Cara Promosi Produk Yang Tepat Untuk Meningkatkan Jualan

0
540

cara promosi produk

Jualan Anda sepi dibandingkan pesaing? Segeralah untuk menanganinya. Bisa jadi, kondisi tersebut disebabkan oleh kurang tepatnya promosi. Lalu, seperti apa cara promosi produk yang benar?

Promosi memiliki pengaruh luar biasa bagi bisnis. Setiap pebisnis harus mengupayakannya. Jika tidak, bisnis akan berjalan lambat.

Fakta menunjukkan bahwa bisnis yang telah berkembang tetap menggunakannya. Promosinya terus digencarkan. Bahkan, pebisnis tidak segan untuk menambah anggaran promosi.

Situasi ini perlu Anda sadari sejak awal. Jangan sampai meninggalkan kegiatan promosi. Jika mengabaikannya, jualan produk akan diam di tempat.

Pengertian Promosi

Promosi merupakan sebuah upaya menawarkan atau memberitahukan konsumen tentang produk/jasa. Kegiatan ini ditujukan untuk menarik pembeli. Selain itu, pebisnis dapat meningkatkan angka penjualan.

Dalam kegiatan promosi, pebisnis berusaha untuk menginformasikan sebuah produk. Informasinya terkadang sangat jelas. Ada juga yang tersirat. Namun, terlihat ada kesan membujuk di dalam kegiatan tersebut.

Promosi yang baik dapat mempengaruhi keputusan calon pembeli. Bujukan hingga saran menerima produk sampai ke tangan konsumen. Pada akhirnya, konsumen tertarik untuk melakukan pemesanan.

Mengenai medianya, pebisnis memiliki banyak alternatif. Pebisnis dapat memanfaatkan media cetak hingga media elektronik.

Sejauh ini, media paling populer untuk mempromosikan produk ialah internet. Terbukti dengan banyaknya platform periklanan di dalamnya. Karena, ceruk pasarnya jauh lebih luas.

Tentu saja, promosi tersebut terbalut dalam dua versi. Yakni versi gratis hingga versi berbayar.

Jenis Pemasaran Produk

cara promosi produkPenerapan cara promosi produk bergantung pada jenis promosi yang digunakan. Anda perlu memahami mekanisme setiap jenisnya. Tujuannya, Anda tidak salah dalam mengambil langkah.

Ada pun jenisnya, promosi ini terbagi menjadi beberapa metode. Pertama, promosi melalui media periklanan (advertising).

Promosi ini menginformasikan tentang keistimewaan produk. Penyampaian informasi ini yang membuat konsumen tertarik.

Kedua, melalui personal selling. Pebisnis akan menawarkan barang langsung di hadapan pelanggan. Selain memberi penawaran, metode ini sekaligus membangun kedekatan. Jadi, hasilnya sangat bagus, tetapi menyita banyak waktu.

Ketiga, melalui direct marketing. Pebisnis juga berinteraksi langsung dengan targetnya. Harapannya untuk menemukan respons. Bahkan, terjadi transaksi saat itu.

Contohnya sangat banyak. Salah satunya melalui email. Pebisnis akan mengirimkan pesan penawaran atau semacamnya melalui email aktif.

Selain itu, ada juga broadcast media. Contohnya ialah menginformasikan produk melalui saluran TV dan Radio.

Cara promosi produk terakhir ini lebih menjanjikan. Targetnya lebih luas. Hasilnya juga sangat bagus.

Meskipun begitu, Anda seharusnya lebih cerdik dalam memanfaatkannya. Kemudian, upayakan untuk mengalokasikan anggaran dengan tepat. Karena, promosi dengan cara tersebut cukup menguras biaya.

Tips Promosi Produk yang Mendatangkan Pembeli

Kesempatan akan hilang ketika mempromosikan produk dengan asal-asalan. Kalaupun promosi, caranya sangat terbatas. Tentu saja, ini membuat bisnis kesulitan dalam menemukan pasarnya.

Tidak ingin kehilangan kesempatan meraih keuntungan, coba terapkan cara promosi produk berikut ini.

  1. Berikan Penawaran Eksklusif

Memberikan penawaran spesial akan sangat membantu. Penawaran ini diberikan pada pelanggan loyal.

Pelanggan seperti ini sangat berguna. Selain mau membeli produk, pelanggan siap untuk promosi. Bahkan, Anda tidak perlu mengeluarkan budget alias gratis.

Mengenai caranya bisa apa pun. Salah satu contohnya ialah mengajak konsumen untuk mencoba produk. Setelah itu, mintalah feedback dari konsumen.

Cara seperti ini sudah sering dilakukan pebisnis sukses. Tujuannya untuk menguatkan nilai dari produk. Dengan begitu, produk akan dipandang lebih bermutu sehingga citranya semakin baik di mata pelanggan.

  1. Gunakan Promosi yang Memikat

Promosi memikat membuat pelanggan penasaran. Timbul rasa tertarik untuk memilikinya. Bahkan, itu menjadi waktu yang tepat untuk melakukan pembelian.

Caranya juga beragam. Anda dapat menetapkan potongan harga pada produk. Selain itu, Anda bisa menggunakan strategi buy one get one.

Promosi seperti ini tentu lebih menggugah keinginan konsumen. Karena kenyataannya, tidak semua konsumen memiliki kekuatan untuk membeli. Artinya, ada momen khusus yang mana konsumen baru memaksakan diri untuk membeli.

  1. Promosikan Produk di Google Bisnisku

Belakangan ini, internet menjadi media yang sering digunakan pelanggan. Media tersebut dimanfaatkan penuh untuk mencari informasi. Baik informasi seputar produk, hingga harga jual dan lokasinya.

Kecenderungan ini harusnya Anda manfaatkan. Anda bisa mendaftarkan usaha ke Google Bisnisku. Tujuannya supaya bisnis dapat ditemukan oleh pelanggan.

Pendaftaran usaha di layanan tersebut nyatanya sangat bermanfaat. Banyak pebisnis yang ingin mendominasi penjualan di suatu daerah. Dan, metode paling simpel ialah memanfaatkan layanan tersebut.

Alasannya, usaha akan tampil di halaman pencarian. Tentunya dengan kata kunci yang mewakili produk. Ketika pengguna internet mengetik kata kunci, bisnis Anda akan muncul.

Potensinya, pelanggan akan mengunjungi tempat bisnis. Bahkan, ada pelanggan yang langsung melakukan pesanan. Baik melalui website resmi atau pun nomor kontak yang Anda tampilkan di layanan tersebut.

  1. Jalankan Kontes di Media Sosial

Cara promosi produk bisa dijalankan dengan media sosial. Caranya juga gratis. Yakni dengan mengadakan giveaway pada pelanggan.

Sederhananya, Anda membuat challenge khusus di media sosial. Pemenang yang beruntung dapat mengamankan produk.

Cara seperti ini juga sangat menjanjikan. Secara, Anda dapat meningkatkan jumlah follower yang tertarget.

Betapa tidak, Anda dapat membuat kebijakan khusus bagi orang yang mengikuti challenge. Misalnya share ke beberapa grup dan lain sebagainya.

Banyaknya pengikut yang berbagi konten promosi akan membuat produk semakin dikenal. Halaman media sosial akan semakin bertambah. Potensinya, Anda dapat memberikan penawaran produk tepat sasaran.

  1. Promosikan Produk Via Email

Saluran khusus untuk promosi terbaik ialah melalui email. Media ini menjadi senjata andalan dari Internet Marketer.

Email marketing ini memiliki tingkat keefektifan luar biasa. Jika dilihat dari data yang bersumber dari internet, media ini dapat mengonversi pengguna menjadi pembeli hampir 75%.

Alasannya sangat sederhana. Pemilik email termasuk target utama. Sewaktu mendapatkan penawaran dari pebisnis, penawaran ini biasanya mendapatkan respons baik. Contohnya respons pembelian.

Untuk melakukannya, Anda memang butuh sebuah website jualan. Setelah itu, daftar ke platform email marketing. Kemudian, sisipkan pada halaman website.

Kuncinya, masukkan kata-kata ajakan untuk mengisi email ke kolom tersebut. Supaya pelanggan mau mengikuti perintah, pancing dengan kalimat jelas namun syarat akan keuntungan.

Setelah mendapatkannya, simpan alamat email tersebut. Gemukkan dan manfaatkan untuk promosi. Dengan begitu, Anda bisa menjual produk kapan pun.

  1. Promosi Lewat Media Periklanan

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan ialah membuat iklan. Di sini, manfaatkan saja layanan iklan Google atau media sosial.

Buatlah tipe iklan yang menarik. Kemudian, tetapkan anggaran. Semakin besar anggarannya, jangkauannya akan lebih luas.

Yang harus diingat, lakukan pengujian terlebih dahulu. Pengujian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi kinerja iklan.

Ketika iklan berjalan dengan baik, silahkan lanjutkan. Bahkan, Anda dapat meningkatkan anggarannya.

Sebaliknya jika kurang efektif, evaluasi kesalahan yang menyebabkan gagalnya iklan promosi. Perbaiki hingga membuahkan hasil. Karena kenyataannya, iklan menjadi media promosi yang sangat baik untuk dijalankan sampai kapan pun.

Demikianlah cara promosi produk yang tepat di era digital. Manfaatkanlah berbagai metode. Maka, Anda akan menuai hasil seperti meningkatnya penjualan di tiap bulannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here