Peluang Bisnis Steam Motor Dan Cara Menjalankannya

0
593

bisnis steam motor

Di tengah kebutuhan hidup yang semakin tinggi, seseorang dituntut untuk lebih kreatif. Kreativitasnya bisa diwujudkan dengan membuka lahan pekerjaan sendiri. Salah satunya ialah merintis bisnis steam motor.

Rintisan usaha ini nyatanya cukup menggiurkan. Peluangnya masih terbuka meskipun cukup banyak pelaku usaha yang membuka lebih dulu.

Alasannya, kepemilikan sepeda motor di tengah masyarakat sangatlah tinggi. Bahkan satu keluarga biasanya memiliki lebih dari satu buah kendaraan.

Ini sekaligus menjelaskan bahwa ada peluang bisnis yang berkaitan dengan sepeda motor. Mulai dari jualan spare part, bengkel, hingga pencucian motor.

Di sini, Kami hanya akan mengulas tentang layanan steam atau cuci motor. Kami akan menunjukkan kelebihan serta kekurangan. Begitu pula, cara menjalankannya agar berhasil mendatangkan pelanggan.

Apa Itu Steam Motor?

Sebelum mengulas tentang bisnis steam motor secara detail, ada baiknya Anda memahami apa yang disebut dengan steam motor. Ini merupakan istilah dari jasa cuci kendaraan roda dua dengan memanfaatkan alat bertekanan tinggi untuk menyemprotkan air.

Mesin penyemprot digunakan untuk merontokkan berbagai debu atau kotoran yang menempel pada kendaraan. Fungsi ini dapat berjalan maksimal lantaran tekanannya sangat tinggi.

Fungsi tersebut sekaligus membantu Anda sebagai pengusaha untuk memudahkan kinerja. Setidaknya, hasil cucian ini akan lebih bersih. Apalagi ketika didukung dengan sejumlah peralatan cuci seperti sikat dan semacamnya.

Menariknya, bisnis ini cukup menggiurkan. Ini merujuk pada fakta bahwa pemilik kendaraan tidak ingin melihat asetnya dalam keadaan kotor. Dan kebanyakan dari masyarakat yang sibuk tidak memiliki waktu untuk melakukannya sendiri.

Solusinya ialah memaksimalkan layanan jasa untuk mencuci kendaraan tersebut. Apalagi, layanan ini cukup murah. Dan hasilnya sesuai dengan harapan dari pemiliknya.

Sederhananya, permintaan akan layanan jasa tersebut sangat tinggi. Jadi, tidak salah jika peluang ini bisa dimaksimalkan untuk mendapatkan pundi-pundi uang di tiap harinya. Terlebih ketika memasuki musim penghujan.

Kelebihan dari Usaha Steam Motor

Merintis usaha cuci kendaraan roda dua ini memiliki banyak kelebihan. Kelebihan yang utama ialah pelanggannya lebih luas. Anda tidak mengalami kesulitan untuk menemukannya lantaran pelanggan sudah ada di sekitar Anda.

Selain itu, lahan yang dibutuhkan untuk tempat usaha tidak perlu luas. Anda bisa memaksimalkan lahan sempit. Yang terpenting, lahan ini cukup untuk menampung beberapa kendaraan yang ingin dicuci.

Ini berarti bahwa Anda juga dapat meminimalkan biaya. Khususnya ketika Anda menggunakan lahan dengan cara sewa. Karena luasnya yang tak seberapa berpengaruh pada nilai sewa itu sendiri.

Kemudian kelebihan lainnya ialah modalnya lebih kecil. Anda hanya butuh tempat, peralatan mencuci atau mesin steam, hingga air. Modal awal biasanya hanya sekitar 5 juta rupiah, mengecualikan sewa tempat.

Selain itu, potensi berkembangnya bisnis steam motor cukup besar. Ketika berhasil menjalankannya, Anda dapat membuka cabang baru di tempat lain. Toh, modalnya kecil dan bisa diperoleh dari keuntungan bisnis pertama.

Kekurangan Bisnis Pencucian Motor

Perlu disadari bahwa setiap bisnis memiliki kekurangan. Tidak terkecuali dengan layanan cuci motor.

Salah satu kelemahannya terletak pada pendapatannya yang tidak stabil. Artinya, pendapatan bisa naik turun di tiap bulannya.

Musim memiliki pengaruh yang kuat untuk perjalanan bisnis tersebut. Contohnya musim penghujan, potensi untuk memperoleh pelanggan jauh lebih besar. Alasannya, kendaraan lebih mudah kotor.

Sebaliknya ketika memasuki musim kemarau, penurunan pelanggan akan dirasakan. Karena, kendaraan biasanya masih dalam kondisi bersih.

Kalaupun kotor, pembersihannya lebih mudah. Dan ini biasanya dapat dilakukan sendiri oleh pemiliknya. Jadi, kunjungan pelanggan akan menurun kecuali bila pelanggan tersebut memang tidak memiliki waktu untuk melakukannya sendiri.

Kekurangan lainnya ialah sering berganti karyawan. Penyebabnya ialah karyawan sering tidak betah. Tentunya kejenuhan dari aktivitas yang monoton serta pemasukan kurang menjadi alasan utamanya.

Meskipun begitu, bukan tidak mungkin jika Anda dapat meminimalkannya. Karena, setiap hal ada solusinya. Jadi, Anda harus mengevaluasi agar karyawan lebih betah untuk bekerja di tempat Anda.

Tips Menjalankan Bisnis Steam Motor

bisnis steam motor

Ketekunan dalam menjalankan bisnis steam motor dapat membawa keberhasilan. Namun begitu, Anda juga perlu mengimbanginya dengan beberapa hal. Tips berikut ini bisa Anda terapkan untuk mendukung kesuksesan usaha.

  1. Pelajari Teknik Mencuci Motor

Sekilas, mencuci kendaraan sangatlah mudah. Cukup dengan menyemprot, membilas hingga mengeringkannya. Tetapi, apakah sesederhana itu?

Ingat, Anda sedang memberikan layanan jasa pada pelanggan. Kebersihan memang faktor paling mendasar. Hanya saja, perhatikan bahwa layanan ini memang memberikan tingkat keamanan bagi kendaraan itu sendiri.

Faktanya, ada kemungkinan bahwa kendaraan bisa saja mengalami permasalahan setelah dicuci. Ini bisa berupa sulit untuk dihidupkan, hingga hasil cuciannya membuat mesin mudah berkarat.

Di sini, Anda seharusnya memahami bagian mana yang harusnya tidak disentuh. Kalaupun terlihat kotor, upayakan untuk membersihkannya dengan cara yang tepat. Tujuannya untuk meminimalkan keluhan dari pelanggan.

  1. Usahakan Membukanya di Tempat Strategis

Dalam membangun bisnis steam motor, lokasi usaha sangatlah berpengaruh. Karena kenyataannya, pelanggan yang ingin mencuci kendaraan akan mengunjungi tempat usaha.

Keterlihatan hingga kemudahan akses menuju lokasi tentu menjadi pertimbangan dari pelanggan. Ketika dirasa tidak menyulitkan, pelanggan tidak segan untuk mendatanginya.

Berbeda jika lokasinya sulit dijangkau, pelanggan akan malas untuk datang. Apalagi jika lokasinya harus melewati area yang memungkinkan kendaraan untuk kotor lagi.

Menyadari perilaku pelanggan tersebut, sudah semestinya Anda lebih teliti dalam memilih tempat. Ada baiknya Anda mencari tempat yang banyak dilalui pelanggan. Contohnya ialah di pinggir jalan atau semacamnya.

  1. Lakukan Promosi

Setelah membuka tempat usaha, Anda tentunya ingin segera menemukan pelanggan bukan? Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan?

Promosi jawabannya. Anda perlu mempromosikan layanan jasa ini pada masyarakat. Meskipun sebenarnya lokasinya sangat strategis.

Alasannya, Anda perlu memberikan gambaran informasi yang jelas. Setidaknya, informasi ini dipandang lebih menarik ketimbang pesaing.

Nama memikat hingga kalimat menarik menjadi salah satu daya tarik dari promosi. Anda bisa membuatnya. Lantas menyebarkan promosi ini di tempat yang mudah dijangkau oleh calon pelanggan.

  1. Berikan Pelayanan Terbaik

Tahapan terakhir untuk mendukung keberhasilan usaha ialah memberikan pelayanan maksimal. Pelayanan ini akan menentukan apakah pelanggan merasa nyaman atau tidak.

Pelayanan yang baik bakalan mendukung lancarnya usaha. Setidaknya, pelanggan merasa cocok dengan apa yang Anda tawarkan. Jadinya, pelanggan lebih memilih untuk mencuci motornya di tempat Anda.

Contoh pelayanan maksimal ialah menjamin kebersihan kendaraan secara menyeluruh. Selain itu, Anda melayaninya dengan ramah dan cepat tanggap dalam memberikan pelayanan.

Kecepatan ini tentunya didukung oleh tenaga cuci yang handal. Begitu pula, bergantung pada peralatan yang digunakan. Maka dari itu, upayakan untuk melengkapi usaha dengan mesin terbaik agar Anda dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan tersebut.

Setelah perjalanan bisnis mulai membuahkan hasil, mulailah rencana untuk melengkapinya. Sisanya, Anda bisa berpikir tentang cara memperluasnya. Dengan begitu, bisnis steam motor yang dirintis dapat membuahkan hasil lebih tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here