Strategi Trading Crypto untuk Memaksimalkan Keuntungan yang Perlu Diketahui

0
223

Contents

strategi trading cryptoTidak ada yang pasti dalam dunia trading. Anda bisa mengantongi profit, juga bisa menelan kerugian. Untuk itulah, strategi trading crypto ini diperlukan.

Strategi ini dibutuhkan sebagai bagian dari perencanaan seorang trader. Strategi ini memungkinkan trader untuk memaksimalkan peluang menjadi profit.

Selain itu, trader juga bisa membatasi nilai kerugian ketika pergerakan pasar berbalik arah dari posisi yang ditempatkan oleh trader. Dengan begitu, trader sebenarnya masih bisa mengamankan asetnya meskipun menelan kerugian. Hanya saja, kerugian ini masih bisa ditoleransi.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas beberapa teknik atau strategi trading crypto yang bisa dimanfaatkan oleh trader. Tetapi sebelumnya, mari pelajari manfaat dari adanya strategi tersebut.

Manfaat Strategi Trading Kripto

Strategi diperlukan untuk mengambil keputusan yang tepat dari peluang yang ada. Tentunya, outputnya adalah memperbesar peluang untuk memperoleh keuntungan dari kegiatannya.

Secara umum, manfaat dari penerapan strategi trading crypto ini sebagai berikut:

  1. Mengukur Kemampuan Diri Sendiri

Trading ini bersifat personal. Setiap trader perlu mengembangkan diri dalam menjalani aktivitasnya.

Tentu saja, trader pemula memerlukan banyak pengalaman untuk menjadi trader yang profesional. Dan itu bisa didapatkan dari waktu ke waktu.

Sederhananya, kemampuan ini tidak langsung didapatkan begitu saja. Ada proses yang mengikutinya hingga seseorang menjadi trader yang profesional.

Setiap tahap butuh sebuah strategi. Terkadang, seseorang butuh trial dan error untuk menggapai tujuannya. Yakni, menggeluti bisnis kripto trading yang menguntungkan.

Sebelum masuk ke tahap lebih lanjut dengan risiko paling tinggi, seorang trader harus mengukur kemampuannya sendiri. Ketika sudah memiliki wawasan luas dan siap dengan risikonya, maka seseorang bisa menggunakan strategi lebih lanjut untuk memaksimalkan keuntungan.

  1. Meningkatkan Kesiapan Terhadap Risiko

Strategi juga bermanfaat sebagai pemandu. Anda perlu panduan yang membuat Anda siap dengan segala macam kondisi di pasar.

Skenario pasar seperti pergerakan harga yang berbalik arah bisa membuat Anda merugi. Meskipun begitu, Anda tidak akan khawatir ketika sudah memiliki strateginya.

Contohnya Anda bisa menempatkan posisi stop los. Kemudian, mencari cara untuk merubah kerugian ini menjadi keuntungan.

  1. Mengontrol Emosi saat Trading

Pemahaman mengenai strategi memungkinkan Anda lebih terarah dalam menjalankan aktivitas trading. Ini membuat Anda lebih siap dengan segala sesuatu yang mungkin terjadi di pasar.

Setidaknya, Anda bisa mengontrol emosi ketika sedang terjadi perubahan harga. Entah itu posisi menguntungkan (profit) atau pun posisi merugikan (loss).

  1. Mengevaluasi Aktivitas Trading

Jika selama ini Anda sering merugi, tentunya ada yang salah dengan gaya trading Anda. Ini seharusnya dievaluasi setiap waktu.

Anda membutuhkannya supaya Anda tidak mengalami kerugian setiap kali menempatkan entry posisi. Dan itu bisa dilihat dari record Anda selama melihat chart di pasar perdagangan.

Di samping itu, Anda juga perlu memperhatikan informasi berita yang bisa mempengaruhi harga pasar. Dengan mempelajarinya, Anda akan menemukan cara yang tepat sehingga profit pun bisa didapatkan secara maksimal.

Jenis Strategi Trading Crypto

Terdapat beberapa strategi trading crypto yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan profit. Di antara strateginya sebagai berikut:

  1. Trading Momentum

Strategi ini seringkali digunakan oleh seorang trader. Tentunya, strategi ini membutuhkan kejelian dalam penempatan posisi.

Penempatannya dilakukan secara spontan dengan melihat informasi yang terlihat di pasar. Yakni, memperhatikan pergerakan pasar yang dinilai akan memberikan keuntungan.

Contohnya ketika posisi aset sedang dalam posisi naik, Anda perlu melakukan order jual. Tujuannya untuk memperoleh keuntungan dari naiknya nilai aset tersebut.

Di sini, Anda perlu menunggu sampai momentum puncak selesai. Saat momentum puncaknya selesai, Anda perlu menutupnya. Tujuannya agar keuntungan dari trading semakin besar.

Namun perlu diingat bahwa strategi ini biasanya menuntut Anda untuk entry terlalu cepat. Kemudian, keluar dari momentum terlambat. Apalagi Jika Anda tidak memperhatikan dengan seksama.

  1. Swing Trading

Salah satu dari strategi trading crypto adalah swing trading. Strategi ini menawarkan peluang untung yang jauh lebih besar. Tetapi, butuh kejelian dalam memanfaatkan peluang.

Waktu yang dibutuhkan untuk trading di kisaran beberapa hari hingga minggu. Tetapi, tetap jangka waktunya pendek.

Teknik ini memerlukan analisa yang cukup akurat. Analisa dilakukan dengan melihat pergerakan harga yang sedang terjadi sebelum menempatkan posisi.

Analisa ini diperlukan supaya trader bisa menempatkan posisinya pada waktu yang tepat. Setelah menempatkannya, trader bisa hold beberapa hari. Kemudian, keluar pada waktu yang tepat untuk meraih profit.

Strategi ini punya kelebihan dalam menghasilkan profit. Keuntungannya bisa lebih besar sehingga banyak dilakukan oleh trader.

Tetapi dibalik itu, ada potensi kerugian yang cukup besar. Ini bisa terjadi ketika pergerakan harga di pasar berbalik pada malam hari. Kemudian, trader kehilangan kesempatan untuk menutupnya saat itu juga.

  1. Scalping Trading

Strategi ini paling sering digunakan oleh trader yang ahli. Tentunya, trader ini fokus untuk melihat sejumlah peluang yang terjadi di pasar.

Peluang ini akan dimanfaatkan penuh untuk melakukan transaksi. Kemudian, mengumpulkan hasil keuntungan dari seluruh transaksi yang dilakukannya.

Prinsipnya, teknik ini mengedepankan pada pengumpulan keuntungan sedikit. Hanya saja, keuntungan ini nantinya akan diakumulasikan sehingga profitnya juga akan lebih besar.

Dalam penerapannya, trader biasanya akan melakukan transaksi hingga puluhan dan ratusan kali. Setiap transaksi yang berhasil membuahkan profit, hasilnya akan dikumpulkan saat itu juga.

  1. Reverse Trading

Strategi trading crypto selanjutnya adalah reverse trading. Strategi ini membutuhkan Analisa sekaligus keberanian dalam mengambil keputusan untuk menempatkan posisi.

Teknik ini megacu pada pembalikan tren pasar. Ketika pergerakan harga pasar dinilai sudah tinggi dalam waktu yang lama, trader akan mencari celah untuk menempatkan posisi yang berkebalikan.

Asumsinya, pergerakan pasar ini akan berbalik arah sesuai dengan prediksinya. Dengan begitu, hasil yang didapatkan jauh lebih maksimal.

Meskipun begitu, strategi ini bisa saja menimbulkan kerugian. Terutama ketika prediksi pembalikan arah tidak benar-benar terjadi.

  1. Day Trading

Secara umum, trading ini adalah membuka dan menutup posisi pada hari itu juga. Ini bisa dilakukan setiap jam untuk setiap posisi entry.

Sebelum market tutup di malam hari, trader sudah tidak melakukan aktivitas transaksi sama sekali. Tetapi, semuanya sudah ditutup. Baik itu mengalami kerugian atau pun memperoleh keuntungan.

Untuk penerapannya, trader perlu memantau pergerakan harga pasar yang sedang terjadi di tiap waktunya pada hari itu. Kemudian, membuat keputusan untuk menempatkan posisi.

Setelah memperoleh keuntungan dari penempatan posisi, trader akan cepat-cepat keluar dari posisinya. Maksudnya, mulai menutup transaksi dan mengantongi keuntungan.

Jika ini dilakukan dengan benar, potensi pengembalian aset akan lebih tinggi. Tetapi, modal yang dibutuhkan relatif lebih banyak.

Kesimpulannya, strategi trading crypto ini sangat penting untuk menunjang keberhasilan dari aktivitas trading. Strategi ini diperlukan untuk penempatan posisi yang ideal dalam meraih profit. Tentunya, pemilihannya menyesuaikan dengan gaya trading, kemapanan modal dan kemampuan Analisa pergerakan harga pasar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here