5 Tips Memulai Usaha Transportasi Pariwisata

0
138

Trend bisnis tahun 2019 yang bisa Anda jalankan yaitu usaha transportasi pariwisata baik wisata ke luar negeri maupun dalam negeri. Usaha ini sangat cocok untuk dikelola karena Anda tidak perlu menyediakan lahan yang luas maupun modal yang banyak. Anda juga bisa menggunakan rumah sendiri untuk dijadikan tempat usaha, lho. Tentu Anda sangat tertarik untuk menjalankan usaha ini bukan? tentunya iya. Berikut ada 5 tips memulai usaha transportasi pariwisata, diantaranya:

1.Tentukan Jenis Transportasi Pariwisatanya

Jenis usaha transportasi sangatlah banyak misalnya transportasi pariwisata ini. Maka dari itu langkah yang paling awal yang perlu Anda lakukan yaitu menentukan jenis usaha transportasi yang akan Anda kembangkan. Untuk menentukan jenis transportasi maka Anda harus mempertimbangkan kondisi permintaan pasar yang banyak diminta konsumen. Jenis transportasi pariwisata juga termasuk salah satu jenis usaha yang permintaan dari konsumen banyak, lho. Usaha ini sangat berpotensi sekali bagi Anda yang suka terhadap travelling. Hobi Anda juga bisa disalurkan untuk dijadikan bisnis.

Transportasi wisata bali bisa Anda jadikan target bisnis. Karena di daerah bali sangat banyak wisata yang bisa dijadikan destinasi untuk travelling. Banyak wisatawan yang sangat tertarik untuk mengunjungi berbagai wisata di bali baik dari mancanegara maupun orang dalam negeri itu sendiri. Daerah bali sangat cocok diberi sebutan surganya wisata di Indonesia yang sangat tepat untuk dijadikan bisnis transportasi wisata bagi Anda.

2. Membangun Brand

Langkah berikutnya untuk menjalankan trend bisnis tahun 2019 ini yaitu dengan membuat brand usaha transportasi pariwisata. Bagi Anda yang ingin menjadi pengusaha sukses transportasi pariwisata maka Anda harus membuat nama brand yang unik. Nama brand tidak perlu terlalu panjang dan juga tidak terlalu pendek serta tentunya juga harus menarik, ya. Brand yang dibuat juga agar mudah diucapkan dan mudah diingat oleh konsumen sehingga mudah dicari baik di internet maupun di media sosial lainnya.

Pembuatan nama brand usaha transportasi bisa berasal dari kata yang mengandung sejarah dari pemilik maupun nama yang dianggap bisa menjadi keberuntungan. Usaha transportasi tentu sangatlah banyak sehingga Anda harus memiliki ciri khas tersendiri dengan membedakannya pada nama brand.

3. Promosi

Bisnis yang  sangat sukses tentunya dibarengi dengan adanya promosi yang tepat sesuai dengan target pasar. Promosi yang akan Anda lakukan bisa dengan cara online maupun offline. Segala bentuk promosi harus menarik dan sesuaikan dengan target pasar. Untuk promosi menggunakan offline bisa dengan cara beriklan di majalah, koran maupun surat kabar. Anda juga bisa memberikan berbagai brosur terkain transportasi pariwisata kepada khlayak umum. Sehingga bisnis yang Anda jalankan bisa dikenal banyak orang dan menjadi trend bisnis tahun 2019 yang sukses.

Selain itu juga Anda bisa melakukan promosi melalui online, ya. Jika Anda mempunyai modal terbatas maka sangat tepat menggunakan promosi online yang sangat menghemat biaya. Anda cukup mempromosikan jenis usaha transportasi pariwisata melalui internet. Jangkauan juga sangat luas jika melakukan promosi melalui online. Anda cukup membuat website online khusus untuk mempromosikan bisnis tersebut dan diisi informasi lengkap terkait usaha transportasi pariwisata. Anda juga bisa mempromosikan di media sosial seperti facebook, intagram ataupun twitter.

4. Perluas Relasi Bisnis

Untuk menjalankan trend bisnis tahun 2019 ini maka Anda harus bisa memperluas relasi bisnis. Relasi bisnis ini menjadi faktor yang sangat penting untuk usaha transportasi pariwisata. pengusaha yang mempunya banyak kenalan berbagai mitra bisnis akan mempermudah jaringan bisnis, lho. Apalagi untuk usaha transportasi pariwisata yang cenderung dapat bekerja sama dengan mitra bisnis. Semakin luas relasi bisnis maka bisa dikatakan usaha yang Anda jalankan bisa semakin sukses.

Mitra bisnis yang bisa Anda jadikan relasi bisnis ini seperti maskapai pesawat, pengusaha restoran, pemilik hotel atau villa, pemerintah, pengelola tempat wisata dan mitra bisnis yang lainnya. Usaha transportasi pariwisata tentu biasanya menyediakan harga paket wisata seperti makan, peristirahatan dan destinasi wisata. Maka dari itu Anda harus melakukan relasi bisnis dengan baik. Sehingga antar mitra bisnis dan Anda itu saling menguntungkan.

5. Memberikan Pelayanan Terbaik

Langkah yang paling penting lainnya untuk usaha transportasi pariwisata berikutnya yaitu Anda harus dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumen. Konsumen bagi pengusaha merupakan raja yang tentunya harus diberikan pelayanan yang terbaik. Misalnya ketika Ada konsumen yang menanyakan berbagai informasi terkait usaha ini maka harus dilayani dengan ramah. Respon yang Anda berikan kepada konsumen sangat menentukan kemajuan dari bisnis tersebut. Konsumen yang kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan maka bisa kabur dan tidak mau jadi pelangggan.

Selain itu juga Anda harus memiliki pegawai khusus atau bisa dibilang admin yang bertugas melayani berbagai informasi yang dibutuhkan oleh konsumen. Seperti informasi harga maupun yang lainnya sehingga pelayanan bisa diberikan secara cepat dan tidak membuat konsumen menunggu terlalu lama. Jika konsumen merasa nyaman dan puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak transportasi pariwisata ini maka konsumen tersebut pasti akan menggunakan jasa travel Anda lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here