa meninggalkan noda. Noda ini akan terus menempel. Membuat penggunanya tidak bisa melihat benda secara jelas meskipun telah mengenakan kacamata.

  1. Menggunakan Bahan Kasar untuk Membersihkan Kacamata

Sangat tidak diperkenankan untuk menggunakan bahan yang kasar ketika membersihkan lensa. Contohnya adalah tisu, sapu tangan atau pun kaos.

Bahan-bahan seperti ini bisa merusak permukaan lensa. Ketika sering dilakukan, lensanya akan cepat tergores. Pada akhirnya, Anda harus mengganti lensa tersebut agar lebih aman dan jernih.

Supaya tidak sering mengganti lensa, usahakan untuk membersihkan lensa kacamata tersebut dengan kain yang lembut. Sebisa mungkin, sediakan di tempat penyimpanan kacamata.

Ketika hendak digunakan, silahkan basuh terlebih dahulu lensanya dengan air. Kemudian, bersihkan dengan memanfaatkan kain yang lembut tersebut.

Kesimpulannya, menjaga kebersihan dari kacamata sangat dianjurkan untuk menjaga kejernihan sekaligus menjaga mata dari bahaya. Adapun cara membersihkan kaca mata ini diawali dengan membasuhnya, memasukkan cairan pembersih dan mengeringkannya dengan kain yang lembut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here