Digital Marketing Hack Yang Siapa Saja Bisa Tiru

1
155
digital marketing hack

Siapapun yang menjalani bisnis online, mereka harus tahu tentang digital marketing life hack. Apa itu dan bagaimana cara menajalankannya. Karena dengan cara itulah, mereka bisa membangun kerajaan bisnisnya dengan cepat.

Saat ini, yang sangat dibutuhkan adalah kecepatan. Di dalam dunia online, perubahan itu tidak bisa dihindari. Dan itu terjadi begitu dinamis dan cepat. Maka, menerapkan digital marketing yang biasa seolah Anda sedang berjalan santai. Sementara, perubahan begitu cepat.

Apa yang terjadi? Anda akan tertinggal. Anda sudah merasa bergerak namun sebenarnya Anda tertinggal. Karena gerakan yang Anda lakukan lebih lambat daripada perubahan yang terjadi.

Namun, Anda tidak perlu khawatir jika Anda sudah mulai belajar tentang digital marketing. Itu artinya Anda sudah punya pemahaman yang bagus tentang pentingnya pemasaran online di era industri 4.0. Yang perlu Anda lakukan lagi adalah bagaimana menerapkan digital marketing life hack. Digital marketing hack domainesia merupakan tempat terbaik untuk mempercayakan bisnis online anda

Untuk aplikasi digital marketing yang bagus perlu memiliki sebuah website dengan fasilitas yang bagus dan terlihat profesional. Tampilan yang bagus harus diimbangi dengan readyness server yang bagus dan di Indonesia sudah mulai dikenal VPS atau Virtual Dedicated Server.

Salah satu VPS terbaik di Indonesia dimiliki oleh Domainesia yang terbukti memiliki performa tercepat, terbaik dan termurah. Tingkatkan kualitas website Anda dengan Cloud VPS Hosting terbaik untuk menjamin performa website anda di pencarian SEO

Dibutuhkan Cara Pemasaran Digital yang Beda

Istilah hack terdengar negatif. Karena ini sering dikaitan dengan cara-cara yang tidak normal dan cenderung illegal.

Itu sah-sah saja. Akan tetapi, yang dimaksud dengan digital marketing life hack adalah cara yang beda yang perlu dilakukan dalam pemasaran. Karena jika Anda mengikuti apa yang banyak orang lakukan, Anda akan sama dengan mereka. Dan jika mereka adalah kompetitor, Anda akan sulit untuk mengalahkannya.

Ini sama saja dengan Anda membuka toko kelontong di sebelah toko kelontong milik orang lain. Karena tidak ada yang beda, maka konsumen juga tidak akan notice terhadap toko kelontong Anda. Beda jika toko kelontong Anda berwarna cerah. Atau toko kelontong Anda memiliki desain yang milenial. Maka orang akan tercuri perhatiannya dan kemungkinan toko kelontong Anda lebih laris dari toko kelontong sebelah Anda.

Begitu juga dengan digital marketing. Ada banyak sekali ilmu digital marketing yang bisa Anda pelajari. Entah itu secara gratis atau berbayar. Banyak praktisi yang juga menjelaskan mengenai bagaimana cara mengimplemetasikan teknik pemasaran online.

Namun, berapa ribu orang yang mempraktikkan teknik tersebut? Apakah Anda ingin menerapkan cara yang ribuan orang lakukan?

Anda harus beda jika ingin menjadi pemenang di era digital saat ini. Karena yang beda itu akan membuat tertarik. Dan itulah alasan mengapa Anda perlu sekali belajar mengenai digital marketing life hack.

5 Poin Penting Saat Melakukan Digital Marketing

Lupakan dulu hal-hal teknis seperti menerapkan SEO (Search Engine Optimization), paid traffic, dan lain sebagainya. Anda harus berpikir mendalam mengenai apa yang membuat teknik digital marketing Anda benar-benar efektif untuk menaikan penjualan.

Setidaknya 5 poin berikut ini yang perlu Anda pahami.

1. Buat Evergreen Content

Jika Anda praktisi SEO, mungkin Anda sudah menerapkan strategi konten berupa membuat konten yang fresh. Anda selalu mengupdate konten website Anda dengan artikel yang baru, informative, dan terlengkap.

Akan tetapi, berapa banyak waktu yang Anda harus habiskan untuk membuat konten fresh? Apakah Anda harus berada di depan laptop setiap hari untuk membuat konten tersebut?

Akan lebih efektif jika Anda membuat evergreen content. Apa itu evergreen content? Ini merupakan konten yang memberikan informasi yang fresh tanpa harus dilakukan updating. Biasanya, ini berupa konten yang berupa cerita yang membuat pembaca selalu tertarik untuk membaca konten tersebut. Sama halnya seperti pepohonan yang setiap tahun tumbuh daun hijaunya.

Di mata pembaca, ini sangat bagus. Karena konten yang Anda buat selalu relevan dengan apa yang dibutuhkan oleh pembaca dari waktu ke waktu. Sementara itu, di mata mesin pencarian Google, konten semacam ini juga diprioritaskan karena konten semacam ini berpotensi mendapatkan backlink dari situs lainnya.

Jadi, apakah di situs Anda sudah ada evergreen content-nya?

2. Fokus pada Keyword yang Potensial

Banyak orang berpikir, dengan mendatangkan banyak trafik, maka petensi closing akan semakin tinggi. Karena mindset seperti itu, mereka akan mentarget berbagai keyword. Apapun keywordnya, mereka ingin target dan harus mendatangkan trafik.

Jika Anda juga melakukan hal yang sama, hentikan sekarang juga. Anda perlu merubah cara tersebut dengan cara digital marketing terbaru. Yaitu mentarget satu atau beberapa keyword yang potensial saja. Artinya, keyword tersebut berpotensi mendatangkan banyak trafik dan Anda mampu untuk menaklukkan keyword tersebut.

Selain itu, ada juga alasan lainnya. Dengan mentarget keyword yang potensial saja, maka Anda tidak perlu keluar terlalu banyak uang untuk Anda investasikan.

3. Maksimalkan Follow-up Email

Di era digital seperti saat ini, seorang penjual mungkin tidak kenal dengan pembeli. Mereka bahkan tidak pernah bertemu sekalipun. Padahal, engagement itu menjadi syarat penting agar pembeli mau kembali lagi untuk melakukan repeat order.

Lalu, bagaimana caranya jika Anda melakukan pemasaran secara online? Sangat sederhana. Luangkan waktu untuk menghubungi customer Anda melalui email. Mintailah mereka feedback atau ulasan tentang layanan atau produk yang sudah mereka beli.

Selalu beri tanggapan langsung jika customer Anda mengirimkan email. Ini menjadi cara yang paling tepat dalam menaikkan kepercayaan konsumen.

4. Siapkan Landing Page yang Powerful

Digital marketing itu tidak hanya sekedar bagaimana Anda mendatangkan trafik ke website. Lebih dari itu, Anda juga wajib meyakinkan agar pengunjung terkonversi menjadi pembeli.

Bagaimana caranya? Pikirkan apa yang harus Anda tulis di landing page. Setidaknya Anda harus menguasai copywriting. Ini merupakan teknik menulis konten yang membuat calon konsumen Anda terhipnotis. Lalu mereka akhirnya melakukan transaksi.

Dalam hal ini, Anda perlu melakukan investasi untuk membuat landing page. Pertimbangkan banyak hal, mulai dari desain landing page dan juga copywriting yang Anda gunakan.

5. Pahami Psikologi Harga

Apakah orang yang sudah datang ke website Anda, suka, dan tertarik dengan produk Anda akan langsung melakukan transaksi? Belum tentu. Jika harga yang Anda tetapkan dirasa terlalu mahal, maka mereka tidak akan mengeluarkan uang untuk membeli produk Anda.

Apakah itu artinya Anda harus menjual murah produk Anda? Tidak juga. Anda perlu memahami psikologi harga di kepala konsumen Anda. Anda harus mulai dengan mengenali siapa target konsumen Anda dan berapa kemampuan membeli mereka. Baru kemudian Anda akan menemukan berapa harga yang tepat yang membuat konsumen Anda mau membeli.

Jika diperlukan, sertakan juga alasan yang membuat orang tidak akan merasa kecewa mengeluarkan sejumlah uang yang Anda tetapkan. Misalnya saja Anda bandingkan dengan produk lain yang kualitasnya jauh di bawah produk yang Anda tawarkan. Atau Anda bisa juga jelaskan apa manfaat lain yang tidak bisa ditawarkan oleh produk milik kompetitor Anda.

Kompetisi di dunia online semakin ketat. Mau tidak mau, Anda harus melakukan hal yang beda. Menerapkan cara marketing online biasa-biasa saja tidak akan membuat Anda menjadi pemenang. Untuk menjadi pemenang Anda harus menerapkan digital marketing life hack, sebuah cara yang beda dari kebanyakan digital marketer lainnya.

Disclaimer : Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog & Lock Domainesia 2019 dengan tema “Digital Marketing Life Hacks”. 

 

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here