Langkah Demi Langkah Cara Mengikuti Training Facebook Gratis

0
81

Di era digital ini, sangat disayangkan jika anda belum mengerti tentang ilmu digital marketing. Para pebisnis tidak bisa bersantai-santai, anda harus terus belajar untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi diri agar mampu mengimbangi persaingan yang semakin ketat. Banyak senjata yang dapat digunakan untuk berjualan di dunia online seperti dengan SEO, marketplace, dan media sosial.

The Power of Facebook

Media sosial seperti facebook, whatsapp dan instagram, masing-masing memiliki kekuatan tersendiri. Yang terpernting, anda tidak boleh melewatkan begitu saja ranah yang yang paling potensial untuk anda.

Facebook merupakan sosial media yang masih sangat banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia. Jika anda pengguna aktif facebook anda dapat mendalami ilmu marketing facebook.

Selain digunakan sebagai media komunikasi pribadi, facebook ini menyediakan fitur untuk berbisnis dengan membuat fan page dan mempromosikan produk maupun jasa yang mereka punya dengan facebook ads. Facebook ads ini menarik.

Para pengiklan dapat mengatur secara jelas target pasar yang mereka inginkan agar iklan tersebut efektif dan tepat sasaran. Pengaturan target pasar yang ingin di tuju contohnya dengan mengatur wilayah geografi, jenis kelamin, umur, pendidikan, dll.

Anda Perlu Tutor!

Banyak orang diluar sana yang belum tahu bagaimana cara memaksimalkan fitur promosi dengan facebook ads ini. Akibatnya bisnis mereka tetap tidak mengalami peningkatan.

Selain itu rugi, karena uang terbuang untuk memasang iklan tetapi target yang di jaring tidak menjangkau orang yang tepat. Orang tersebut tidak tertarik karena produk iklan yang dilihat tidak mereka butuhkan.

Untuk mengatasi hal tersebut anda perlu mendalami cara advertising di facebook dengan orang-orang yang sudah ahli. Ya, anda harus memiliki tutor untuk membimbing untuk melakukan tahap demi tahap sampai anda paham dan mampu menganalisis sendiri aktivitas pemasaran yang sedang dilakukan.

Salah satu Training yang punya ribuan member www.traininggratis.com

Gunakan video tutorial untuk mempraktekkan ilmu pemasaran tersebut. Kalau anda belum punya uang dan anda benar-benar niat belajar, pakai yang gratisan juga ada.

Training Facebook Ads Gratis

Jika anda searching mengenai pembelajaran facebook ads, banyak website yang menawarkan kursus atau training, mulai dari yang berbayar jutaan rupiah sampai yang gratis. Ada training facebook ads offline, dimana pelaksanaannya 2-3 hari, ada juga yang online. Kalau anda ingin mempelajari ilmu pemasaran digital tetapi belum memiliki cukup uang untuk belajar yang berbayar, anda dapat mengikuti training online gratis. Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda ikuti untuk mempelajari ilmu marketing.

#Giat Searching

Belajar ilmu marketing secara gratis dapat anda mulai dengan cara googling. Google adalah gudangnya informasi, jangan anda sia-siakan. Kalau anda lebih suka tutorial dengan yotutube, lakukan.

Selain itu, Anda juga bisa mencari menggunakan facebook search dengan syntax sederhana. Contohnya “notes about facebook ads”. Dari sana anda dapat belajar bagaimana orang-orang menjalankan bisnis mereka menggunakan facebook ads.

Sebelumnya disebutkan bahwa anda perlu tutor. Yap, tutor ini tidak harus bertemu langsung. Anda dapat mempelajari artikel-artikel yang dibuat oleh pakar marketing yang sudah terkenal. Seperti Nofi Bayu Darmawan, Hari Agung Darmawan, dll.

Anda juga dapat mempelajari tutorial lengkap membuat Facebook ads yang tersebar di google dan youtube. Fokuskan dan niatkan diri anda untuk benar-benar menguasai ilmu ini.

#Perhatikan Hal Penting Sebelum Menggunakan Facebook Ads

Asal jual dan asal iklan produk tidak akan membuat bisnis anda sukses. Banyak pebisnis yang gagal karena tidak menguasai manfaat inti dan kelebihan produk yang dia punya. Tidak menjelaskan value produk, pentingnya produk, mengapa produk itu unik, terbaik dan cocok untuk mereka.

Dalam membangun suatu bisnis, temukan dan ciptakan dahulu value dari sebuah produk yang akan anda jual. Setelah itu, jangan salah menentukan penerima manfaat produk anda. Buat daftar terperinci kira-kira siapa orang yang akan berterimakasih karena produk anda.

#Kuasai 4 Hal Ini, Belajar Facebook Ads Simple Tetapi Tidak Mudah

Benar jika dikatakan bahwa mempelajari facebook ads sedikit rumit. Tidak perlu berkecil hati, jika anda tekun anda akan semakin ahli. Secara garis besar, setelah mempelajari facebook ads anda akan menguasai 4 hal, yaitu:

  • Mampu merencanakan iklan, apa goal yang ingin anda capai, apa indikator iklan anda berhasil.
  • Cara memasang iklan, bagaimana cara peletakkan iklan di facebook ads.
  • Cara membaca laporan hasil iklan, disini anda akan mempelelajari banyak istilah seperti CPM, CTR, CPC, CTA, dll.
  • Dapat menganalisa hasil iklan, anda akan mengetahui apakah iklan anda masih layak dilanjutkan atau tidak, apakah hasilnya sesuai rencana atau tidak.

Selain itu, anda harus mampu mengamati iklan-iklan lain yang muncul di timeline anda. Mengapa ada iklan yang responnya sangat baik dan kenapa ada yang tidak. Amati juga apa yang sedang menjadi trend dikalangan pemirsa.

#Menggunakan Akun Business Manager

Bussinis manager merupakan tempat kita mengelola berbagai fitur bisnis di facebook. Mulai dari akun iklan, akun instagram, fanspage, dll. lakukan pendaftaran di http://business.facebook.com kemudian pelajari baik-baik apa saja yang perlu diset pada business manager ini.

Lalu anda harus membuat ad account dan membuat pixel agar siap mengiklankan produk anda. Pelajarilah dengan bantuan tutorial yang ada di internet. Jangan lupa juga untuk mengatur metode pembayaran iklan facebook.

#Membuat Campaign Facebook Ads

Sebelum beriklan, anda perlu melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui target iklan anda. Anda dapat menggunakan fitur yang disediakan oleh facebook, yaitu fitur facebook insight. https://www.facebook.com/ads/audience-insight

#Lakukan Split Test

Jangan takut, malas dan pelit untuk melakukan test dan retest. Memang harus berkorban dahulu untuk mendapatkan sesuatu yang lebih besar. Split testing digunakan untuk mendapatkan komposisi yang paling optimal dalam mempengaruhi buying decision seseorang. Anda akan menemukan campaign yang sukses setelah berkali-kali gagal dan rugi.

Anda dapat membuat 4 ads set yang berbeda komposisi dan tampilan situs, landing page, atau isi iklan seperti layout, gambar dan warna. Analisa dan temukan mana iklan yang tepat, mana iklan yang sukses menghasilkan penjualan.

#Manfaatkan Facebook Pixel

Facebook Pixel ini dapat anda buat di akun business manager. Pixel merupakan script yang merekam dan menangkap aktivitas user yang mengunjungi website yang telah dipasang pixel. Sehingga pixel inilah yang memberikan data mengenai aktivitas user yang dapat berfungsi untuk retargeting, list building, dan looklike audience.

#Belajar Cara Membuat Iklan yang Tepat

Membuat banyak iklan tetapi dengan konten yang sama tidak akan asyik. Anda dapat mencari di artikel tentang ulasan membuat orang tertarik dengan iklan yang kita buat. Catat informasi sedetail mungkin untuk bedah strategi iklan di fb ads. Banyak informasi bagus yang akan anda dapatkan. Praktekkan ketika anda mendapatkan informasi tersebut. Buktikan sendiri kemanjuran tips-tips mereka.

Inilah penjelasan mengenai cara mengikuti training facebook ads gratis secara tahap demi tahap. Banyak para pebisnis sukses yang juga belajar FB ads secara gratis. Ada pebisnis yang mengatakan, 60% ilmu marketing yang saya pelajari adalah gratis dengan mencari panduan tutorial di internet. Sangat luar biasa bukan. Tekun dan bersungguh-sungguh membawa kesuksesan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here