Cara Gampang Memiliki Hotel Virtual Bersama OYO

0
64

Seiring berkembangnya teknologi, berbanding lurus dengan bisnis perhotelan di Indonesia yang semakin banyak memberi peluang bagi sebagian orang. Para pengusaha dan investor memanfaatkan momen ini untuk semakin mengembangkan bisnis perhotelan yang semakin banyak peminatnya.

Selain itu munculnya startup jaringan hotel dan beberapa perusahan hotel lainnya semakin memudahkan owner hotel untuk memasarkan hotel yang dimiliki. Diantara perusahaan tersebut oyo room merupakan salah satu jaringan perhotelan yang banyak menyita perhatian  para pengusaha hotel ataupun investor.

Sebab capaiannya mampu merambah ke beberapa negara bahkan di Indonesia sendiri, dalam waktu relatif singkat telah mengalami perkembangan sangat pesat.

Mengenal OYO Room

OYO Room merupakan sebuah jaringan yang menyediakan layanan perhotelan dan dikenal sebagai hotel hemat di India. Bisnis ini bermula pada tahun 2013 oleh seorang yang berasal dari India bernama Ritesh Agarwai.

Sejak saat itu bisnis tersebut juga berkembang sampai ke negara India, negara Nepal, Cina serta di Indonesia. Produk yang disediakan hotel virtual OYO ini disajikan kepada masyarakat menengah kebawah serta keatas.

Sehingga capaiannya dapat dirasakan hampir seluruh elemen masyarakat. Bahkan jika seseorang ingin bergabung dengan bisnis hotel virtual ini sangatlah mudah, karena bisa memilih yang sesuai dengan kemampuan masing-masing. Adapaun produk yang disediakan oleh OYO Room ini antara lain:

1. OYO Townhouse

Sesuai dengan istilah yang melekat padanya, bahwa jenis produk ini memberikan layanan premium kepada pelanggannya. Baik tentang fasiitas, layanan hingga akomodasi yang dibebankan, namun beban akomodasi berbanding lurus dengan layanan yang diperolehnya. Target yang dicapai dari bisnis ini juga ditujukan kepada wisatawan millenial kelas menengah, dengan akomodasi yang dibebankan adalah ekonomi premium.

2. OYO Home

Jenis produk ini lebih sederhana dibandingkan dengan OYO Townhouse, sasaran yang dituju adalah masyarakat menengah kebawah. Meskipun tidak menutupkemungkinan masyarakat kelas menengah keatas juga hendak mencobanya. Sistem yang digunakan berkonsep rumah-rumah pedesaan pribadi yang dimiliki oleh masyarakat. Namun

3. SilverKey

Berkaitan dengan produk ini bermula pada bulan april 2018, disediakan untuk memenuhi kebutuhan pelancong bisnis. Dalam perjalanan yang dilakukan dalam jangka waktu pendek maupun panjang, disediakan dengan beragam fasilitas dan akomodasi yang berbeda pula.

4. Palette

Dalam produk ini menyediakan fasilitas menarik bagi pengunjung, sehingga wisatawan dapat menikmati liburan sangat berkesan. Karena jenis produk ini disediakan masyarakat kelas atas yang hendak menikmati liburan dengan kualitas sangat premium. Tentu dalam produk ini mematok harga yang sesuai dengan kualitas yang ditawarkan.

5. Collection O

Kategori dalam produk ini merupakan produk baru dari hotel OYO yang memenuhi persyaratan. Cocok bagi pelancong yang menjalankan bisnis dengan cerdas. Dapat disesuaikan dengan waktu yang ditetapkan baik dalam jangka waktu yang singkat maupun panjang. Tergantung dengan budget yang telah dipersiapkan.

6. OYO Life

Diperuntukkan kepada para kalangan millenial muda dan profesional yang membutuhkan hunian dengan sistem persewaan jangka panjang. Hunian ini dalam bentuk rumah yang dapat dikelola secara penuh oleh penyewanya. Harga yang ditetapkan dalam kategori ini terjangkau dengan fasilitas dan prasarana yang sesuai.

Bagaimana Mekanisme Bisnis Hotel OYO

Jaringan perhotelan ini hadir bukan sebagai kompetitor bagi hotel-hotel virtual lainnya. Melainkan sebagai mitra bisnis dalam distribusi kamar. Telah banyak pengakuan dari para mitra bahwa dalam setiap harinya okupansi naik dari 28% menjadi 92% pasca masuk jaringan OYO.

Bahkan dalam rating hotel juga mengalami peningkatan hingga bintang empat. Sedangkan model bisnis ini diterapkan bahwa pemilik properti yang bermitra dengannya beroperasi dengan cara mengadopsi model manchise (managemen franchise). Adapun kontrol dan managemen hotel dipegang secara penuh oyo, penerapan ini juga berlaku di India dan Tiongkok.

Menerapkan akad sewa yang dinyatakan dalam perjanjian sewa dengan pemilik properti dengan kesepakatan franchise. Secara umum oyo mengutip 20% yang diambil dari total pendapatan hotel dalam skema perjanjian sewa. Adapun tentang pemilihan properti oyo mengukurnya dari segi ruang tidur, kamar mandi, luas lobi dan beberapa ruang lainnya. Namun yang terpenting adalah lokasinya harus strategis dan mudah dijangkau.

Alasan Memilih OYO sebagai Partner Bisnis Hotel Virtual

Dibawah ini dijelaskan alasan mengapa pengusaha hotel serta investor memilih oyo sebagai partner dalam pengembangan bisnis yang dimiliki. Berikut penjelasannya:

1. Sarana Pengembangan Hotel

Oyo merupakan contoh secara nyata dari sebuah pengembangan serta bertransformasi secara berkualitas. Memiliki jumlah investasi minimum yang telah diterapkan pada lebih dari 1.000 properti. Memiliki 100 ahli transformasi oyo yang selalu berusaha melakukan pengembangan properti menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Lebih dari itu oyo juga melakukan kerjasama dengan endor-vendor yang membantunya dalam proses transformasi semakin baik dan berkualitas.

2. Dapat Memaksimalkan Tenaga Operasional Hotel

Keuntungan yang diperoleh selanjutnya berkaitan dengan oyo captain yang merupakan tenaga ahli yang membantu properti menghadapi permasalahan opersional. Misalnya tentang feedback pelanggan, melatih karyawan dalam menggunakan teknologi dan memastikan staff mampu memberikan kesan kepada pelanggan sesuai dengan standar. Sebagai sarana pemeliharan fasilitas, oyo juga melakukan audit secara rutin dan mencegah adanya kebocoran pendapatan.

3. Menawarkan Layanan Teknologi Canggih

kelebihan ini dalam bentuk sistem hotel  yang mudah dan canggih digunakan dalam reservasi kamar, operasional serta managemen pengadaan. Disediakan pula aplikasi yang dipegang oleh pemilik properti dalam memantau perkembangan hotel, tentang status properti, current pricing serta penjualan kamar.

4. Meningkatkan Pendapatkan Hotel

Melalui jaringan dynamic pricing, oyo membantu dalam memberikan penetapan harga yang sesuai dengan wilayah serta permintaan di area properti. Sehingga dapat disesuaikan dengan presentase okupansi properti tersebut. Peningkatan okupansi, oyo dapat menjamin adanya kenaikan harga rata-rata properti yang dimiliki hotel. Lebih dari itu oyo juga melakukan penjualan properti hotel pada berbagai kanal penjualan. Dari berbagai kanal tersebut, oyo membantu hotel owner dalam meraih pelanggan dari beragam kalangan.

5. Dapat Memberikan Perlindukan Bisnis Hotel

Sudah menjadi hal biasa bahwa bisnis hotel mengalami kenaikan dan penurunan, artinya pasang surutnya bisnis sudah menjadi hal biasa. Namun oyo memiliki peran dalam memastikan kelangsungan bisnis hotel owner, menerapkan akses distribusi oyo dapat meningkatkan pendapatan hotel secara konsisten.

6. Properti Yang Berbeda Dengan Lainnya

Hal yang menjadi daya tarik salah satunya adalah tampilan produk yang dimiliki berbeda dengan keumuman. Oleh sebab itu oyo mampu memberikan tampilan menarik terhadap properti hotel sehingga dapat meningkatkan keinginan pelanggan dalam memilih properti hotel. Terdapat tim transformasi dalam oyo, yang memiliki peran membantu memberikan tampilan baru kepada para properti hotel dengan akomodasi terjangkau.

7. Memberikan Transparansi Penuh

Adanya transparansi dalam hubungan kerjasama bisnis adalah hal yang sangat penting diantara owner (pemilik properti) dan Oyo. Penerapannya owner hotel akan mendapatkan laporan harian maupun bulanan. Hal ini dimaksudkan agar owner dapat melakukan proses audit internal dan dapat melakukan kontrol perkembangan bisnis hotel.

Itulah beberapa alasan mengapa owner hotel memilih bergabung bersama oyo rooms sebagao partner bisnis hotel. Dengan cara mudah namun keuntungan maksimal, tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pebisnis-pebisnis hotel dalam menjangkau pasar semakin luas. Terlebih bentuk usaha ini masih menjadi buah bibir masyarakat baru-baru ini, alhasil mencoba menerapkannya akan sangat menjanjikan.

Sebagai alternatif hotel virtual lainnya anda bisa memilih menjadi partner Airy Rooms sebagai mitra usaha anda untuk membangun assets melalui hotel virtual

Apapun pilihan anda itulah yang terbaik buat anda dan segera maksimalkan potensi yang anda

Sukses membangun bisnis!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here