Sadari, Inilah Langkah Utama Dalam Membuka Toko Sembako!

0
859

toko sembako

Merintis toko sembako tidak boleh asal-asalan. Anda perlu merencanakan dengan matang. Pasalnya, persaingannya ketat.

Ketatnya persaingan membuat Anda perlu memutar otak. Pembukaan bisnis yang terorganisir tentu menguntungkan. Anda dapat memenangkan persaingan secara sehat.

Sebaliknya, bisnis terancam bangkrut. Penyebabnya, Anda kurang persiapan. Bahkan, Anda keliru menentukan langkah.

Supaya tidak salah langkah, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Ini sifatnya penting. Manfaatnya juga luar biasa. Yakni, Anda dapat bersaing dengan hasil membanggakan.

Kelebihan Membuka Toko Sembako

Usaha di bidang penyediaan sembako punya segudang kelebihan. Tentunya, terjun di bidang ini bukanlah kekeliruan.

Betapa tidak, bisnis ini memiliki pasar yang luas. Produknya banyak dicari. Karena, ini merupakan kebutuhan primer. Contohnya beras.

Potensi produk terjual juga cukup tinggi. Menariknya, produk tersebut dapat terjual di tiap harinya.

Masalahnya, Anda perlu bersaing dengan pebisnis lain. Pasalnya, besarnya pasar membuat munculnya pebisnis serupa. Bahkan, berdirinya lebih dulu ketimbang Anda.

Kelebihan lainnya, modal usahanya terjangkau. Anda tidak dipusingkan dengan tempat jualan. Karena, Anda dapat memaksimalkan teras rumah.

Anda cukup membeli/membuat etalase. Fungsinya untuk menyimpan dan menampilkan produk.

Sementara sisanya, Anda bisa menggunakannya untuk kulakan. Silahkan, stok barang di distributor ternama. Dengan begitu, Anda dapat mengambil margin cukup besar.

Kelebihan lainnya, prosedur hukumnya lebih simpel. Anda tidak perlu mendaftarkan usaha ke instansi. Karena, ini masuk dalam kategori usaha mikro.

Tetapi bila usaha toko sembako mulai maju, Anda perlu mendaftarkan usaha. Khususnya jika Anda memiliki pemasukan hingga 600 juta per tahun. Artinya, Anda sudah dikenai pajak usaha.

Modal Membuka Warung Sembako

Bicara tentang modal, bisnis ini tidak memakan anggaran besar. Terlebih ketika Anda mengawali usaha dengan skala kecil.

Anda hanya perlu membeli beberapa etalase. Jika Anda sudah memiliki tempat penyimpanan, Anda tidak perlu membelinya lagi. Cukup manfaatkan perlengkapan yang sudah ada.

Yang paling utama, pebisnis perlu membeli stok barang. Utamakan pada produk yang paling banyak dibutuhkan.

Jika Anda memprioritaskan barang, modalnya tidak sampai 10 juta rupiah. Anda pun bisa memulainya dengan modal sekitar 5 juta atau di bawahnya.

Berbeda jika masuk ke tahap maju. Anda perlu melengkapi usaha dengan berbagai jenis produk. Tentunya, kelengkapan ini merujuk pada permintaan pasar.

Contohnya, ada pembeli datang ke tempat usaha. Di sini, banyak pelanggan menanyakan perihal produk. Padahal, Anda belum menyediakannya.

Dari sumber ini, Anda tahu bahwa produk tersebut banyak dicari. Anda tinggal mencari suppliernya. Kemudian, menyediakan di tempat usaha.

Penyediaan produk tersebut akan membuat usaha semakin ramai. Setiap hari, ada transaksi sehingga profit semakin besar.

Jenis Produk Sembako

toko sembakoDi toko sembako, fokus Anda tidak hanya menyediakan sembako saja. Tetapi, Anda juga perlu menyediakan produk lain yang banyak dicari.

Alasannya, kebanyakan orang akan datang ke tempat Anda. Harapannya, apa yang dicari sudah tersedia. Terlebih, Anda membukanya di pedesaan.

Umumnya, orang memandang bahwa toko Anda sudah lengkap. Jadi, penyediaan seluruh kebutuhan dapat menghindarkan kekecewaan pembeli.

Lalu, apa saja produk yang perlu Anda sediakan? Produk utamanya merupakan kebutuhan pokok. Ini meliputi beras, gula, minyak, daging, telur, sayuran hingga susu. Anda juga perlu menyediakan aneka bumbu masak.

Sementara produk pelengkap meliputi aneka jajanan ringan dan minuman. Sisanya obat-obatan, perlengkapan mandi dan cuci, hingga produk yang dicari di sekitar Anda.

Semakin lengkap produknya, pelanggan lebih sering mampir. Walaupun margin keuntungannya kecil per barang, Anda tetap untung. Khususnya jika pembelinya terus meningkat di tiap harinya.

Kuncinya, tetapkan harga jual yang diterima. Jangan terlalu mahal. Bahkan, harganya lebih mahal 500 perak saja.

Kenapa? Seseorang cenderung membandingkan dengan toko lain. Sekecil apa pun lebihannya, tetap saja orang akan memilih yang termurah. Karena, itu merupakan kondisi normal di masyarakat awam.

Supaya tetap untung, kuncinya terletak pada distributor. Minimal, Anda kulakan di tempat yang super murah. Jadi, Anda tetap untung besar meskipun menetapkan harga jual setara dengan pesaing.

Langkah Awal Merintis Bisnis Warung Sembako

Perencanaan matang dapat membuat warung sembako lebih terarah. Pembukaannya dapat menuai keberhasilan. Jika Anda kebingungan memulainya, tengok langkah memulai bisnsi tersebut berikut ini.

  1. Riset Pasar

Langkah awalnya dimulai dengan riset pasar. Riset ini berkaitan dengan permintaan terhadap produk. Cara paling mudah ialah datang ke tempat usaha pesaing.

Coba perhatikan produk yang paling laris. Dari sini, Anda akan memiliki gambaran jelas tentang produknya. Bahkan, nilai jual yang diterima oleh pembeli.

Riset ini berlaku untuk menemukan peluang usaha ibu rumah tangga lainnya. Semakin kaya informasi, Anda dapat meminimalkan kesalahan dalam pengambilan keputusan.

  1. Temukan Pemasok/Tempat Kulakan Sembako

Langkah selanjutnya ialah mencari tempat kulakan. Ini biasanya agak susah. Tetapi, perlu Anda lakukan.

Cari pemasok yang memberikan penawaran menguntungkan. Tidak masalah jika Anda perlu kulakan dalam jumlah besar. Misalnya, Anda diminta untuk langganan membeli senilai 1 juta per bulannya.

Kenapa? Anda sudah memprediksi bahwa produknya akan laris terjual. Jadi, Anda tidak khawatir untuk menepati tanggung jawab dengan pemasok.

Menariknya, pemasok seperti ini sering memberi penawaran lebih rendah. Anda pun bisa menerapkan strategi penjualan lebih rendah ketimbang pesaing. Tentunya tanpa khawatir merugi.

  1. Siapkan Modal Toko Sembako

Langkah membuka toko sembako lainnya ialah menyediakan modal. Modal ini bisa Anda ambil dari tabungan. Karena, anggaran pun cukup untuk memodali bisnis tersebut.

Kuncinya, Anda hanya perlu membeli produk terlaris. Ini menjadi pilihan pertama. Tujuannya untuk mengakrabkan dengan pemasok.

Ketika Anda sukses menjual produk sesuai target, pemasok biasanya tidak ragu menitipkan barang terlebih dahulu. Maksudnya, Anda bisa mengambil barang tanpa harus keluar modal.

Cara ini sudah lazim digunakan pada dagangan sembako. Sistemnya ialah kepercayaan. Jadi, utamakan untuk menjaga hubungan saling percaya agar bisnis Anda semakin mudah.

  1. Atur Penempatan Barang

Pada dasarnya, penempatan barang itu sangat berpengaruh. Pembeli terkadang tidak perlu bertanya tentang ketersediaan barang.

Jika sudah melihatnya, pembeli tinggal menunjuk produk. Maksimal, pembeli bertanya tentang harga. Kemudian, lanjut ke transaksi.

Semakin terlihat produknya, antrean dalam toko tidak akan terlalu lama. Karena produknya mudah dijumpai. Anda pun dapat melayani pembelian dengan mudahnya.

  1. Mulai Jualan

Langkah terakhirnya ialah mulai untuk jualan. Ketika pertama kali membuka, gunakan strategi jualan dengan harga langganan.

Harganya lebih murah sebagai promo. Fungsinya untuk menarik pelanggan agar datang lagi di hari berikutnya.

Selain itu, berikan pelayanan yang ramah. Saling akrabkan diri dengan pembeli. Dengan begitu, pelanggan akan merasa nyaman berada di toko.

Kenyamanan ini membuatnya sering mampir. Begitu pula, pelanggan akan mempromosikan tempat langganannya ke orang terdekat. Hasilnya, bisnis Anda semakin dikenal sehingga berpotensi meningkat penjualannya.

Itulah beberapa langkah penting dalam membuka toko sembako. Mulai dari riset, mencari pemasok, hingga menyiapkan modal dan menata produknya. Jika Anda melakukannya dengan benar, usaha tersebut dapat berjalan sebagaimana mestinya. Hasilnya juga dapat dibanggakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here