Cara Jitu Trading Kripto Tanpa Rugi Yang Layak Dipraktikkan

0
109

Mau tahu bagaimana cara jitu trading kripto tanpa rugi? Sudah tahu rahasianya agar bisa menghasilkan profit?

Trading kripto sudah menjadi pilihan dari sebagian masyarakat. Alasannya, kegiatan ini bisa memberikan profit yang lebih tinggi.

Meskipun begitu, trading aset kripto juga bisa membuat trader merugi lebih cepat. Karena, pergerakan harganya bisa saja menurun secara drastis.

Jika tidak ada perencanaan yang matang, trader akan sulit untuk memperoleh profit yang didambakan. Supaya tidak terjadi, kami ajak Anda untuk mempelajari cara jitu trading kripto tanpa rugi ini. Sembari itu, hindari kesalahan yang membuat trading ini berujung pada kerugian yang sangat besar.

Cara Trading Kripto yang Hasilkan Profit

Profit merupakan hal yang diidam-idamkan oleh trader. Jika Anda menginginkannya, rencanakan untuk membuat strategi yang jelas. Berikut ini cara jitu trading kripto tanpa rugi yang bisa dipraktikkan.

1. Gunakan Aset Kripto Terbaik

Untuk memulainya, kami sarankan Anda untuk memilih aset kripto yang terbaik. Setidaknya, aset ini sudah teruji nilainya di pasar kripto.

Kripto peringkat terbaik tentunya jauh lebih menguntungkan. Alasannya, aset ini cenderung memiliki nilai yang tinggi dan paling banyak digunakan oleh trader.

Anda bisa memperoleh profit dengan lebih cepat. Tetapi, Anda juga harus bersiap pada risiko di balik pemanfaatan aset yang memiliki volatilitas dan likuiditas tinggi ini.

Sederhananya, pergerakan naik turunnya bisa sangat cepat. Ketika pergerakannya bagus, Anda akan memperoleh profit besar degan lebih cepat. Sebaliknya bila pergerakannya turun, Anda akan merugi dengan nilai cukup besar.

Tetapi, itu bukanlah masalah jika Anda memiliki rencana yang matang. Karena, kematangan rencana memungkinkan Anda tidak keliru dalam menempatkan posisi trading.

2. Mulai Trading dengan Risiko Kecil

Ketika memulai rencana trading di kripto, Anda selalu disarankan untuk memulainya dengan risiko lebih kecil. Meskipun profit yang didapatkan nantinya lebih kecil.

Kenapa? Anda setidaknya bisa belajar banyak mengenai cara kerja dari trading kripto tersebut secara bertahap. Bahkan, bisa mengetahui pergerakan harga dan pembacaan grafik secara presisi seiring berjalannya waktu.

Ketika Anda sudah mulai mengenali strategi untuk memperoleh profit, Anda bisa meningkatkan risikonya. Dari sinilah Anda bisa meraih profit yang lebih tinggi.

3. Tentukan Target Profit Sesuai Kemampuan

Jika baru memulai, ingatlah bahwa kemampuan Anda masih sangat terbatas. Oleh karena itu, jangan terlalu berlebihan dalam menetapkan target profit.

Cara jitu trading kripto tanpa rugi ini tentunya juga dipegang oleh trader berpengalaman. Trader akan menetapkan target profit yang sesuai dengan kemampuannya.

Trader akan membuat target profit harian di batas tertentu. Ketika target ini sudah tercapai di hari tersebut, trader akan berhenti untuk trading.

4. Transaksi Jual dan Beli pada Waktu yang Tepat

Cara jitu trading kripto tanpa rugi adalah dengan menempatkan posisi jual atau beli secara tepat. Karena, posisi inilah yang akan membuahkan hasil keuntungan bagi trader.

Idealnya, trader akan melakukan pembelian ketika harga kripto sedang turun. Sementara bila sedang naik, trader akan memilih untuk melakukan penjualan.

Hasil dari pembelian dan penjualan yang tepat membuat trader bisa mengantongi profit. Besar kecilnya tergantung pada penempatan posisi dan selisih dari transaksi yang dilakukan.

Supaya bisa menempatkan posisi secara tepat, Anda perlu mempelajari bagaimana pergerakan dari harga pasar. Ini bisa dibaca melalui grafik yang tampil di layar.

Di samping itu, selalu dapatkan update berita yang bisa mempengaruhi pada harga kripto. Dari sini, Anda bisa memprediksi tentang pergerakannya sehingga Anda tidak salah dalam menempatkan posisi. Yakni apakah harus beli atau jual.

5. Tenangkan Diri saat Trading

Kunci lain dari cara jitu trading kripto tanpa rugi adalah tetap tenang saat trading berjalan. Ketenangan trader sangat berpengaruh pada hasil trading.

Ingatlah bahwa kontrol ada pada diri Anda. Jika Anda tidak bisa menguasainya, Anda hanya akan kehilangan banyak aset.

Contohnya bila tren pasar dengan naik dan Anda memperoleh keuntungan, tetaplah tenang dan tutuplah ketika profit sudah sesuai target. Sementara bila sedang menurun dan merugi, segera keluar dari posisi tersebut.

Keluar dari posisi batas kerugian memungkinkan Anda dapat mencegah kerugian lebih besar. Jika sudah keluar, tenangkan diri sejenak. Perhatikan grafik dan Analisa pergerakan pasar yang bisa dimasuki untuk menempatkan posisi yang menguntungkan.

Kesalahan Trading Kripto yang Harus Dihindari

Ketika sedang trading, ada beberapa hal yang perlu dihindari oleh trader. Karena, kondisi ini biasanya membuat trader merugi setiap saat. Di antaranya sebagai berikut:

1. Overtrade

Menempatkan cukup banyak posisi di pasar hanya akan membuat trader kesulitan sendiri. Meskipun itu bisa menciptakan peluang untung yang besar dalam waktu singkat.

Ingat jika pergerakan harga ini bisa naik turun. Jika salah menempatkan posisi, modal Anda akan terkuras habis. Pada akhirnya, Anda akan kehilangan uang hanya dalam hitungan menit.

Ada baiknya jika Anda hanya menempatkan 2-3 posisi di perdagangan aktif. Setidaknya, risiko atas kerugian yang menghabiskan dana bisa dihindari saat aset sedang dalam tren buruk.

Tetapi bila berada dalam tren bagus, Anda tetap mendapatkan profit. Dan profit ini akan membuat Anda lebih bersemangat. Pada akhirnya, Anda bisa lebih tenang dan tepat dalam menempatkan posisi lagi.

2. Trading Tanpa Stop Loss

Sebenarnya, cara jitu trading kripto tanpa rugi ini selalu mengedepankan pada trader untuk menempatkan stop loss. Fungsinya untuk meminimalkan kerugian saat tren aset memburuk dan melewati batas rugi yang ditetapkan.

Jika sistem bisa menarik keluar dari pasar yang sedang memburuk, trader masih bisa menyimpan aset. Nantinya, aset tersebut bisa digunakan untuk trading lagi dan memulihkan kerugian sebelumnya.

3. Trading di Akhir Pekan

Perlu diingat bahwa kebanyakan kasus kerugian dari trader bermula dari kebiasaan trading di akhir pekan. Alasannya, aktivitas pasar di akhir pekan ini cenderung tidak stabil.

Tidak stabilnya pasar membuat trader kesulitan dalam membuat prediksi. Pada akhirnya, trader keliru menempatkan posisi dan harus menutupnya dengan kerugian.

Akan lebih baik jika trader melewatkan akhir pekan untuk trading. Aktivitasnya bisa dimulai lagi pada hari aktif yang pasarnya cenderung lebih stabil.

4. Serakah dengan Profit

Salah satu kesalahan terbesar dari trader adalah serakah dengan profit. Ini sudah seharusnya dihilangkan dalam diri trader.

Jika Anda memutuskan untuk trading kripto, pastikan untuk membuat target profit dengan jelas. Misalnya mendapatkan profit sebesar 5-10% saja.

Setelah target tercapai, berhentilah untuk melakukan trading di waktu tersebut. Sebaliknya, hindari untuk membiarkan posisinya tetap meraih profit jauh lebih besar lagi.

Alasannya, terkadang pasar akan melakukan koreksi. Kemudian, tren akan berubah sehingga profit yang awalnya sudah tercapai bisa turun lagi. Bahkan, bisa berubah menjadi kerugian.

Demikianlah cara jitu trading kripto tanpa rugi yang bisa dipraktikkan. Kuncinya adalah pelajari bagaimana kinerja pasar. Kemudian, mulailah dengan risiko kecil serta tetapkan profit yang masuk akal dan berhenti saat target terpenuhi. Dan yang pasti, Anda memilih kripto terbaik, bukan yang abal-abal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here