Cara Mendaftarkan Tempat Usaha Anda Menjadi Rekanan OVO

1
103

Memiliki tempat usaha memang banyak dilirik hampir semua orang, mulai dari usaha makanan, minuman, peralatan, tekstil dan beragam usaha lainnya. Jenis usaha tersebut bisa dilakukan oleh smeua orang, asalkan memiliki tekad dan usaha yang keras dalam menjalaninya.

Terlebih jika pengusaha tersebut dapat mengikuti perkembangan zaman, era digital laiknya dewasa ini. Misalnya menggunakan akses internet dalam memesan dan memilih produk, tentu hal ini sangat menguntungkan baik konsumen maupun pemilik usaha.

Memberikan fasilitas tersebut yang serupa misalnya bergabung menjadi rekanan OVO. Konsumen tidak perlu mendatangi tempat usaha secara langsung, cukup duduk di rumah memainkan smartphone sembari menunggu pesanannya tiba.

Apa Itu OVO?

Tentu tidak asing lagi dengan istilah ini, terutama dikalangan para pemuda dan pengusaha bisnis. Bahwa OVO merupakan layanan uang virtual atau elektronik yang di keluarkan secara resmi oleh Bank National NOBU.

Hadirnya ovo ditujukan agar memudahkan dalam segala proses transaksi bagi penggunanya menggunakan smartphone. Menjadi rekanan OVO juga sangat mudah, karena seseorang tidak perlu mendaftarkan diri sebagai nasabah Bank tersebut.

Pasalnya nomor rekening yang yang digunakan otomatis menggunakan nomor handphone. Selain itu rekanan OVO juga tidak dikenakan biaya bulanan seperti halnya Bank-Bank lain, hanya saja tidak memperoleh kartu ATM. Akan tetapi seseorang juga bisa menarik uang tersebut secara cash melalui merchant yang telah bekerja sama dengan OVO.

Keuntungan Menggunakan OVO

Begitu banyak keuntungan yang diperoleh dalam menggunakan OVO. Baik untuk konsumen itu sendiri maupun dari pengelola bisnis yang menjadi rekanan OVO. Seringkali OVO menawarkan beragam diskon, promo dan cashback saat melakukan transaksi.

Lebih dari itu pengguna ovo juga tidak dikenakan biaya tambahan meskipun melakukan transaksi dengan beda Bank. Bahkan pengumpulan poin dapat dilakukan diberagam tempat, dan hasilnya poin tersebut dapat dibelanjakan kemudian.

Langkah-langkah Menjadi Rekanan OVO

Seperti halnya mendaftarkan diri sebagai nasabah Bank Nasional, menjadi rekanan OVO juga memerlukan data-data sebaagi persyaratan bergabung. Untuk mendaftar sebagai rekanan, hal yang perlu dilakukan adalah koneksi internet, nomor HP yang masih aktif, E-mail serta KTP. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Downlod Aplikasi

Langkah pertama dalam mendaftarkan usaha menjadi rekanan OVO adalah dengan mendownload aplikasinya. Melalui aplikasi play store atau AppStore yang lain, tergantung jenis aplikasi apa yang dimiliki. Pastikan sinyal yang digunakan bagus, sehingga dalam proses mendownload tidak terjadi masalah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

2. Memulai

Setelah proses download selesai, pastikan untuk mengikuti langkah selanjutnya yang diberikan melalui aplikasi yang telah di download. Disana akan tertera memulai, pastikan memilih opsi tersebut dan ikuti langkah selanjutnya. Serupa dengan aplikasi-aplikasi lain yang baru di install, disana terdapat beberapa langkah yang harus diikuti sesuai dengan intruksi.

3. Join Now

Jika memang pertama kali mengunduh aplikasi OVO, sudah terpasang dan siap digunakan. Maka langkah selanjutnya adalah dengan memilih Join Now. Ada juga bisa mengunjungi webstie OVO. Opsi ini akan mengarahkan anda agar membuat akun terlebih dahulu, akun tersebut digunakan untuk log in ke aplikasi yang telah terpasang tadi.

4. Melengkapi Data Diri

Langkah selanjutnya yang dipilih kemudian adalah melengkapi data diri, data diri ini akan ditemui pada aplikasi setelah melakukan sign in. Syarat yang paling utama digunakan adalah KTP, karena hal ini menyangkut dengan saldo yang diisi guna bertransaksi.  Pastikan untuk mengisi data diri sesuai dengan KTP yang tertera. Misalnya menyertakan nomor handphone yang masih dan selalu aktif, tambahkan pula alamat E-mail sebagai tambahan data dan verifikasi.

5. Verifikasi Melalui Nomor Handphone

Seluruh data telah dimasukkan, kemudian teliti kembali, pastikan data yang dimasukkan benar dan sesuai dengan KTP. Dari nomor Handphone yang didaftarkan, selanjutnya akan mendapatkan verifikasi melalui nomor tersebut. Kode OTP yang dikirimkan melalui SMS dan masukkan kode tersebut pada perintah yang tertera.

6. Verifikasi Melalui Email

Selain mendapatkan verifikasi dari nomor handphone, pendaftar juga akan mendapatkan verifikasi melalui Email yang telah didaftarkan. Jika tidak ada pemberitahuan otomatis dari email, maka bukalah email dan lakukan refresh agar verifikasi dapat masuk. Pastikan untuk memilih verifikasi email sembari mengikuti langkah yang diperintahkan selanjutnya. Disana juga akan diperintahkan memasukkan PIN yang digunakan untuk masuk ke aplikasi OVO.

Fitur-Fitur Yang Harus Dipahami Dalam Aplikasi OVO

Meskipun uang elektronik ini terbilang baru dan hampir semua orang memahaminya. Namun terkadang ada beberapa fitur dalam aplikasi OVO yang tidak dipahami fungsi dan tujuannya. Oleh sebab itu simak ulasan berikut tentang fitur-fitur tersebut.

1. Home

Salah satu fitur yang ada dalam aplikasi OVO adalah Home, merupakan fitur yang menjelaskan secara umum struktur aplikasi ini. Fitur ini menjelaskan tentang jumlah OVO Cash maupun OVO point yang dimiliki oleh pemilik akun. Selain itu fitur ini juga memiliki beberapa sub menu, misalnya transfer yang digunakan untuk saling mentransfer ke sesama pengguna OVO atau ke rekening Bank lain.

Scan merupakan fitur yang digunakan untuk scan kode QR dalam melakukan pembayaran. Dan OVO ID merupakan fitur yang berisi kode tentang identitas pengguna yang disajikan dalam bentuk kode QR maupun barcode.

2. Deals

Merupakan fitur yang paling idaman diantara fitur lainnya, sebab dalam fitur ini memberikan informasi menarik tentang promo terkini. Beragam promo menarik yang disajikan OVO bersama dengan merchant rekanan bisnisnya. Sehingga pengguna akan semakin tertarik menggunakan jenis aplikasi ini.

Semakin sering menggunakan aplikasi ini, semakin sering pula mendapatkan promo-promo menarik. Adapun promo ini terbagi menjadi beberapa bagian. Bagian pertama cashback lagi dan lagi, kemudian kolom kebahagiaan, selanjutnya “Yang favorit dan irit”, terakhir adalah kategori nikmat dunia lainnya.

3. Finance

Tujuan dari fitur ini digunakan untuk memberikan layanan investasi kepada penggunanya. Pasalnya keuntungan yang diberikannya sejumlah 7 persen setiap tahunnya. Bahkan jumlah investasi bisa dimulai hanya dengan nominal Rp 10.000. selain itu dalam fitur ini juga disediakan ayanan budget yang difungsikan sebagai mengelola pengeluaran menggunakan dompet virtual atau OVO ini.

4. Wallet

Sebagai identias pemilik akun resmi, OVO juga menyediakan fitur wallet yang didalamnya menunjukkan kartu keanggotaan. Biasanya kartu tersebut berwarna ungu yang didalamnya mencakup identias nama beserta nomor keanggotan yang dimiliki oleh pengguna.

5. History

Fitur yang terakhir ini merupakan fitur yang menunjukkan histori atau riwayat selama menggunakan dompet virtual ini. Beragam riwayat yang telah dilakukan pengguna hingga saat ini, baik yang dilakukan dengan OVO Cash maupun menggunakan OVO Points. Sehingga pengguna bisa memperkirakan kapan, berapa dan jenis apa saya pembayaran yang telah dilakukannya.

Dengan beragam informasi yang berkaitan dengan OVO tersebut diatas dapat diketahui bahwa jenis aplikasi ini banyak memudahkan penggunanya. Bahkan dalam mendaftarkan diri sebaagi rekananpun tidaklah sulit.

Cukup menyiapkan identitas diri berupa KTP, nomor handphone dan beberapa dokumen pendukung lain. Selain itu dalam mendaftarkan sebagai rekanan OVO, tidak hanya bisa digunakan bertransaksi secara virtual saja. Lebih dari itu OVO juga bisa digunakan untuk segala jenis pembayaran-pembayaran yang telah mendukung menggunakan aplikasi ini.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here