Cara Menyeduh Kopi yang Tepat Agar Kualitas Rasanya Lebih Nikmat

0
256

Contents

cara menyeduh kopiCara menyeduh kopi ini sengaja dibagikan untuk membantu penikmat agar bisa menikmati kopi secara utuh. Takaran kopi, gula dan air perlu dipertimbangkan.

Kopi sendiri bisa membangkitkan suasana. Seseorang biasanya menikmatinya agar bisa lebih bersemangat dalam menyambut pagi hari.

Sayangnya, manfaat ini tidak begitu berarti ketika kualitas rasa tidak didapatkan. Untuk itulah, penting bagi penikmatnya untuk mengetahui bagaimana cara menyeduh kopi yang nikmat dan bermanfaat.

Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Rasa Kopi Seduhan

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pada kualitas rasa dari kopi yang Anda seduh. Ini harusnya diperhatikan. Di antaranya sebagai berikut:

  1. Jenis Kopi

Jenis kopi itu sangat beragam. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Jenis kopi ini juga turut mempengaruhi kualitas rasa. Karena, kadar dalam kopi itu juga berbeda.

Contohnya adalah robusta yang memiliki cita rasa lebih pahit dan tajam. Ini disebabkan oleh kadar kafeinnya yang tinggi. Ini berbanding terbalik dengan arabika yang lebih ringan.

Tentu saja, penyajiannya harus berbeda jika ingin mendapatkan cita rasa yang lebih nikmat. Entah itu diukur dengan takarannya, jumlah air yang digunakan, hingga jumlah pemanis tambahan jika diperlukan.

  1. Kualitas Seduhan Kopi

Kenyataannya, cara menyeduh kopi ini memiliki dampak pada kualitas rasanya. Dibutuhkan teknik tepat untuk membuat kopi yang lebih nikmat.

Pemanfaatan suhu air untuk seduhan ternyata berpengaruh pada rasa. Kemudian, penambahan pemanis juga turut mempengaruhinya.

Anda perlu mengetahui bagaimana menyeduhnya dengan tepat. Ketika kopi diseduh dengan benar, kualitas rasanya akan lebih baik.

  1. Kualitas Bubuk Kopi

Konsistensi dari bubuk kopi turut berpengaruh pada kualitas rasa. Anda perlu memastikan bahwa kualitas bubuknya bagus.

Anda sangat dianjurkan untuk menemukan bubuk yang terbaik. Tentunya, menggilingnya dengan tepat agar bisa menghasilkan bubuk yang konsisten.

Contohnya bila Anda menggiling biji kopi menjadi terlalu halus, kualitas rasa kopi akan semakin pahit. Sebaliknya bila kurang halus, rasanya akan lebih datar.

Di sini, Anda perlu memutuskan tentang konsistensi dari bubuk yang diinginkan. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui seperti apa teknik menyeduh bubuk tersebut.

Takaran Kopi dan Gula

Berapa takaran kopi dan gula untuk secangkir kopi? Ini juga harusnya mendapatkan perhatian lebih dari penikmat kopi.

Faktanya, sebagian orang menerapkan cara menyeduh kopi dengan menambahkan kopi di dalamnya. Tujuannya untuk menambahkan rasa sehingga bisa dinikmati.

Idealnya, satu sendok kopi bubuk ini membutuhkan sekitar 1,5 sendok gula. Tujuannya untuk meminimalkan rasa pahit dalam kopi.

Tetapi, itu tergantung preferensi dari penikmat kopi. Terlebih, ini juga didasarkan pada kualitas bubuk itu sendiri. Yakni apakah digiling halus atau kasar.

Anda bisa mencoba untuk bereksperimen sendiri. Tujuannya untuk menemukan racikan tepat untuk kopi impian Anda.

Selain itu, perhatikan komposisinya agar manfaatnya bisa didapatkan. Contohnya manfaat kopi untuk kesehatan yang berkaitan dengan meningkatkan konsentrasi.

Takaran Kopi dan Air untuk Menyeduh Kopi

Seperti dijelaskan sebelumnya jika kualitas rasa ini dipengaruhi oleh takaran air dan kopinya. Begitu pula dengan suhu air yang digunakan.

Bicara mengenai takarannya, idealnya takaran tersebut mengikuti aturan 1:10 atau 1:15. Ini menjadi aturan yang bisa diikuti.

Ilustrasinya, ketika Anda menuangkan 10 gram bubuk kopi, maka volume air yang sebaiknya dituangkan sekitar 100 ml atau 150 ml. Ini berlaku untuk kelipatannya.

Untuk airnya sendiri, usahakan untuk menggunakan air yang telah disaring. Sebaliknya, hindari menggunakan air yang kadar mineralnya telah diringankan. Karena, kualitas air ini juga mempengaruhi cita rasa dari kopi yang Anda sajikan.

Kemudian, pastikan juga untuk mengatur suhu air ketika hendak dituangkan. Idealnya, suhu yang pas untuk menyeduh kopi sekitar 90-96 derajat Celsius.

Suhu ini akan membuat ekstrak kopi lebih optimal. Sebaliknya bila terlalu rendah, rasanya akan datar. Begitu pula jika terlalu panas, maka kualitas rasanya juga akan menurun atau hilang.

Cara Menyeduh Kopi yang Nikmat

Setelah memahami aturan menyeduh di atas, mari pelajari bagaimana cara menyeduh kopi yang tepat. Adapun cara menyeduhnya sebagai berikut:

  1. Dapatkan Bubuk Kopi yang Konsisten

Langkah pertamanya adalah memastikan bubuk kopi yang didapatkan dalam kualitas yang tepat. Ketepatan bubuk ini mempengaruhi pada rasa yang dihasilkan.

Jika Anda memiliki alat untuk grinder atau penggiling, disarankan untuk membeli biji kopi saja. Biji kopi diroasting atau dipanggang sendiri sesuai dengan preferensi.

Setelah itu, grinder sampai menghasilkan bubuk yang konsisten. Bubuk inilah yang akan digunakan untuk menyeduh kopi.

  1. Masak Air untuk Menyeduh Kopi

Langkah keduanya adalah merebus air. Air yang digunakan adalah air yang telah disaring. Contohnya air minum botolan.

Air ini direbus di atas api sedang. Dilakukan selama beberapa menit hingga mendidih. Airnya nantinya digunakan untuk menyeduh kopi bubuk yang sudah disediakan.

  1. Tuangkan Bubuk Kopi dan Gula sesuai Takaran

Langkah ketiganya adalah menuangkan kopi bubuk dan gula. Asumsinya, Anda membutuhkan pemanis untuk membuat kopi lebih terasa.

Takarannya seperti dijelaskan di atas. Yakni, 1 sendok kopi dengan 1,5 sendok gula. Atau, bisa disesuaikan sendiri sesuai dengan selera.

Supaya lebih terjaga panasnya, gunakan cangkir berbahan dasar keramik. Cangkir seperti ini sangat direkomendasikan untuk mempertahankan suhu dari seduhan kopi.

  1. Tuangkan Air dan Aduk saat Menyeduh Kopi

Langkah keempatnya adalah menuangkan air ke dalam racikan kopi. Di sini, Anda perlu memperhatikan suhu dari air yang telah mendidik.

Usahakan tidak langsung menuangkannya ketika masih mendidih. Terlebih ketika airnya dididihkan dengan api yang sangat besar.

Anda perlu menunggunya beberapa detik. Tujuannya untuk menurunkan suhu air yang akan dituangkan ke dalam cangkir.

Idealnya, Anda mulai bisa menuangkan airnya ketika suhu airnya sudah sekitar 90-96 derajat Celsius. Suhu ini merupakan suhu ideal untuk mengekstrak kopi atau mematangkan kopi seduhan.

Setelah dituangkan, aduk secara merata dengan perlahan. Waktu kontak antara air dan bubuk kopi idealnya sekitar 2-4 menit.

Jangan sampai atau kurang. Karena itu bisa mempengaruhi kematangan sekaligus berdampak pada kualitas rasanya.

  1. Sajikan dan Nikmati selagi Hangat

Langkah kelimanya adalah sajikan selagi masih hangat. Maksudnya, Anda sudah bisa menikmati kopi yang telah Anda seduh ini.

Kenapa? Karena kopi yang masih hangat ini memungkinkan rasanya tetap pas. Sebaliknya bila sudah dingin, kualitas rasanya mulai memudar.

Anda tidak bisa lagi menikmati nikmatnya secangkir kopi. Meskipun begitu, Anda masih mungkin untuk menghabiskannya.

Sebagai tambahan, kopi yang sudah dingin tidak seharusnya dipanaskan lagi. Karena, memanaskan ulang hanya akan memudarkan rasa. Praktis, rasanya sudah tidak senikmat ketika pertama kali Anda seduh.

Aturan mengenai cara menyeduh kopi ini sudah banyak dipraktikkan oleh penikmat kopi. Tentunya, cara tersebut bisa diaplikasikan ketika hendak menikmatinya.

Adapun waktu terbaik untuk menikmati kopi adalah pada pukul 09:00 WIB. Ini merupakan waktu di mana tubuh sedang membutuhkan kafein untuk meningkatkan energi dan konsentrasi.

Demikianlah panduan atau cara menyeduh kopi yang terbaik. Jika Anda menginginkan seduhan yang nikmat, pastikan bubuknya konsisten, suhu airnya pas dan dinikmati dalam kondisi hangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here