10 Cara Cepat Membangun MLM Online Melalui Instagram

0
56

Pasar online atau market place menjadi ajang yang tepat dalam mengembangkan bisnis mlm secara online. Bahkan dewasa ini, market place menjadi metode tepat yang digunakan dalam berbelanja di Indonesia. Dalam dunia digital beragam market place saling bersaing dalam memajukan bisnisnya, misalnya dalam menjalankan usaha di media sosial.

Baru-baru ini yang tengah menjadi berita hangat tentang jualan online di instagram, beragam jenis produk, usaha bisa dilakukan di sini. Bahkan dalam bentuk multi level marketing sekalipun sangat banyak menduduki rating untuk melebarkan sayapnya melalui instagram.

Bagaimana cara Bisnis MLM Melalui Instagram? Ini Jawabannya!

Seringkali dijumapai distributor MLM yang memasarkan produknya menggunakan media sosial khususnya instagram. Memilih instagram merupakan sarana paling tepat untuk memasarkan produk agar memiliki jangkauan lebih luas terhadap produk yang diusung.

Artinya penting untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan metode atau cara dalam mengembangkan bisnis menggunakan instagram. Oleh sebab itu simak penjelasan berikut ini:

1. Pahami Target Yang Akan Dicapai

Tidak serta merta seluruh produk dapat dipasarkan melalui media sosial instagram. Perlu dipahami juga tentang produk yang dibawa oleh perusahaan tempat anda bergabung. Karena produk dalam bisnis MLM itu beragam, mulai dari produk kecantikan, perlengkapan rumah tangga, kesehatan hingga perlengkapan pertanian.

Pahamilah target yang akan dicapai, siapa yang bakal membeli, rentang usia berapa dan hal apa yang dibutuhkan. Misalnya produk pertanian, tentu sasaran pasar yang dituju adalah petani dan pekebun, produk kecantikan, sasarannya adalah para wanita dan seterusnya. Hal ini sangatlah penting dikethui, sebab berkaitan dengan perkembangan bisnis yang hendak dicapai.

2. Buatlah Konsumen Penasaran

Jika sudah menentukan sasaran yang akan dicapai, tentang produk dan pasaran. Langkah selanjutnya yakni buatlah konsumen penasaran dengan produk yang anda jual. Pastikan untuk tidak melakukan secara langsung menawarkan produk X, Y dan seterusnya.

Oleh sebab itu lakukanlah dengan cara halus agar pembeli secara tidak sadar tertarik dengan produk anda. Karena pada dasarnya setiap orag tidak selalu menginginkan produk jualan. Terlebih dahulu anda harus paham apa kebutuhan prospek, kemudian anda bisa menciptakan rasa penasaran.

3. Lengkapi Bio

Dalam akun instagram ada fitur yang dinamakan bio, berisi identitas pemilik akun instagram. Artinya dalam menjalankan bisnis melalui instagram tulislah bio secara detail mulai dari nama usaha, kontak yang bisa dihubungi hingga alamat. Tuliskan kontak tidak hanya nomor HP, namun juga alamat email serta nomor lain alternatif yang bisa dihubungi.

Kontak tersebut digunakan untuk pemesanan konsumen terhadap barang yang anda jual. Lengkapi pula dengan format pemesanan jika memang dibutuhkan, agar konsumen lebih mudah dalam melakukan pemesannya. Pastikan pula dengan kelengkapan-kelengkapan informasi yang berkaitan tertulis didalam bio.

4. Biasakan Menggunakan Hastag

Selanjutnya adalah selalu mencantumkan hastag dalam mempromosikan bisnis melalui media sosial instagram. Kegunaan tagar dalam instagram sebenarnya sebagai pengelompokan suatu pesan yang berkaitan dengan produk yang dijual. Jika anda memulai bisnis MLM melalui instagram, gunakanlah hastag yang sesuai dengan produk yang tengah dipromosikan.

Sehingga konsumen akan lebih mudah dalam menemukan produk hanya dengan mengetik keyword sesuai dengan hastag yang anda tuliskan. Misalnya produk yang anda jual adalah produk kecantikan, maka tagar yang digunakan #pelembabkulitkering. Hal yang perlu diingat yakni jangan gunakan spasi jika keyword yang ditulis tersebut lebih dari satu.

5. Pilih Foto Yang Berkualitas

Instagram merupakan media sosial yang menggunakan lebih banyak publis foto atau video. Maka pilihlah foto yang menarik, jelas dan berkualitas, lebih dari itu asahlah kemampuan tentang cara pengambilan foto yang bagus. Alhasil produk yang anda jual semakin menarik perhatian dan banyak diminati.

Dalam memasarkan produk MLM melalui instagram, anda juga harus selalu konsisten dalam membagikan foto-foto terbaru tentang produk yang dijalankan setiap harinya. Tambahkan pula keterangan penggunaan produk, manfaat serta tambahan quote agar konsumen semakin tertarik.

6. Berikan Detail Produk Secara Jelas

Dalam tahap ini sebenarnya berkaitan dengan penjelasan sebelumnya. Dalam memposting foto atau video tentang produk yang anda jual, berikan caption yang jelas dan sesuai dengan produk. Jika perlu tambahkan pula harga tentang suatu produk yang diposting. Namun dianjurkan untuk tidak mencantumkan harga karena dapat memicu rasa penasaran konsumen.

Alhasil mereka langsung menanyakannya lewat kontak yang telah tertera didalam bio atau juga bisa menanyakannya melalui kolom komentar. Nah dengan demikian anda bisa mengeksekusi pelanggan agar membeli produk dengan rayuan serta godaan yang dimiliki.

7. Jadilah Sales Yang Berprofesional

Sebagai salah satu anggota yang tergabung dalam bisnis MLM, memilki skill sales memang sangat dibutuhkan. Kemampuan yang dimiliki tidak terbatas pada kemampuan mencari konsumen dan keuntungan sebanyak-banyaknya. Lebih dari itu kemampuan berkomunikasi dengan sesama pelanggan maupun dengan sesama anggota juga sangat dibutuhkan.

Karena hal ini juga berbanding lurus dengan banyaknya keuntungan yang diperoleh. Selain itu dalam mencari downline sebagai ajang menambah anggota, diperlukan pula komunikasi yang bagus. Dengan komunikasi yang bagus, pesan yang tersampaikan akan mudah diterima oleh donwline-downline baru.

8. Pastikan Untuk Tidak Nyepam

Melakukan spam tentu sangat mengganggu terlebih jika foto yang di spam tidak ada kaitannya. Tentu hal ini malah merugikan anda dikemudian hari, dan pelanggan secara tidak langsung akan berhenti mengikuti anda di instagram.

Sebenarnya boleh saja melakukan promosi pada kolom komentar. Namun jangan terlalu sering, lakukanlah sesekali agar ornag lain tidak merasa di bom bardir kolom komentarnya.

9.  Perhatikan Jumlah Posting

Serupa dengan sebelumnya, konsumen atau follower akan sangat terganggu jika anda melakukan postingan lebih dari 5 foto secara beruntun. Pastikan untuk tidak melakukannya meskipun anda sebagai pebisnis MLM pemula, atau produk yang disediakan sangat banyak. Karena yang ada konsumen malah merasa risih dan terganggu dengan segala jenis postingan terlalu sering.

Jika memang produk yang hendak anda posting sangatlah banyak, buatlah jeda waktu secara berkala. Misalnya hari ini memposting 2 produk, besok memposting 2 produk dan selanjutnya, agar konsumen tidak risih.

10. Libatkan Follower Sebagai Ajang Promosi

Langkah terakhir untuk membangun dan mengembangkan bisnis MLM anda adalah dengan melibatkan follower sebagai ajang promosi. Libatkanlah konsumen dalam testimoni produk-produk yang pernah digunakannya.

Sebagai target perkembangan  bisnis, lakukan pula kuis dalam 3 atau 4 bulan sekali dengan memberikannya hadiah. Selain berguna sebagai sarana promosi, langkah ini juga dapat menambah jumlah follower instagram anda.

Itulah beberapa cara yang dapat diterapkan dalam membangun bisnis MLM online melalui media sosial instagram. Karena instagram merupakan salah satu media sosial yang recommended sebagai marketplace.

Maka lakukanlah update foto-foto secara rutin namun tidak terlalu sering, sehingga pengguna akun instagram akan melihat produk yang ditawarkan. Dengan banyaknya produk yang dilihat oleh pengguna, semakin banyak pula peluang yang anda peroleh.

Tetap menggunakan trik-trik jitu agar konsumen selalu tertarik dengan produk yang anda jual. Pastikan juga untuk selalu mengupdate produk-produk yang menarik disertai dengan caption-caption yang menarik pula.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here