Bisnis Minuman Kekinian Tetap Gurih Meskipun Kompetisi Ketat

0
450

Cari ide bisnis minuman kekinian untuk buka usaha? Bisnis minuman ini kini memang tengah mewabah di Indonesia. Banyak pebisnis mencoba peruntungannya dalam bisnis minuman ini untuk mendulang sukses. Maka dari itu, tidak heran jika bisnis ini banyak bermunculan dengan jenis minumannya yang juga beragam, mulai dari minuman yang sering dijumpai sehari-hari hingga minuman unik yang dimodifikasi.

Ide Bisnis Minuman Kekinian

Nah, untuk Anda yang tertarik membuka usaha baru dan mempertimbangkan bisnis ini. Berikut adalah beberapa jenis minuman kekinian yang sedang populer di masyarakat yang bisa Anda jadikan ide untuk bisnis Anda:

1. Bubble Tea

Belakangan ini, minuman bubble tea memang sedang hits di Indonesia, terutama di kalangan para milenial. Terbukti dengan ramainya gerai-gerai bubble tea yang selalu dipenuhi antrian pembeli.

Rasanya yang manis berpadu dengan kenyalnya boba memang membuat minuman ini banyak disukai. Karena itulah, bubble tea dinilai memiliki peluang bagus untuk bisnis. Apalagi minuman ini juga mudah dikembangkan, dibuat menjadi varian rasa yang baru yang menarik.

2. Thai Tea

Memiliki cita rasa yang creamy dengan aroma wangi teh yang kuat, minuman teh asal Thailand ini memang sudah sangat terkenal di Indonesia sebagai salah satu produk minuman kekinian yang paling laris selain bubble. Rasanya yang aman di lidah masyarakat, membuat thai tea menjadi bisnis minuman yang berpotensial untuk cepat dikembangkan. Terlebih saat ini ada banyak sekali franchise yang menawarkan paket kemitraan thai tea, dimana rata-rata harganya cukup murah dan memudahkan bagi pebisnis pemula membuka usahanya.

4. Cheese Tea

Minuman yang awalnya booming di Asia Timur ini kini juga mulai mewabah di Indonesia. Meskipun memiliki nama cheese tea, yang dicampurkan dalam teh ini bukanlah keju parut atau batangan. Melainkan campuran whipped cream, cheese cream dan susu full cream yang disajikan bersama teh celup. Rasa minuman ini yang unik, perpaduan antara manis, gurih, lembut dan segar membuat cheese tea banyak diminati dan menjadi ide bisnis menarik untuk dikembangkan.

5. Thai Mango

Satu lagi ide bisnis minuman kekinian yang bisa Anda kembangkan adalah thai mango. Sesuai namanya, minuman ini berasal dari Thailand dan menggunakan mangga sebagai bahan utamanya. Thai mango pada dasarnya adalah jus mangga yang dipadukan dengan whipped cream dan potongan buah mangga didalamnya. Sehingga rasanya benar-benar asli mangga yang super enak dan segar. Karena itulah, thai mango bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

6. Es Kopi

Dilihat dari banyaknya pecinta kopi yang menyentuh semua kalangan, bisnis ini tentunya memiliki prospek cerah. Terlebih menunya tidak hanya terbatas pada es kopi original, tapi juga ada es kopi susu, es kopi cokelat dan es kopi jelly yang cukup menjanjikan keuntungan dalam bisnisnya.

6. Minuman Cokelat

Minuman cokelat tampaknya memang tidak ada matinya, selalu ada saja inovasi baru dari jenis minuman ini. Apalagi minuman cokelat juga memiliki penggemar tetap yang setia dengan rasa manis cokelat original. Oleh sebab itu, minuman ini dinilai cukup berpeluang untuk usaha. Prospeknya juga terbilang bagus dengan rasanya yang nikmat dan tersedia dalam banyak varian menu.

7. Jus Buah

Ide bisnis minuman ini memang terkesan sudah lama dan tidak menjanjikan lagi. Namun jangan salah, nyatanya kini jus buah menjadi bisnis kekinian yang sangat menguntungkan seiring dengan kesadaran akan pentingnya makan sehat.

Untuk membangun bisnis ini, Anda bisa membuat kreasi jus sendiri dari resep yang sudah ada. Atau jika ingin lebih mudah, Anda bisa bergabung dengan franchise dari brand minuman jus yang sudah mapan.

Tips Sukses Membuka Bisnis Usaha Minuman Kekinian

bisnis minuman kekinian

Walaupun berbisnis minuman kekinian terlihat menjanjikan dan mudah, namun jangan kira perencanaan dan strategi tidak dibutuhkan untuk mengembangkannya. Anda tetap butuh hal itu dan sebaiknya perhatikan juga tipsnya berikut ini:

1. Sesuaikan dengan Budget

Berbisnis minuman kekinian sangatlah fleksibel, Anda bisa memulainya dengan skala kecil, besar maupun menengah. Untuk berjualannya pun Anda tidak harus membuka kedai atau kafe, semuanya bisa disesuaikan dengan budget Anda.

Jika modal minim, membuka usaha di rumah dan menawarkan produk secara online bisa jadi pilihan. Sementara jika modal cukup besar, konsep kafe dengan suasana nyaman bisa mendukung bisnis Anda lebih cepat berkembang.

2. Pilih Bahan Berkualitas

Kualitas bahan akan sangat berpengaruh pada kualitas dan rasa minuman yang dibuat. Oleh karena itu, Anda harus selektif memilih bahan minuman yang bagus untuk digunakan agar kualitasnya terjaga. Pastikan pilih bahan yang berkualitas. Sebab hal tersebut akan membuat minuman yang dihasilkan terasa lebih nikmat dan memuaskan. Usahakan cari yang berkualitas dan punya yang rasa pas untuk menciptakan rasa terenak pada minuman Anda.

3. Siapkan Varian Menu yang Beragam

Tak dipungkiri, sudah ada banyak bisnis minuman kekinian yang buka di sekitar kita. Untuk itu, agar bisnis lebih menarik dan dapat bersaing, jangan hanya fokus pada satu minuman saja. Siapkan juga pilihan menu lain sebagai variasi produk usaha Anda. Misalnya ketika Anda menjual bubble drink, Anda bisa menyediakan varian rasa dan topping yang beragam. Gunakan resep Anda sendiri agar rasanya tidak sama persis dengan minuman milik pesaing. Lebih baik lagi, bila menu tersebut bisa menjadi ciri khas usaha Anda.

4. Pilih Lokasi Usaha yang Tepat

Dalam memulai bisnis, sangat penting menentukan tempat berjualan yang tepat untuk membuka usaha. Maka dari itu, pilih lokasi yang strategis dan sesuai target pasar Anda supaya lebih mudah menjangkau konsumen. Sebelum membeli atau menyewa tempat, cari tahu lebih dulu kondisi sekitar lingkungan dan perhatikan juga adanya pesaing usaha.

5. Buat Kemasan yang Menarik

Konsumen secara umum tidak hanya akan menilai dari segi rasa saja, tetapi juga tampilan kemasan yang digunakan. Karena itu, kemasan minuman yang dipakai pasti akan ikut mempengaruhi pandangan konsumen terhadap usaha. Untuk itu, buatlah kemasan sebagus dan semenarik mungkin memakai material kemasan yang berkualitas untuk meningkatkan nilai bisnis Anda.

6. Jaga Kebersihan

Kunci utama dalam bisnis makanan dan minuman adalah jaminan kebersihan. Jadi, seenak apapun minuman yang dijual, jika penyajiannya tidak bersih maka jangan harap akan di lirik konsumen. Karena itu, selalu jaga kebersihan bahan, alat dan mesin yang digunakan serta tempat usaha. Jika kebersihan senantiasa dijaga, konsumen pasti juga akan nyaman dan mau berlangganan.

7. Aktif Lakukan Promosi Online

Untuk menarik lebih banyak orang agar mau membeli produk, Anda juga perlu aktif melakukan promosi online di samping promosi offline. Caranya, Anda bisa menawarkan produk lewat media sosial atau bekerja sama dengan food blogger untuk mengulas produk minuman Anda di blog mereka. Dengan aktif melakukan promosi, bisnis akan lebih dikenal dan pembeli juga akan semakin banyak.

Untuk sukses membuka bisnis minuman kekinian yang paling penting adalah selalu berikan pelayanan terbaik pada pelanggan, jangan mudah menyerah dan terus belajar untuk mengembangkan usaha lebih maju.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here