Kelebihan Trading Kripto yang Perlu Diketahui dan Risikonya

0
498

Contents

Trading kripto mulai dipertimbangkan oleh sebagian trader di beberapa tahun terakhir. Tentunya, ini menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat untuk mendapatkan untung dari kegiatan berdagangnya. Cara kerjanya adalah dengan memperdagangkan mata uang digital yang terdesentralisasi. Perdagangan ini beroperasi dengan sistem peer to peer digital.

Kripto sendiri tersimpan dalam dompet digital. Nantinya, aset tersebut akan ditukar oleh penjual. Trader akan menjual kripto ke pembeli. Dan kegiatan perdagangan tersebut dilakukan pada sebuah blockchain virtual.

Perdagangan ini melibatkan kontrak pembelian. Artinya, bukan memiliki aset itu sendiri sehingga prediksi yang akurat dibutuhkan untuk mendapatkan keuntungan dari pergerakan pasar.

Lantas, apa kelebihan dari trading kripto tersebut? Mari cari tahu kelebihan serta risikonya bila bermain di kripto.

Kelebihan Trading Kripto

Kripto mulai dipertimbangkan oleh sebagian orang lantaran menawarkan sejumlah kelebihan. Di antara kelebihan yang ditawarkannya sebagai berikut:

1. Peluang Untung Tinggi

Perlu digarisbawahi jika pasar kripto ini memiliki volume transaksi yang tinggi di tiap harinya. Ini bisa dilihat dari penawaran dan permintaan yang terjadi.

Diketahui jika begitu banyak trader yang membutuhkan kripto tersebut. Dan pihak lain yang memilikinya siap untuk menjualnya.

Proses inilah yang membuka peluang untuk memperoleh untung yang tinggi. Karena, penawaran serta penawaran ini bisa menghasilkan imbal balik yang cukup besar pada waktu tertentu.

Sederhananya, banyaknya permintaan memungkinkan aset dapat meningkat dalam waktu singkat. Tidak salah jika pemiliknya bisa mengantongi keuntungan yang besar.

2. Aman

Sisi keamanan dari perdagangan ini bisa dibilang menjanjikan. Betapa tidak, sistem perdagangan ini diamankan melalui blockchain virtual.

Pasarnya terdesentralisasi dan ada server digital yang terhubung langsung dengan setiap trader sewaktu melakukan transaksi. Dengan begitu, transaksi ini akan terekam jelas.

Setiap trader bisa melacak aktivitasnya setiap saat. Tentu saja, keamanan siber di sistem ini semakin berkembang sehingga gangguan dari peretas bisa diminimalkan.

3. Berdagang Setiap Waktu

Tidak seperti pasar lainnya, pasar kripto sendiri beroperasi sepanjang waktu. Artinya, Anda bisa melakukan transaksi kapan pun.

Setiap transaksi yang dilakukan di sembarang waktu memungkinkan adanya keuntungan. Bahkan bila Anda melakukannya di luar jam perdagangan pada umumnya.

Risiko Trading Kripto

Di samping banyak kelebihannya, trading kripto juga memiliki risiko tersendiri. Anda seharusnya menyadarinya sehingga Anda bisa lebih berhati-hati. Adapun risikonya sebagai berikut:

1. Volatilitas Pasar Tinggi

Faktanya, pasar kripto ini sangat fluktuatif. Di samping menawarkan potensi keuntungan yang tinggi, perdagangan ini juga rentan terhadap kerugian akibat dari perubahan yang begitu cepat.

Contohnya, harga aset bisa bergerak turun secara tiba-tiba. Penurunan nilai aset ini pun bisa sangat tajam.

Jika Anda tidak bisa memprediksinya dengan benar, risiko mengalami kerugian tentu sangat tingg. Untuk itulah, Anda perlu berhati-hati jika trading di pasar yang sangat fluktuatif.

2. Belum Teruji untuk Jangka Panjang

Kripto sendiri terbilang baru. Artinya, belum ada fakta yang menunjukkan bahwa kripto ini bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Sederhananya, kinerja pasar di beberapa tahun mendatang masih belum teruji. Ini tentunya membuat Anda perlu berpikir dua kali jika ingin menggunakannya sebagai investasi jangka panjang.

Berbeda jika Anda menggunakan pasar saham. Pasar ini sudah teruji puluhan tahun silam. Hingga kini, pasar tersebut masih terpercaya sehingga banyak sekali masyarakat yang memilihnya.

Itulah hal yang perlu Anda ketahui mengenai trading kripto. Selain menawarkan keuntungan yang cepat dan tinggi, perdagangan ini juga masih cukup rentan lantaran belum teruji oleh waktu.

Namun, ada banyak sekali alternatif bisnis lain yang bisa kamu coba selain trading kripto lho. Misalnya saja yang sedang tren sekarang adalah penggunaan mesin pencari uang. Ada beberapa aplikasi yang memang didesain untuk membuat Anda punya pasive income. Pelajari juga hal ini lalu praktikkan mana yang tepat sesuai dengan diri Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here