Cara Membuat Crypto Wallet yang Paling Cepat dan Mudah Dipraktikkan

0
393

Contents

cara membuat crypto walletMembuat crypto wallet merupakan keharusan bagi pengguna cryptocurrency. Lalu, tahukah Anda bagaimana cara membuat crypto wallet?

Crypto wallet merupakan sebuah aplikasi khusus. Dihadirkan untuk memfasilitasi pengguna dalam mengakses aset kriptonya.

Tanpa dompet kripto, pengguna tidak bisa mengakses asetnya. Tentunya, pengguna tidak akan bisa mengambil keuntungan dari bermain kripto.

Jika Anda hendak berinvestasi di kripto, Anda perlu memiliki dompet kripto. Kali ini, kami akan membagikan panduan mengenai cara membuat crypto wallet yang mudah dipahami.

Apa yang Dimaksud dengan Crypto Wallet?

Crypto wallet disebut juga dengan dompet kripto. Ini merupakan sebuah aplikasi yang bisa di akses melalui perangkat elektronik. Aplikasi ini memungkinkan pengguna cryptocurrency untuk mengakses dan mengambil aset digital.

Dompet kripto sendiri diperkenalkan pertama kali pada tahun 2009. Setelah itu mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Karena, kripto naik daun dan kian populer di tengah masyarakat.

Crypto wallet ini menjadi satu-satunya cara untuk mengakses aset kripto yang Anda miliki. Artinya, Anda membutuhkannya jika hendak membeli kripto.

Di dalamnya, terdapat private key. Gunanya untuk mengamankan seluruh aset kripto yang tersimpan di dalamnya.

Private key ini menjadi media untuk mengamankan aset kripto Anda. Anda harus menyimpan private key ini, kemudian tidak membagikannya kepada orang lain.

Begitu pula, jangan sampai lupa dengan private key. Jika lupa atau hilang, maka seluruh aset kripto Anda pun akan hilang. Tentunya, ini akan sangat merugikan jika Anda memiliki aset yang cukup besar.

Private key ini memiliki peran sebagai sarana memverifikasi kepemilikan aset kripto. Nantinya, ini juga membantu Anda dalam bertransaksi.

Adapun jenisnya sendiri bervariasi. Di antaranya berbentuk hardware wallet dan crypto wallet berbentuk layanan yang dapat di akses secara online.

Kegunaan Crypto Wallet

Bukan tanpa sebab crypto wallet ini dibuat oleh pengguna cryptocurrency. Pembuatannya tidak lain merujuk pada manfaat atau kegunaannya yang sangat dibutuhkan oleh pengguna.

Kegunaan yang utama adalah sebagai sarana untuk menyimpan aset kripto secara aman. Aset hanya bisa di akses melalui crypto wallet yang sudah terverifikasi.

Untuk mengaksesnya, Anda butuh private key yang telah dibuat sebelumnya. Private key ini bertindak layaknya sebagai data login atau password untuk mengakses ke aset.

Kegunaan lainnya adalah sebagai sarana untuk bertransaksi aset. Anda bisa membeli atau memperdagangkan aset melalui dompet kripto.

Contohnya ketika hendak membeli token ruby dari game realms of ruby, Anda membutuhkan dompet kripto ini. Dengan memanfaatkannya, Anda bisa membeli game yang nantinya bisa dimainkan untuk memperoleh keuntungan.

Selain membeli, Anda juga bisa menarik kripto dari dompet ini. Misalnya Anda memperoleh keuntungan dari kripto, aset ini bisa dikonversi dan ditarik menjadi uang. Tentunya, uang ini akan ditransfer ke Bank yang Anda pilih.

Panduan Membuat Crypto Wallet

Cara membuat crypto wallet ini tidaklah rumit. Anda bisa meluangkan waktu beberapa menit saja untuk membuatnya. Setidaknya, ada beberapa langkah yang akan Anda lalui. Berikut ini langkahnya:

  1. Akses Situs Blockchain

Untuk cara membuat crypto wallet, langkah pertamanya adalah mengunjungi situs blockchain. Situs ini menawarkan Anda layanan pembuatan dompet kripto.

Pastikan bahwa dompet digital yang dibuat ini sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang kuat. Di samping itu, sudah support dengan berbagai hal yang berkaitan dengan kripto.

Kuncinya, dompet kripto ini ditawarkan oleh layanan yang terpercaya. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir berlebihan mengenai sistem keamanan.

Setelah memasuki situsnya, Anda tinggal mengakses menu buat dompet. Nantinya, Anda tinggal melakukan pendaftaran.

  1. Daftar Akun Crypto Wallet

Langkah selanjutnya adalah mendaftarkan akun dompet kripto. Untuk pendaftarannya, Anda hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Dalam pendaftaran, Anda perlu memasukkan identitas asli. Baik nama asli, alamat dan lain sebagainya.

Kemudian, jangan lupa untuk menyiapkan alamat email. Karena, alamat email ini digunakan untuk proses verifikasi.

Ikuti saja petunjuk pembuatannya. Misalnya mengisi kolom pendaftaran yang berisi tentang nama Anda hingga alamat.

  1. Konfirmasi Akun Crypto Wallet

Sebelum bisa digunakan, Anda juga perlu mengkonfirmasikan akun tersebut. Ini terhitung sejak proses verifikasi dari akun telah dilakukan.

Konfirmasi mengenai pendaftaran akan dikirimkan melalui email. Jadi, buka email dan konfirmasikan dengan menekan tautan yang dikirimkan ke inbox email.

  1. Lakukan Deposit di Crypto Wallet

Proses selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah deposit. Deposit ini dilakukan dengan mentransfer sejumlah uang. Ini bisa dilakukan dengan transfer Bank.

Uang yang ditransfer ini akan diubah menjadi koin kripto. Nantinya, Anda bisa menggunakannya untuk transaksi sebagaimana mestinya.

Bahkan, Anda juga bisa melakukan penarikan uang kripto melalui dompet tersebut. Tentunya, Anda bisa menariknya ketika sudah memperoleh keuntungan dari bermain kripto.

Tips Menggunakan Crypto Wallet yang Aman

Begitu mudahnya cara membuat crypto wallet, tetapi Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal. Pertimbangan ini merujuk pada sisi keamanan dalam pemanfaatannya. Di antara pertimbangan yang perlu dilakukan sebagai berikut:

  1. Crypto Wallet Telah Memiliki 2FA

2FA atau faktor authentication ini menjadi faktor terpenting dari sebuah aplikasi. Fitur ini menjadi metode pengamanan yang sangat baik.

Fungsinya untuk melindungi akun dari sistem peretasan yang merugikan pemiliknya. Misalnya peretasan yang berujung pada pencurian aset.

Jika akun ini dilengkapi dengan fitur 2FA, risiko tersebut bisa dihindari. Pasalnya, ada dua sistem keamanan yang mengharuskan orang untuk mengisinya sebelum bisa mengakses masuk.

Contohnya pengguna memasukkan password, pengguna tidak langsung bisa masuk ke dalamnya. Karena, masih ada sistem keamanan lain seperti memasukkan kode OTP yang dikirim sistem ke ponsel pemilik.

  1. Ingat Seed Phrase yang Dibagikan Sistem

Dalam penerapan cara membuat crypto wallet, Anda akan mendapatkan Seed Phrase sebagai master key. Master ini berisi kolompok kata yang tidak nyambung namun masih mudah untuk dihafal.

Fungsinya untuk mengakses akun wallet kripto. Khususnya bisa digunakan ketika wallet ini mengalami kerusakan.

Bisa juga, Anda masih tetap bisa mengakses akun kripto ketika smartphone Anda hilang. Dengan begitu, Anda tidak akan kehilangan aset lantaran sistemnya sudah diamankan dengan seed phrase ini.

  1. Jangan Membuka Situs yang Berpotensi Membawa Virus ke Crypto Wallet

Tetaplah berhati-hati ketika membuat sebuah situs. Jangan sampai membuka situs yang berpotensi membenamkan virus ke dalam perangkat elektronik.

Kenapa? Virus ini bisa mengganggu keamanan sistem di dompet digital. Bahkan, tidak jarang jika virus ini dijadikan pintu masuk bagi peretas untuk mengambil data Anda.

  1. Selalu Pilih Crypto Wallet dari Developer Terpercaya

Ketika hendak menerapkan cara membuat crypto wallet, Anda perlu memastikan kredibilitas dari developernya. Pastikan bahwa developernya terpercaya.

Kemudian, pastikan regulasi dan legalitasnya terjaga. Begitu pula, fitur keamanan yang ditawarkan memang baik.

Itulah bagaimana cara membuat crypto wallet yang bisa Anda lakukan. Cukup temukan developer yang terpercaya. Kemudian, daftar akun serta verifikasikan seperti yang diinstruksikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here