Cara Membuka Usaha Travel Sendiri Dengan Modal Minim

0
817

cara membuka usaha travel sendiri

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa membuka bisnis travel itu memerlukan modal tidak sedikit. Padahal, kenyataannya tidak sama sekali. Anda bisa menjalankannya meskipun modalnya minim. Lantas, bagaimana cara membuka usaha travel sendiri tersebut?

Perlu digarisbawahi, traveling sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Traveling dianggap sebagai solusi untuk mengembalikan semangat menjalani rutinitas. Pasalnya, bepergian ke suatu tempat setidaknya dapat menyegarkan pikiran dan mengembalikan mood.

Sejalan dengan kebutuhan tersebut, aktivitas tersebut membuka jalan bagi orang untuk menyediakan layanan transportasi. Tepatnya melengkapi kebutuhan perjalanan dari seseorang yang hendak berlibur ke tempat yang jauh.

Penyediaan layanan ini tentu saja sangat menguntungkan. Tidak mengherankan jika sebagian orang tertarik untuk menekuninya meskipun persaingannya cukup tinggi.

Nah, kali ini Kami akan berbagi informasi tentang cara membuka usaha travel sendiri. Sebelum itu, kenali apa saja kelebihan dan jenis bisnis yang bisa dijalankan berikut ini.

Kelebihan Bisnis Travel

Bisnis travel nyatanya dilirik oleh sebagian orang. Terlebih ketika seseorang memiliki kendaraan roda empat. Alasannya tidak lepas dari kelebihan bisnis itu sendiri. Di antara kelebihannya sebagai berikut.

  • Pasar Luas

Bicara mengenai target pasar, orang yang membutuhkan travel terbilang sangat besar. Penggunaan jasa tidak melulu pada aktivitas berlibur ke lokasi wisata saja. Tetapi juga bepergian ke rumah kerabat yang jauh, bepergian untuk acara pernikahan dan lain sebagainya.

Ini berarti bahwa travel ini memiliki jangkauan luas dalam mengantarkan orang. Dan ini tidak hanya sebatas menunggu momen. Karena Anda dapat memperoleh pelanggan di tiap harinya.

  • Bisa Dibangun di Mana Saja

Bisnis yang bergerak di bidang layanan transportasi ini sebenarnya tidak terikat oleh tempat. Anda tidak harus memiliki kantor. Tetapi, Anda masih bisa menjalankannya meskipun dari rumah.

  • Usaha Sepanjang Masa

Kelangsungan usaha ini masih sangat terukur. Anda tidak perlu khawatir jika bisnis ini sepi pelanggan. Karena, kebutuhan akan layanan transportasi termasuk yang utama.

Hanya saja, bisnis ini akan mengalami pasang surut dalam hal pemasukan. Contohnya mengalami kenaikan omzet pada musim liburan.

Meskipun begitu, layanan ini tetap dapat berjalan normal di hari biasa. Pasalnya, masih ada pelanggan yang datang untuk memanfaatkan layanan tersebut. Misalnya memesan travel untuk keperluan ke suatu acara dan lain sebagainya.

Jenis Bisnis Travel

Sebelum masuk ke pembahasan cara membuka usaha travel sendiri, Anda perlu mengetahui jenis layanan yang ada dalam usaha tersebut. Jenis ini bisa Anda putuskan sebagai fokus utama layanan.

  1. Rental Kendaraan

Jenis pertama ini terbilang sangat menjanjikan. Anda hanya bertugas sebagai penyedia kendaraan. Masyarakat yang membutuhkan bakalan datang untuk menyewa sesuai harga sewa.

Pada praktiknya, Anda bisa membukanya sendiri. Bisa juga menjadi agen dari perusahaan lain.

  1. Paket Perjalanan Wisata

Jenis kedua ialah sebagai pemandu wisata. Jelas, fokus utama Anda adalah menyediakan transportasi perjalanan wisata.

Pada kasus seperti ini, Anda perlu mengetahui seluk beluk obyek wisata. Bahkan, menjalin kerja sama dengan pengelolanya.

Anda pun memerlukan seorang sopir yang terampil. Setidaknya sopir tahu betul mengenai rutenya. Dengan begitu, perjalanan wisata sesuai paket dapat ditempuh secara tepat waktu.

  1. Ticketing

Bisnis ini mengedepankan pada penjualan tiket. Baik itu kendaraan roda empat, pesawat, kapal, hingga kereta api.

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda perlu menjalin kerja sama dengan perusahaan penyedia tiket tersebut. Artinya, Anda hanya bertindak sebagai agen atau pemasar.

Usaha seperti ini lebih menguntungkan. Selain modalnya minim, keuntungannya maksimal.

Selain yang disebutkan ini, masih banyak variasi bisnis di bidang travel. Anda hanya perlu menentukan jenis mana yang mudah dijalankan pertama kali. Jika mulai berkembang, Anda tinggal memajukan atau memperluas lini bisnisnya.

Cara Membuka Bisnis Travel

cara membuka usaha travel sendiri

Kemauan dan kemampuan melobby menjadi pendukung keberhasilan dari bisnis. Jika Anda memilikinya, Anda dapat memaksimalkan peluang usaha tersebut. Untuk cara membuka usaha travel sendiri bisa dilihat dari tahapan berikut ini.

  1. Tentukan Jenis Layanan

Langkah awalnya ialah menentukan jenis layanan. Penentuan jenis ini bakalan memudahkan Anda dalam mempelajari beberapa hal terkait kelangsungan usaha.

Diketahui bahwa jenis ini cukup banyak. Meliputi ticketing, travel antar kota, travel pariwisata dan lain sebagainya.

Silahkan tentukan sendiri jenisnya. Kemudian, pelajari hal yang dibutuhkan untuk menunjang bisnis. Dengan begitu, Anda dapat membuat perencanaan yang matang terkait usaha.

  1. Buat Profil Bisnis

Langkah selanjutnya ialah membuat profil bisnis. Anda bisa mengawalinya dengan membuat nama. Usahakan agar nama ini unik dan mudah diingat oleh seseorang.

Setelah itu, tuliskan profil usaha yang mewakili layanan. Contohnya ialah menjelaskan tentang apa yang Anda tawarkan dalam bisnis.

Profil usaha yang jelas akan membuat orang lebih kenal. Ketika seseorang membutuhkannya, seseorang akan datang untuk memanfaatkan layanan.

  1. Petakan Tujuan Perjalanan

Perlu diketahui bahwa pengguna layanan membutuhkan informasi terkait lokasi yang bisa dijangkau oleh penyedia jasa travel. Begitu pula dengan jalur yang akan dilewati selama perjalanan.

Pengguna kebanyakan memilih travel yang dapat mengantarkannya lebih cepat. Rute perjalanan yang dinilai cepat memungkinkan pelanggan lebih tertarik.

Berbeda jika alurnya memakan waktu lebih lama, pengguna jasa biasanya akan memikirkannya dua kali. Terlebih jika penggunanya termasuk orang yang tidak menyukai berlama-lama di atas kendaraan.

Sebagai gambaran, jelaskan informasi tersebut. Upayakan agar Anda memetakannya sesuai dengan apa yang dicari pelanggan. Maka, Anda bakalan memperoleh pelanggan dengan mudah.

  1. Buat Paket Perjalanan

Pembuatan paket perjalanan ini menjadi bagian dari strategi untuk menarik pelanggan. Paket tersebut memungkinkan pelanggan dalam menentukan jenis layanan.

Setidaknya, ada 3 jenis paket yang bisa Anda gunakan. Pertama ialah paket murah untuk rombongan. Paket seperti ini mengedepankan pada jumlah kelompok pengguna jasa. Ini tentu saja membuat Anda lebih cepat dalam mengantongi pemasukan.

Paket kedua ialah durasi dalam perjalanan wisata. Paket ini juga sangat menjanjikan. Misalnya membuat paket liburan 3 hari 2 malam.

Paket ketiga adalah perjalanan ke beberapa lokasi wisata. Paket seperti ini perlu diperhitungkan. Anda bisa memperoleh pelanggan ketika dalam paket tertera tempat yang paling diinginkan oleh pelanggan.

Selain paket tersebut, Anda juga bisa menyediakan layanan normal. Misalnya mengantar pengguna jasa ke suatu lokasi sekali jalan.

  1. Promosi Bisnis

Setelah semuanya terencana, saatnya Anda mempromosikan bisnis. Kenalkan layanan tersebut kepada khalayak ramai.

Untuk medianya bisa apa saja. Mulai dari kartu nama bisnis, brosur, hingga media elektronik dan sosial media.

Manfaatkan seluruh media supaya bisnis tersebut lebih mudah dikenali oleh masyarakat. Setelah mendapati pelanggan, Anda tinggal memberikan pelayanan maksimal pada pelanggan.

Bagusnya pelayanan memungkinkan bisnis dapat berjalan dengan baik. Secara tidak langsung, layanan ini dapat mengikat konsumen lama. Begitu pula mendatangkan pelanggan baru di mana promosinya dibantu oleh pelanggan lama.

Demikianlah ulasan tentang cara membuka usaha travel sendiri. Supaya tidak terbebani oleh modal, awali bisnis dari lingkungan sekitar. Kemudian tingkatkan ketika mulai mendapati kemajuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here