Perlu Cara Unik untuk Sukses Jalankan Bisnis Minuman Boba

1
213

Belakangan ini, bisnis minuman boba atau dikenal juga bubble tea sedang booming di Indonesia. Minuman dengan isian atau topping berupa bola-bola hitam ini kini memang tengah banyak digandrungi.

Teksturnya yang kenyal dan varian rasanya yang beragam membuat minuman ini memiliki daya tarik yang semakin membuatnya populer. Bukan hanya di kalangan para penikmat minumannya, tetapi juga di kalangan pebisnis.

Cara Membuka Bisnis Minuman Boba

Melihat peminat minuman boba yang cukup ramai, rupanya membuat tidak sedikit dari pebisnis melihat peluang usaha menjanjikan pada minuman ini. Itulah kenapa saat ini mulai banyak bermunculan usaha-usaha minuman boba.

Nah, bagi Anda yang tertarik membuka bisnis ini, berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan:

1. Usaha Sendiri atau Waralaba?

Sekarang, sudah ada banyak brand terkenal yang membuka peluang bagi orang-orang untuk usaha franchise. Jadi bagi para penggiat bisnis pemula bisa memilih apakah akan membangun usaha franchise atau membangun usaha sendiri.

Yang perlu Anda ingat dalam hal ini adalah, membangun usaha sendiri terbilang lebih sulit daripada franchise. Namun untuk hal keuntungannya, bisa Anda dapatkan secara maksimal. Jika ingin yang lebih mudah, Anda bisa memilih usaha franchise namun dengan risiko, ada pembagian keuntungan.

2. Merancang Konsep Bisnis

Membangun bisnis minuman boba, berarti Anda sudah menentukan produknya yaitu minuman boba. Namun untuk yang lain-lain, belum Anda tentukan bukan? Maka dari itu, mulailah rancang lebih dulu konsep bisnis minuman Anda. Apakah membawa konsep self-service, tempat nongkrong atau khusus takeaway.

Hal-hal seperti ini penting ditentukan di awal karena nantinya akan sangat membantu dalam pengambilan keputusan untuk usaha ke depannya. Dengan konsep bisnis yang kuat, Anda akan bisa lebih mudah mengembangkan usahanya.

3. Pilih Lokasi Usaha Yang Paling Tepat

Sama seperti bisnis lainnya, lokasi merupakan salah satu faktor paling penting yang harus diperhatikan dalam memulai usaha minuman boba. Faktor ini bisa dibilang termasuk yang paling menentukan sukses tidaknya usaha ke depannya. Untuk itu, Anda harus bisa memilih lokasi usaha yang tepat yaitu yang letaknya strategis dan sesuai dengan konsep bisnis yang Anda tentukan.

Misalnya, jika Anda berencana membangun usaha minuman boba dalam bentuk cafe, maka pilihlah lokasi dengan traffic tinggi dan area parkir luas. Namun jika ingin menjalankan konsep foodtruck, maka akan lebih baik cari tempat-tempat yang bisa didatangi dan pada pukul berapa Anda harus berjualan.

4. Kembangkan Varian Menu Minuman Boba

Buble tea sebenarnya merupakan produk yang sudah cukup spesifik. Namun ada masih banyak lagi pilihan rasa yang dimiliki dari varian buble tea. Karena itulah, sebelum membuka bisnis minuman ini Anda harus memikirkan lebih dulu menu apa saja yang akan ditawarkan.

Contohnya, Anda bisa menyediakan minuman boba dalam beragam rasa teh buah, milk tea, atau brown sugar. Cobalah lakukan juga eksperimen untuk menemukan rasa baru yang belum ada di menu yang bisa jadi ciri usaha Anda sekaligus alat untuk bersaing dengan lainnya.

5. Buatlah Kemasan Yang Menarik

Jika menu sudah ditentukan, maka kini saatnya Anda memikirkan kemasan yang akan digunakan. Pasalnya sekarang ini, konsumen bukan hanya menilai dari segi rasa namun juga kemasannya yang unik dan menarik. Hal ini akan menjadi nilai plus tersendiri untuk bisnis Anda, dimana dapat menarik lebih banyak pembeli. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan cup plastik dengan desain tema tertentu atau dengan menambahkan gambar dan kata-kata.

6. Cari Sumber Bahan-Bahan

Setelah menentukan varian menu dan kemasan minuman boba yang akan dijual, selanjutnya ialah mencari bahan-bahan yang dibutuhkan. Mengingat minuman ini berasal dari Taiwan, mungkin Anda bisa menyuplai bahan baku minumannya dari sana. Namun jika dirasa terlalu jauh, kini ada banyak juga supplier terdekat yang menawarkan bahan-bahan berkualitas dengan harga terjangkau.

Beberapa bahan yang wajib Anda dapatkan antara lain pearls, sirup aneka rasa, es batu, krim, gula, teh, air mineral dan aneka topping. Tidak ketinggalan juga, wadah atau kemasan minuman seperti cup plastik, penutup cup dan sedotan.

7. Pertimbangkan Kompetitor Yang Sudah Ada

Melihat popularitas minuman boba yang begitu tinggi, bukan hanya peminatnya saja yang banyak, tapi juga pelaku bisnisnya. Dengan demikian, jelas ada banyak kompetitor yang harus usaha Anda lawan agar mampu bertahan bersaing dalam bisnis minuman boba.

Maka dari itu, cobalah cari tahu apa saja menunya, konsep seperti apa yang ditawarkan dan harga jualnya. Dari sinilah Anda bisa mencari celah untuk menarik konsumen dengan mengisi kekurangan kompetitor.

Tips Pemasaran Bisnis Minuman Boba

usaha minuman boba

Dalam menjalankan bisnis, Anda pasti akan menemukan banyak pesaing, apalagi dalam bisnis boba yang saat ini memang tengah populer. Maka dari itu, Anda harus memutar otak untuk melakukan pemasarannya dan bertahan dalam persaingan. Nah, berikut ini adalah beberapa tipsnya untuk Anda:

1. Up to Date dengan Perkembangan Tren

Di era modern ini, tren sangat mudah berubah-ubah tidak terkecuali dalam tren minuman boba. Untuk itu, Anda juga harus selalu update perkembangannya agar usaha minuman boba Anda bisa mengikuti minat pasar dan tetap banyak di lirik konsumen. Jangan sampai ketinggalan jika tidak ingin usaha Anda ditinggalkan konsumen karena dianggap membosankan dan sudah ‘nggak jaman’.

2. Lakukan Promosi Secara Online

Lokasi usaha yang strategis dan produk yang menarik nyatanya belum tentu bisa mendatangkan banyak pembeli, kecuali jika Anda gencar menjalankan promosi secara online. Sebab pada faktanya, bisnis sekarang ini kurang efektif jika belum di promosikan secara online. Maka dari itu, cobalah gunakan sosial media atau undang influencer dan food blogger untuk mempromosikan usaha Anda.

3. Join dengan Aplikasi Pesan Antar

Untuk menjaring lebih banyak konsumen, Anda bisa bergabung dengan aplikasi pemesanan makanan seperti gofood, grabfood dan sejenisnya. Ini sudah banyak dibuktikan oleh pengusaha bisnis kuliner lain mampu meningkatkan penjualan. Namun jika aplikasi pesan antar ini tidak bisa menjangkau lokasi usaha Anda, tak ada salahnya gunakan sistem sejenis seperti dengan COD.

4. Berikan Diskon atau Giveaway

Sesekali, tidak ada ruginya memberikan diskon atau give away yang notabene gratis kepada pembeli minuman boba Anda. Ini bertujuan untuk menarik lebih banyak pelanggan baru sekaligus mempertahankan pelanggan lama. Ini nyatanya cukup efektif dilakukan, terutama untuk usaha yang masih terbilang baru untuk bisa mengenalkan dan memasarkan produknya di masyarakat.

5. Bangun Branding yang Kuat

Jangan pernah menyepelekan branding dalam berbisnis, karena branding adalah salah satu metode yang paling ampuh untuk membuat pemasaran produk bisa berkembang dengan pesat. Untuk itu, usaha Anda harus memiliki reputasi yang baik agar mudah dikenal dan diterima di masyarakat. Jika tidak, kemungkinan besar usaha minuman boba Anda akan kalah saing dan sulit untuk berkembang mengingat persaingan dalam bisnis minuman ini yang ketat.

Itulah beberapa tips dan cara untuk Anda sukses membangun bisnis minuman boba ditengah persaingannya sekarang ini. Yang paling penting adalah pastikan Anda fokus dan pantang menyerah untuk menjalankan usahanya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here