5 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Dropship Tanpa Modal

0
76

Bisnis merupakan usaha yang dilakukan pebisnis dengan tujuan agar mendapatkan keuntungan yang besar sehingga bisa dijadikan pekerjaan utama maupun pekerjaan sambilan. Orang yang tidak mempunyai modal banyak juga bisa menjalankan bisnis, lho. Salah satunya dengan menjalankan bisnis dropship tanpa modal yang bisa Anda lakukan.

Bisnis dropship ini hanya mempromosikan produk dari supplier jadi Anda tidak perlu modal untuk produknya. Anda bisa melakukan bisnis ini disetiap saat jika dengan cara online, lho. Tentu sangat mudah untuk melakukan trend bisnis tahun 2019 ini, ya. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar bisnis dropship Anda sukses, diantaranya:

1.Riset Pasar

Dalam menjalankan bisnis dropship maka langkah paling awal yang sangat perlu Anda lakukan yaitu riset pasar terlebih dahulu. Riset pasar yang dilakukan dengan tujuan agar market yang nantinya Anda lakukan sesuai dengan target. Selain itu juga riset pasar dilakukan untuk dapat mengetahui bagaimana cara berjualan yang akan Anda gunakan.

Misalnya akan menggunakan online shop atau melalui media sosial yang tentunya disesuaikan dengan kondisi pasar dan target produk yang Anda jual.

Riset pasar yang baik harus melihat kondisi pasar dan target pasar. Jadi Anda terlebih dahulu survei ke pasar jenis produk apa yang laris manis dan mempunyai potensi peluan mendapatkan omzet penjualan yang banyak.

Setelah itu Anda lakukan riset pasar terkait marketing yang tepat tentunya disesuaikan dengan kondisi dan target produk yang Anda jual. Jika target pasar Anda adalah kalangan muda maka lebih baik dengan cara marketing online sehingga lebih praktis.

2. Cari Tahu Informasi Lengkap Supplier

Trend bisnis tahun 2019 ini memang sangat tepat dengan melakukan bisnis dropship. Namun, perlu Anda ketahui bahwa bisnis dropship ini sangat mengandalkan supplier. Karena Anda memesan barang ke supplier yang tentunya harus bisa dipercaya.

Maka dari itu Anda harus mencari tahu informasi secara lengkap terlebih dahulu tentang supplier yang akan dijalankan pada bisnis Anda. Jangan sampai memilih supplier yang kurang bisa dipercaya.

Anda bisa mencari tahu alamat lengkap dari website dan tentunya harus minta nomer telpon yang bisa dihubungi. Kemudian Anda langsung kunjungi tempat supplier sesuai alamat yang diberikan agar lebih jelas.

Namun, sebelum itu juga Anda harus memantau misalnya komenan dari uploadan website yang akan Anda jadikan supplier. Anda lihat dari respon apakah baik atau tidak untuk Anda jadikan supplier pada bisnis dropship, ya.

3. Cermati Produk Dari Supplier

Tips sukses menjalankan bisnis dropship yang beriikutnya yaitu dengan mencermati produk dari supplier. Trend bisnis tahun 2019 ini bisa dibilang bisnis yang sangat mudah dan tanpa modal yang banyak. Karena Anda hanya menjual barang dari supplier yang sesuai dengan yang diinginkan. Namun, tentunya Anda harus cermat dalam memilih produk dari supplier agar meminimalisir kerugian yang nantinya terjadi pada bisnis Anda.

Ketika Anda menentukan jenis produk yang akan dijadikan dropship maka cobalah meminta informasi lebih lanjut terkait produk tersebut melalui supplier. Jika pertanyaan yang Anda ajukan kepada supplier dijawab dengan baik dan dijelaskan secara gamblang maka supplier tersebut bisa Anda pilih. Namun, jika informasi yang diberikan oleh supplier tidak transparan dan sepertinya terlihat meragukan maka lebih baik Anda mencari supplier yang lainnya.

4. Mencermati Syarat Yang Diberikan Supplier

Langkah yang berikutnya bagi Anda yang ingin melakukan bisnis dropship secara sukses yaitu dengan cara mencermati syarat yang diberikan oleh supplier. Pada saat melakukan transaksi supplier dengan dropshipper harus secara jelas dan gamblang. Anda perlu menanyakan bagaimana kesepakatan awal misalnya terkait diskon, pengiriman barang dan proses mekanisme transaksi tersebut. Dengan begitu proses bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan pada supplier.

Selain itu juga Anda harus mencermati apakah supplier memberikan return jika terdapat barang yang rusak ataupun salah pengiriman barang. Supplier yang baik pastinya akan memberikan informasi dan kesepakatan kerjasama bisnis yang dilakukan diawal. Sehingga tidak ada kesalahpahaman dan tidak ada yang merasa dirugikan.

5. Mempromosikan Lewat Website Atau Media Sosial

Jika semua persiapan sudah dilakukan dengan baik maka langkah berikutnya untuk melakukan trend bisnis tahun 2019 ini yaitu dengan mempromosikan produk. Proses marketing yang akan Anda lakukan tentunya sudah disesuaikan dengan target pasar yang sudah Anda lakukan pada langkah awal yaitu riset pasar. Misalnya saja Anda melakukan bisnis produk busana muslim maka tentunya target Anda yaitu orang yang beragama muslim.

Promosi penjualan bisa melalui website yang Anda buat sendiri atau lebih baik lagi Anda memiliki toko online dengan nama yang unik. Klasifikasikan jenis produk yang akan Anda promosikan sehingga konsumen tidak bingung dalam memilih produk tersebut.

Fokuskan satu produk terlebih dahulu agar konsumen mudah mengenali dropship Anda dan tentunya konsumen harus dibuat merasa percaya terlebih dahulu dengan bisnis dropship Anda. Dengan begitu bisnis dropship Anda akan berjalan dengan sukses dan mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here