7 Hal Yang Wajib Diketahui Oleh Pebisnis Pemula

0
139

Sebagian besar pebisnis pemula seringkali merasa bingung untuk memulai usahanya agar berjalan mulus dan mencapai kesuksesan. Memulai suatu usaha untuk mengikuti trend bisnis tahun 2019 merupakan tantangan sulit yang membutuhkan mental kuat untuk menjalaninya. Faktor lain yang sering kali membuat niat seseorang menjadi surut untuk memulai usaha adalah karena kurangnya modal. Nah, artikel ini akan membahas hal-hal yang perlu dimengerti oleh para pebisnis pemula.

Calon Pebisnis Pemula Wajib Mengerti 7 Hal Ini

Modal memang tidak bisa dikesampingkan begitu saja dalam suatu usaha. Perlu anda ketahui bahwa yang menjadi penentu dalam memulai suatu usaha yang dapat mengikuti trend bisnis tahun 2019 adalah mentalitas seseorang. Mereka yang mempunyai mentalitas yang bagus, selalu optimis, berani menghadapi segala resiko yang akan akan muncul, memiliki strategi yang baik dan yang pantang menyerah akan menjadi pebisnis yang sukses. Berikut ini beberapa hal yang perlu dimengerti oleh para pebisnis pemula sebelum memulai usaha:

1.      Hilangkan Berbagai Macam Alasan Kekhawatiran

Sudah sangat banyak orang yang ingin menjadi pengusaha, tetapi mereka tidak pernah memulainya karena berbagai macam alasan. Banyak orang yang merasa terbebani dengan alasan pemilik bisnis pemula pasti banyak kerugiaanya, belum punya modal yang cukup nih, nanti kalu modalnya pinjam dulu terus rugi, bagaimana mengembalikan modalnya?

Selain itu misalnya karena ada alasan belum ada teman yang bisa diajak kerjasama, belum tahu usaha apa yang cocok untuk saya jalani, dll. Memang pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah hal yang sangat wajar, tapi bukan berarti dengan alasan tersebut anda tertunda terus untuk mulai berbisnis. Hilangkan kekhawatiran anda, tuliskanlah apa yang ada dibenak anda, uraikan satu persatu, kemudian langsung ambil aksi.

Mulai lakukan, mulai jalani. Kalau anda berpikiran belum punya pengalaman nih masih takut. Hilangkan rasa takut anda, percayalah bahwa anda mampu. Anda dapat belajar dari usaha yang anda jalani tersebut, anda akan mendapatkan pengalaman dan dapat terus memperbaiki kekurangan serta kesalahan yang telah dilakukan.

2. Menemukan Jenis Usaha yang Cocok

Menemukan suatu usaha yang cocok dapat dilakukan dengan melihat apa yang menjadi minat anda dan apa keahlian yang anda punya.  Bisa saja anda memilih jenis usaha yang sedang booming karena peminatnya banyak dan keuntungannya sangat fantastis. Tetapi, setelah beberapa waktu, bisa saja usaha anda tidak bertahan karena anda kurang minat dan kurang ahli dalam bidang tersebut.

Kalau anda menginginkan bisnis yang dapat bertahan lama, anda perlu memilih bisnis dibidang yang anda suka atau bidang yang sesuai dengan keahlian anda. Anda tinggal menyiasati bagaimana bisnis yang anda tekuni ini dapat mengikuti trend dan tetap tidak kalah booming dengan usaha yang lain.

3. Survey Kecil-Kecilan

Survey ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana tingkat persaingan bisnis yang akan anda jalani, bagaimana pangsa pasar dan potensi usaha yang akan anda geluti. Untuk mengetahui hal itu, yang perlu anda survey adalah

a.  Perilaku Konsumen

Seorang konsumen akan menilai suatu produk sebelum membelinya. Ada beberapa hal yang mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk. ada konsumen memilih produk karena sesuai dengan kebutuhan, produk yang akan digunakan memberi kegunaan yang optimal, mutunya terjamin dan harganya sesuai dengan kemampuan.

Ada juga konsumen yang membeli suatu produk karena tergoda oleh iklan dan promosi, memilih produk bukan karena kebutuhan tapi karena gengsi.  Setelah membeli suatu produk, mereka dapat mengevaluasi apakah barang tersebut sesuai harapan, berguna dan tidak mengecewakan? Kalau mereka merasa puas dengan produk yang dijual maka perilaku tersebut akan berdampak pada pembelian ulang produk.

b.  Lokasi Usaha

Tingkat penjualan suatu usaha dipengaruhi oleh pemilihan lokasi yang tepat. Terlebih untuk bisnis yang membutuhkan pengunjung untuk membeli produk dengan datang ke tempat. Anda perlu membuka usaha di tempat yang lokasinya strategis dan dilalui banyak orang.

c.  Tingkat Persaingan

Pada hakikatnya, menjalankan suatu bisnis adalah memenangkan persaingan. Untuk memenangkan persaingan tersebut, anda perlu melihat di daerah lokasi anda berbisnis ada yang mempunyai produk yang sejenis dengan anda atau tidak. Buatlah produk yang unik, pelajari apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan pesaing kita agar kita meminimalisir kekurangan produk maupun pelayanan yang kita berikan pada konsumen.

4. Buatlah Visi Misi yang Kuat

Visi misi merupakan hal yang paling penting dalam suatu usaha agar dapat meraih kesuksesan sesuai dengan harapan. Dengan adanya visi misi yang kuat dan jelas, anda akan konsisten pada tujuan awal membangun usaha tersebut dan fokus untuk mengembangkan usaha yang sudah direncanakan.

5. Terus Belajar dan Memantau Pasar

Semua jenis usaha akan terus mengalami perubahan. Jika bisnis anda ingin bertahan dan terus berkembang, anda wajib untuk selalu memantau bagaimana perkembangan pasar. Untuk menjadi seorang pengusaha yang terus maju, anda harus mau terus belajar dan mengikuti trend bisnis tahun 2019 yang terjadi. Di zaman yang canggih ini, agar bisnis anda tidak tertinggal dan terus dikenal banyak orang, anda perlu memahami internet marketing. Inilah penjelasan mengenai hal yang perlu dimengerti oleh pebisnis pemula. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here