Tingginya Pendapatan dari Bisnis Minuman Rempah

0
244

Belakangan ini, bisnis minuman rempah semakin dipertimbangkan oleh para penggiat bisnis di Indonesia. Meskipun sebenarnya sudah ada sejak lama, namun kini tampaknya bisnis minuman ini memiliki peluang usaha yang dinilai semakin bagus. Bisa dilihat dari banyaknya peminat yang kini semakin bertambah. Yang mana juga sebanding dengan pelaku bisnisnya yang sekarang ini juga kian banyak bermunculan.

Beberapa Varian Minuman Rempah

Sebelumnya, jenis minuman berbahan rempah ini memang tidak begitu banyak di lirik. Para pebisnis umumnya lebih memilih membuka usaha minuman kekinian seperti boba, thai tea atau kopi. Namun jangan salah. Dilihat dari segi bisnis, minuman rempah bisa lebih menguntungkan, apalagi saat ini peminatnya juga kian meningkat.

Oleh sebab itu, tidak heran jika minuman ini dianggap memiliki peluang untuk usaha. Bisnis minuman rempah ini sendiri ada beberapa jenisnya, antara lain:

1. Kunyit Asam

Minuman ini dibuat dari bahan dasar rempah kunyit dan asam jawa yang diberi tambahan pemanis gula jawa. Itulah alasan kenapa minuman rempah ini banyak disukai dengan rasanya yang enak campuran manis dan asam.

Tidak hanya enak, minuman ini juga kaya akan manfaat, seperti menyehatkan badan, menetralisir racun, mencerahkan kulit, melancarkan haid dan rasa nyerinya serta membantu mengontrol berat badan dengan membakar lemak dalam tubuh.

Jika Anda tertarik membuka bisnis kunyit asam, Anda bisa membuatnya sendiri untuk dijual. Caranya, cukup rebus parutan kunyit bersama asam jawa, gula jawa dan sedikit garam hingga mendidih. Setelah itu, saring airnya lalu kemas dalam wadah atau botol untuk siap diminum.

2. Beras Kencur

Selain kunyit asam, jenis minuman rempah yang paling sering dikonsumsi adalah beras kencur. Dibuat dari berbagai bahan ramuan mulai dari kencur, beras, jahe, kunyit dan asam yang ditambah dengan gula jawa, minuman ini mempunyai rasa yang cenderung manis dengan perpaduan sedikit asam dan pahit. Minuman ini biasanya banyak dicari untuk mengatasi pegal linu dan menambah stamina pada orang dewasa serta meningkatkan nafsu makan pada anak.

Untuk membuatnya, Anda harus lebih dulu haluskan semua rempah dan beras. Kemudian rebus bersama gula jawa dan garam secukupnya hingga matang. Baru setelahnya minuman bisa dituang ke dalam kemasan untuk dijual.

3. Wedang Uwuh

Dalam bahasa Jawa, kata uwuh memiliki arti sampah. Namun yang dimaksudkan di sini bukan sampah pada umumnya melainkan aneka rempah yang digunakan sebagai bahan baku pembuatannya. Antara lain yaitu jahe, kayu manis, cengkeh, daun cengkeh, serai, daun pala, serutan secang dan lainnya. Anda bisa membuka usaha wedang uwuh dengan meraciknya sendiri, mencampurkan semua bahan untuk direbus dengan menambahkan gula batu.

Wedang ini banyak diminati karena manfaatnya yang baik untuk melancarkan sirkulasi darah, menyehatkan pencernaan dan menjaga kekebalan tubuh tetap kuat. Anda sebaiknya menyediakan minuman rempah ini dalam bentuk wedang atau minuman hangat agar manfaatnya lebih terasa.

4. Bandrek

Jenis minuman rempah berwarna cokelat ini banyak dijumpai di daerah Sunda, dimana minuman ini berasal. Memiliki rasa agak manis dari gula aren, Bandrek dipercaya berkhasiat mampu melawan kanker, menurunkan tekanan darah dan mengobati beberapa penyakit lain juga menjaga tubuh dan pencernaan sehat.

Jika Anda tertarik dengan bisnis minuman ini, Anda mungkin bisa juga sekaligus menyediakan pisang goreng atau ubi rebus sebagai pelengkap. Untuk membuat minumannya sendiri, Anda harus menyiapkan jahe sebagai bahan utama, daun pandan, kayu manis, gula aren, cengkeh dan garam. Untuk selanjutnya semuanya direbus hingga mendidih dan disajikan sebagai minuman.

5. Bir Pletok

Bir pletok ini sendiri berasal dari Betawi alias Jakarta dan merupakan salah satu minuman khas nusantara yang kaya akan khasiat. Meskipun menyandang kata ‘bir’, tapi nyatanya minuman ini sama sekali tidak memiliki kandungan alkohol. Melainkan berbagai bahan rempah mulai dari jahe, cengkeh, secang, kayu manis, serai, pandan dan lainnya yang direbus menjadi minuman. Bir pletok ini bisa jadi pilihan bisnis yang menguntungkan, sebab tidak hanya memiliki khasiat tetapi rasanya juga enak dinikmati dalam keadaan hangat maupun dingin.

Tips Membangun Bisnis Minuman Rempah

usaha minuman rempah

Bisnis minuman ini merupakan salah satu jenis usaha dengan modal kecil yang sanggup memberikan untung besar. Itu sebabnya bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang punya modal minim. Apalagi untuk menjalankan dan mengembangkan usahanya juga terbilang cukup mudah dan tidak terlalu berisiko. Nah, bagi Anda yang ingin membangun bisnis ini, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan:

1. Jaga Keaslian dan Kualitas Minuman

Dalam bisnis minuman rempah, sangat penting untuk selalu menjaga keaslian dan kualitas dari minuman. Pasalnya seperti yang kita tahu, minuman rempah ini banyak dicari karena khasiatnya yang baik untuk kesehatan. Yang mana apabila kualitas dan keaslian minuman tidak terjaga, khasiatnya tentu akan berkurang dan ini pasti akan mengecewakan konsumen.

Maka dari itu, pastikan minuman selalu terjaga keaslian dan kualitasnya dengan hanya menggunakan rempah pilihan dalam pembuatannya. Carilah bahan-bahan yang terbaik untuk digunakan agar tidak mengurangi rasa, kualitas rempah dan manfaat dari minuman rempah yang dihasilkan.

2. Sediakan Varian Produk

Jika Anda berencana membuka usaha minuman rempah, disarankan sebaiknya sediakan lebih dari satu jenis produk. Akan lebih baik lagi bila varian produknya tersedia secara lengkap, mulai dari yang sudah populer seperti kunyit asam dan beras kencur hingga yang cukup langka seperti wedang uwuh. Dengan begitu, Anda akan dapat memenuhi semua kebutuhan konsumen.

3. Pastikan Produk Higienis

Dalam sebuah bisnis, soal kebersihan adalah hal mutlak yang wajib diperhatikan terutama dalam bisnis produk konsumsi. Maka dari itu, dalam mengembangkan bisnis minuman ini Anda juga harus mempedulikan soal kebersihan tempat, alat dan bahan yang digunakan. Pastikan semua alat dan bahan telah dicuci bersih untuk menjaga kehigienisan minuman yang dibuat.

4. Perhatikan Kemasan

Berbisnis minuman rempah bukan hanya memproduksi dan menjualnya tetapi juga mengemasnya. Semakin menarik kemasan yang digunakan maka semakin tinggi pula kemungkinan orang tergiur membelinya. Untuk itu, agar penjualan meningkat, bungkuslah minuman dalam kemasan yang secantik mungkin.

Jika biasanya minuman rempah disajikan dalam gelas, kini Anda bisa memilih menggunakan cup atau botol kemasan yang lebih praktis. Anda juga bisa sedikit berinovasi dengan desain kemasan untuk menarik para pembeli.

5. Lakukan Promosi

Agar bisnis bisa dikenal banyak orang dan produk laris terjual, langkah promosi harus gencar dilakukan. Anda bisa mempromosikan usaha minuman rempah ini dengan cara online seperti melalui media sosial atau secara offline dengan cara mempromosikan dari mulut ke mulut. Bisa juga dengan memberikan kupon dan diskon atau menitipkan di warung terdekat dan tempat-tempat lainnya.

Perlu Anda ketahui, meskipun tren bisnis minuman sekarang ini mudah berubah-ubah. Namun bisnis minuman rempah bisa tetap stabil bersaing dengan minuman kekinian, dimana ini tentu menjadi poin plus yang bisa sangat menguntungkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here