Cara Pasang Iklan Di Shopee Supaya Banjir Orderan

0
788

cara pasang iklan di Shopee

Cara pasang iklan di Shopee tidak serumit yang Anda bayangkan. Tinggal masuk ke Seller Centre, lantas buat iklan sesuai keinginan.

Shopee menjadi tempat jualan paling recommended. Alasannya, banyak sekali pencari produk di marketplace tersebut.

Menariknya, hampir tiap hari terjadi transaksi. Tentu saja, ini membuka peluang bagi Anda untuk meraup keuntungan di sana.

Masalahnya, Anda harus bersaing dengan kompetitor. Persaingan ini harus disikapi dengan bijaksana. Jika ingin memenangkan persaingan, toko Anda harus tampil di halaman utama.

Cara paling simpel ialah dengan beriklan. Adanya iklan memungkinkan toko/produk dapat tampil terdepan. Potensinya, pencari produk akan mampir. Tidak jarang jika pelanggan akan melakukan pemesanan.

Jenis Iklan di Shopee

Sebelum mencari tahu tahapan atau cara pasang iklan di Shopee, ada baiknya Anda mengenali jenis iklan yang disediakan marketplace. Setiap jenis memiliki perbedaan dalam segi tampilan. Biasanya, berpengaruh pada konversinya.

Secara umum, tipe iklan di Shopee terbagi menjadi 3. Di antaranya adalah iklan kata kunci, iklan toko serta iklan produk serupa.

Iklan kata kunci termasuk paling populer. Mekanismenya, Anda perlu menentukan keyword yang mewakili produk. Kemudian, mengiklankannya agar muncul saat pencari produk mengetik keyword tersebut.

Sementara iklan toko akan menampilkan detail dari toko. Nama hingga profil toko akan terlihat menonjol. Tentu saja, ini juga membutuhkan beberapa frase untuk pemasangannya.

Kemudian iklan produk serupa ini berkaitan dengan halaman/produk rekomendasi. Ketika seseorang masuk ke toko lain, produk Anda pun terlihat. Yakni menjadi produk alternatif bagi pelanggan yang sedang mencarinya.

Kuncinya terletak pada relevansi. Jika tidak ada keterkaitan, iklan ini tidak muncul. Tetapi bila relevan, iklan ini sangat membantu. Pasalnya, pelanggan yang datang merupakan target spesifik.

Syarat Mengiklankan Produk di Shopee

Untuk menerapkan cara pasang iklan di Shopee, ada persyaratan yang harus Anda penuhi. Jika tidak, Anda tidak dapat melakukannya.

Syarat pertama, Anda harus memiliki toko sendiri. Di sini, buatlah toko dan masukkan sejumlah produk ke dalamnya.

Tenang saja, pembuatan toko ini tidak dipungut biaya. Anda tinggal memanfaatkan layanan gratis tersebut. Yang terpenting, lengkapi profilnya agar terlihat profesional.

Syarat kedua ialah sudah memiliki dompet penjual. Dompet ini ditujukan untuk menyimpan uang. Baik dari hasil penjualan, deposit dan lain sebagainya. Karena nantinya, uang ini yang dialokasikan untuk kebutuhan iklan.

Syarat ketiganya, tidak ada pelanggaran produk. Maksudnya, produk tersebut memang tidak dibanned/dilarang. Jika produk termasuk larangan, Anda tidak dapat mengiklankannya.

Untuk memastikannya, lihat kebijakan dari marketplace tersebut. Maka, Anda akan memahami produk apa yang diperbolehkan dan tidak.

Syarat keempat adalah biaya berlaku setiap ada klik. Ketika pengunjung masuk melalui iklan tersebut, praktis biaya akan berlaku. Semakin besar akses dari iklan, semakin tinggi pula biayanya. Tergantung pada seberapa besar anggaran yang Anda gunakan.

Cara Memasang Iklan di Shopee

cara pasang iklan di Shopee

Penerapan cara pasang iklan di Shopee ini hampir sama langkahnya. Bedanya terletak pada beberapa elemen. Di sini, Kami tunjukkan langkahnya secara umum.

  1. Masuk ke Seller Centre

Awali dengan memasuki halaman seller centre. Login dengan username dan password. Keduanya sudah Anda miliki jika telah terdaftar dalam layanan. Yakni menjadi salah satu penjual di marketplace tersebut.

  1. Tentukan Keyword

Shopee memberi kemudahan dalam pemilihan keyword. Sistem sudah merangkum daftar kata kunci yang cocok untuk produk. Anda bisa memaksimalkannya. Bila Anda memiliki pilihan lain, Anda dapat mengisinya secara manual.

Langkah ini berlaku pada iklan toko dan kata kunci. Khusus untuk periklanan toko, Anda juga perlu memilih profil toko. Usahakan agar profilnya memang mengundang rasa penasaran. Baru ikuti dengan pemilihan keyword.

  1. Tentukan Jenis Produk

Ketika Anda menentukan iklan produk serupa, skip langkah kedua. Anda tinggal memilih menu tambahkan iklan produk serupa.

Di sini, Anda dapat menggunakan sekitar 50 jenis produk. Produk tersebut bisa Anda promosikan lewat iklan.

  1. Tentukan Biaya Iklan

Langkah selanjutnya berkaitan dengan biaya. Anda perlu mengaturnya untuk setiap jenis iklan. Fungsinya untuk memastikan iklan tetap tayang sesuai keinginan.

Aturlah biaya per klik dari setiap iklan. Begitu pula, atur kapan iklan tersebut muncul. Bahkan, Anda dapat mengatur durasi kemunculannya seperti 1 bulan atau seterusnya.

Apabila Anda memiliki dana tidak terbatas, Anda juga bisa memaksimalkan layanan tak terbatas. Biasanya, ini dilakukan oleh pebisnis mapan. Tentunya, punya modal besar dan tujuannya jelas.

Tetapi bila Anda hanya memiliki anggaran kecil, usahakan untuk mengaturnya. Minimal, Anda dapat beriklan hingga memperoleh hasil.

  1. Konfirmasi

Langkah selanjutnya ialah konfirmasi. Ini juga penting untuk diperhatikan. Konfirmasi dilakukan setelah Anda menyelesaikan pengaturan sebelumnya.

Setelah konfirmasi, sistem shopee akan memroses. Iklan mulai tayang sesuai dengan apa yang Anda atur.

  1. Cek Performa Iklan

Langkah terakhir ini sangat berpengaruh. Anda harus memastikan iklan bekerja dengan baik.

Jika tidak dilakukan pengecekan, dikhawatirkan mengalami kerugian. Contohnya, Anda hanya membayar biaya iklan tanpa mendapatkan konversi penjualan. Jadi, Anda merugi setiap kali beriklan.

Tips Pasang Iklan di Shopee

Setiap kali promosi, usahakan untuk merencanakan dengan matang. Jangan sampai cara pasang iklan di Shopee yang mudah malah membuat Anda merugi. Supaya tidak mengalami kondisi demikian, tips beriklan ini akan bermanfaat untuk Anda.

  • Atur Anggaran Iklan

Berapa besar budget yang Anda sediakan untuk beriklan? Putuskan terlebih dahulu. Karena, anggaran inilah yang diperuntukkan untuk promosi.

Gunakan secara bijak. Atur jumlah pengeluaran untuk iklan harian. Bahkan, nominal dalam setiap kali kunjungan.

  • Gunakan Rekomendasi Kata Kunci

Sistem Shopee telah mengumpulkan data terkait pencarian konsumen. Hasil pencarian dengan volume tertinggi sudah terekam. Makanya, shopee dapat mengeluarkan kata kunci rekomendasi.

Sebagai calon pengiklan, gunakan keyword rekomendasi tersebut. Gunakan beberapa keyword dalam satu produk. Dengan begitu, iklan lebih mudah untuk ditemukan oleh pelanggan.

  • Mulai dengan Durasi 2 Minggu

Ketika pertama kali beriklan, atur durasi tayangnya. Ada baiknya jika Anda memulainya dengan durasi 2 minggu penayangan.

Setiap 1 minggu sekali, lihat efektivitas iklan. Dari sini, Anda dapat mengambil kesimpulan. Yakni apakah iklan tersebut berhasil atau tidak.

  • Evaluasi Kinerja Iklan

Evaluasi kinerja dari sebuah iklan harus dilakukan oleh pengiklan. Apalagi, sistem sudah menyediakan alat pelacakan/monitoring.

Lihat jenis iklan yang bekerja dengan baik. Kemudian, perhatikan iklan mana yang jauh dari ekspektasi.

Misalnya iklan rekomendasi yang produknya jarang di akses pelanggan, ada baiknya bila Anda menggantinya. Alihkan budget untuk produk yang paling banyak mendapatkan respons. Dari sini, anggaran Anda tidak terbuang secara percuma.

Sederhananya, Anda perlu melihat kinerjanya. Ketika kurang bagus, segera perbaiki. Tetapi bila berhasil seperti meningkatkan konversi penjualan, Anda bisa melanjutkannya. Bahkan, bisa berinvestasi lebih besar agar hasilnya berlipat.

Itulah cara pasang iklan di Shopee yang tepat. Ikuti langkahnya, lantas lakukan pengujian sampai akhirnya menuai hasil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here