Kacamata Komputer: Solusi Melindungi Mata Agar Tetap Sehat

0
449

Contents

kacamata komputer75 – 90% pengguna komputer menderita ketegangan mata. Untuk itulah, penting bagi pengguna untuk meminimalisirnya. Cara terbaiknya adalah menggunakan kacamata komputer.

Di era modern, banyak pekerjaan mengandalkan perangkat komputer atau perangkat digital lainnya. Ini berarti bahwa kebanyakan waktu dari pengguna dihabiskan untuk menatap layar monitor.

Masalahnya, layar monitor ini menghasilkan sinar biru yang berbahaya. Ketika menembus mata secara langsung, gangguan Kesehatan mata lama-kelamaan akan dirasakan.

Menyadari akan bahayanya, pengguna sangat dianjurkan untuk melindungi organ matanya. Dan mengenakan kacamata komputer sangatlah bijaksana.

Cara Kerja Kacamata Komputer

Kaca mata komputer atau kaca mata anti radiasi merupakan perangkat optik yang dirancang khusus untuk menghalau sinar biru masuk ke mata. Perangkat ini bermanfaat penuh untuk melindungi mata dari paparan sinar yang dipancarkan oleh komputer mau pun perangkat digital.

Adapun cara kerjanya adalah dengan memfilter sinar biru. Filter sinar ini memungkinkan sinar yang masuk jauh lebih aman.

Sederhananya, sinar biru tidak langsung masuk ke mata. Dengan begitu, Kesehatan mata pun akan lebih terjaga.

Meskipun pancaran sinar ini dihalau, pengguna masih bisa menatap layar digital dengan lebih jelas. Tentunya, ini membantu pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih nyaman.

Contoh kacamata penangkal sinar biru yang sudah teruji adalah Khaia kacamata. Jenis ini sudah didesain sedemikian rupa untuk membantu pengguna dalam melindungi matanya.

Fungsi Kacamata Komputer

Bukan tanpa alasan mengapa produsen merancang kacamata komputer ini. Produsen merancangnya untuk membantu masyarakat yang menghabiskan waktunya di depan layar komputer. Contohnya pekerja kantoran atau pun pebisnis online dan lain sebagainya.

Fungsi utama dari kaca mata komputer sendiri cukup banyak. Di antara fungsinya sebagai berikut:

  1. Meminimalkan Paparan Sinar Biru ke Mata

Salah satu fungsi yang ditawarkan oleh kacamata ini adalah meminimalkan paparan dari blue light. Blue light atau sinar biru ini dipancarkan dari perangkat elektronik seperti komputer, laptop, smartphone hingga TV.

Sinar ini sebenarnya sangat berbahaya bagi Kesehatan mata. Ketika mata terpapar sinar ini, sel mata berisiko terganggu. Bisa saja mengalami kerusakan yang menyebabkan seseorang tidak dapat melihat.

Tentunya, kondisi tersebut tidak dirasakan dalam waktu dekat. Melainkan, kondisi tersebut bisa terjadi dalam jangka Panjang sehingga banyak pengguna yang tidak menyadarinya.

  1. Meminimalkan Ketegangan Mata

Pada kenyataannya, banyak orang yang mengalami kelelahan mata setelah menghabiskan berjam-jam di depan komputer. Itu bukan hanya sebatas karena kurang banyak gerak, tetapi disebabkan oleh terlalu lama menatap layar komputer.

Kondisi ini paling sering diasakan oleh pekerja kantoran. Begitu pula, orang-orang yang menghabiskan waktunya di depan layar komputer seperti gamer atau pebisnis online.

Biasanya, seseorang akan mengalami gejala seperti ketegangan mata. Lambat laun, gejala ini semakin parah. Ditandai dengan pusing serta penglihatan kabur.

  1. Memperjelas Penglihatan

Faktanya, kacamata yang terbaik itu dirancang untuk membantu pengguna dalam memperjelas penglihatannya. Ini menjadi fungsi utama yang paling dibutuhkan oleh pengguna.

Tentunya, ini tidak mengesampingkan pada fungsi lain sebagai pemanis dari penampilan. Yakni, digunakan sebagai item fashion untuk melengkapi penampilan pengguna.

Perbedaan Kacamata Komputer dan Kacamata Lain

Kenyataannya, ada banyak sekali jenis kaca mata yang dijual di pasaran. Salah satunya adalah kacamata komputer yang sangat bermanfaat ini.

Lantas, apa bedanya dengan jenis kacamata lainnya? Secara umum, bedanya terletak pada fitur yang disematkan dalam kacamata tersebut.

Kacamata untuk komputer ini disematkan dengan fitur reflektif. Fungsinya untuk menghalau sinar sehingga mata tidak akan silau dengan cahaya yang keluar dari komputer.

Tidak silaunya mata membuat mata dapat melihat dengan lebih jelas. Di samping itu, mata pun tidak mudah Lelah sehingga sangat bermanfaat.

Sementara untuk jenis lainnya, kacamata tidak dilengkapi dengan fitur tersebut. Bahkan, sebagian dilengkapi dengan fitur untuk menajamkan penglihatan mata.

Contohnya kacamata baca yang mana berguna untuk meningkatkan kualitas penglihatan bagi orang yang mengalami rabun jauh atau dekat. Tentunya, kacamata ini hanya cocok digunakan bagi orang yang bermasalah dengan rabun jauh atau dekat.

Untuk memastikannya, pengguna harusnya memeriksakan diri ke dokter. Nantinya, dokter yang akan memberikan penjelasan mengenai kondisi mata. Kemudian, memberikan rekomendasi mengenai jenis kacamata yang cocok untuk dikenakannya.

Orang yang Cocok Menggunakan Kaca Mata Komputer

Idealnya, orang yang dianjurkan untuk mengenakan kacamata komputer adalah pengguna yang sering menghabiskan waktunya di depan gadget. Tentunya, penggunanya ini sangat bervariasi.

Ini bisa saja pekerja kantoran yang memang memiliki rutinitas harian di depan komputer selama berjam-jam. Atau pun anak-anak yang waktunya dihabiskan untuk memandangi smartphone atau gadget.

Contohnya anak-anak yang bermain game terlalu berlebihan. Atau, anak-anak yang memang dituntut untuk belajar secara daring melalui laptop.

Orang-orang ini harusnya menggunakan kacamata tersebut. Tujuannya supaya Kesehatan matanya lebih terjaga.

Tips Menggunakan Kaca Mata Komputer

Apabila waktu Anda dihabiskan di depan komputer, sebaiknya Anda menggunakan kacamata komputer ini. Untuk menggunakannya secara aman, ada beberapa tips yang bisa diterapkan. Berikut ini tipsnya:

  1. Kenakan Kaca Mata Setiap Bekerja di Depan Komputer

Tips pertama yang perlu dipertimbangkan adalah selalu mengenakan kacamata setiap kali bersinggungan dengan monitor. Tentunya, ini bisa dimulai sejak Anda hendak menyalakan komputer.

Kemudian bila sudah tidak menggunakan komputer, Anda bisa melepas kacamatanya. Karena, fungsi utama dari kacamata ini hanya untuk melindungi mata dari paparan blue light yang berbahaya.

  1. Atur Jarak Pandang dengan Layar Komputer

Tips kedua adalah mengatur jarak pandang antara mata dengan layar monitor. Pengaturan ini sangatlah penting. Sayangnya, tidak banyak diterapkan oleh pengguna.

Pengaturan jarak pandang ini dimaksudkan untuk mengurangi ketegangan. Atau, meminimalisir sinar yang masuk ke dalam mata secara langsung.

Idealnya, jarak pandang terbaik sekitar 50-66 cm. Anda bisa mengaturnya seperti ini agar pandangan tidak terganggu oleh sinar dari monitor.

  1. Atur Pencahayaan Ruang dengan Baik

Tips ketiga adalah mengatur pencahayaan. Ini bisa pencahayaan ruang atau pun pencahayaan dari komputer itu sendiri.

Untuk penempatan lampu, usahakan lampu ruangan tidak langsung menyorot ke mata. Atau, cahaya lampu ditempatkan di atas kepala yang memungkinkan cahayanya langsung menyorot ke bawah.

Kenapa? Karena bermandikan lampu seperti ini hanya akan mempercepat mata lebih Lelah. Dan inilah yang membuat Anda lebih sering merasakan pusing dan mata memerah.

Selain itu, usahakan untuk mengatur pencahayaan di komputer. Jangan sampai terlalu terang. Tujuannya agar sorot cahaya tidak menyilaukan mata sehingga mempercepat kelelahan mata.

  1. Terapkan Aturan 20-20-20

Tips keempat adalah menerapkan aturan 20-20-20. Aturan sebaiknya diaplikasikan agar kelelahan mata tidak terjadi akibat dari menatap komputer terlalu lama.

Praktiknya adalah menatap layar maksimal 20 menit. Kemudian, memalingkan mata (mengistirahatkannya) kurang lebih 20 detik.

Selain itu, lihat objek atau benda lain yang jaraknya sekitar 20 kaki (6 meter). Tujuannya untuk membuat mata lebih rileks.

Di samping itu, usahakan untuk selalu berkedip. Idealnya, mata perlu berkedip sekitar 18 kali di tiap menitnya. Dengan begitu, kekeringan pada mata tidak akan pernah terjadi.

Dengan menggunakan dan menerapkan aturan penggunaan kacamata komputer, mata Anda akan lebih sehat. Bahkan, lebih terjaga meskipun sering beraktivitas berjam-jam di depan komputer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here