Wajib Tahu! Kiat Sukses Berwirausaha Agar Dagangan Laris Manis

112267023

Wirausaha memang bukan hal yang baru saat ini. Sayangnya tidak semua orang bisa melakukannya. Bahkan tidak jarang profesi satu ini masih dipandang sebelah mata karena tidak menentunya penghasilan, belum lagi jika usaha yang dijalankan terjun payung. Disinilah tantangannya menjadi wirausahawan.

Banyak orang belajar tentang kiat sukses berwirausaha untuk meraup untung sebanyak – banyaknya dari usaha yang akan dijalankan. Perlu diingat bahwa tidak ada jalan pintas meraih kesuksesan. Harus mau terus belajar dan dibutuhkan ketelatenan untuk mencapai target.

Kiat Sukses Berwirausaha Agar Dagangan Laris Manis

Tidak mudah memang untuk memulai suatu bisnis, bulatkan tekad dan yakin bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Kuncinya adalah “mulai”. Bila orang lain bisa, kamu juga pasti bisa. Meskipun jalan panjang harus ditempuh, itulah harga yang harus dibayar untuk sebuah kesuksesan. Berikut kiat sukses yang bisa anda coba:

1.  Antara Passion dan Minat Pasar

Melakukan hobi sepanjang hari dan dibayar? Siapa yang tidak mau? Untuk memulai berwirausaha, ada baiknya mengetahui passion terlebih dulu. Tapi bukan sembarang passion, tapi juga harus pintar – pintar melihat peluang pasar. Katakanlah kamu seorang dancer yang juga seorang video editor yang handal. Mengapa tidak melakukan keduanya?

Kamu bisa menari dan mengedit video sebaik mungkin lalu upload. Minta like dan share sebanyak mungkin dari teman – teman, dan klien akan datang padamu dengan uang di kantong. Siap diberikan untuk kamu.

2.  Branding yang Menjual

Branding tidak melulu soal merk. Tapi keunikan yang ada dalam produk yang kamu tawarkan. Produk boleh sederhana, tapi jangan sampai dipandang remeh. Disinilah peran branding diperlukan. Ekspos keunikan produk kalian. Salah satu produk unik yang mudah dipasarkan adalah Joyrazero stiker anti radiasi handphone dengan harga murah. Buatlah slogan yang menjual sehingga orang tertarik untuk mencoba produk yang ditawarkan. Bicara branding juga tidak lepas dari kualitas produk. Jangan sampai pelanggan kecewa dengan produk kalian, lebih parah lagi bila pelanggan memberikan review negatif untuk produk kalian. Bisa jadi calon pelanggan kabur sebelum mencoba produk yang ditawarkan.

3.  Inovatif Itu Harus

Nothing new under the sun. Itulah yang tergambar untuk situasi saat ini. Maka haruslah inovatif untuk mengembangkan suatu usaha. Contohnya saja banyak makanan tempo dulu yang disulap menjadi jajanan unik dengan mencampurkan bahan makanan modern seperti coklat. Dunia berubah, dan produk pun harus berubah. Tanpa inovasi, produk dengan rasa seenak apapun akan ketinggalan zaman dan tak dilirik orang.

Bakso zaman dahulu bila dijual dengan tampilan mungkin akan membosankan. Tapi dengan inovasi, misalnya membuat bakso beranak, dengan bakso besar yang diisi pentol kecil – kecil dengan isian sayur dan telur akan menggugah selera masyarakat. Terutama anak muda.

4.  Ubah Mindset Benahi Mental

Wirausaha itu mudah. Tentu tidak banyak orang setuju dengan pendapat tersebut. Ya, berwirausaha itu mudah bila tahu taktik dan strateginya. Inilah kiat sukses berwirausaha. Kamu harus berani melihat sisi lain dari wirausaha sendiri. John Assaraf, pembicara sekaligus pebisnis sukses dunia, pernah membagikan pemikirannya tentang menghasilkan lebih banyak uang dengan mengubah mindset.

Dibutuhkan mental pantang menyerah karena wirausaha tidak melulu soal untung, tapi juga harus berani menanggung rugi. Melalui rugi inilah kamu akan belajar hal – hal baru agar semakin baik pula produk maupun pelayanannya. Jadi jangan takut gagal ya. Teruslah berusaha dan jeli melihat peluang. Justru dengan usaha sambil jalan, kamu akan belajar lebih banyak, bukan sekedar teori. Bukankah pengalaman adalah guru yang terbaik?

5.  Harus Mau Belajar Hal Baru

Di era yang serba digital, banyak hal terekspos dunia. Bagi teman – teman yang masih belum mahir menggunakan media sosial, wajib hukumnya untuk memahami aturan main menggunakan media sosial agar usaha kalian berkembang pesat. Salah satu contohnya adalah instagram. Aplikasi satu ini bisa jadi ladang emas buat kamu jika paham taktiknya.

Butuh foto produk yang tidak hanya apik tapi juga unik untuk menarik minat pelanggan. Nah, tugas bagi kalian yang mau memaksimalkan berwirausahan melalui instagram, wajib hukumnya belajar fotografi. Semakin unik foto yang terpajang di galeri instagram, tentunya semakin banyak yang berminat. Produk yang dipromosikan lewat instagram tentu akan dilihat lebih banyak viewer daripada kita memasarkan produk kita dengan cara konvensional.

6.  Faktor X

Banyak wirausahawan tidak menyadari pentingnya faktor X sebagai salah satu kiat sukses berwirausaha. Faktor X disini adalah faktor langit. Selalu sematkan doa agar usaha yang kamu jalankan senantiasa berjalan lancar menurut rencana – Nya. Mintalah doa orang tua dan orang – orang terkasih yang selalu mendukungmu dalam setiap langkah yang kamu tempuh.

Itulah beberapa kiat yang harus kita penuhi bila ingin sukses berwirausaha. Dan seperti yang dikumandangkan beberapa wirausahawan sukses, mereka berkata “Usaha yang baik adalah yang dimulai, bukan dipikirkan”. Bukan berarti kita tidak boleh menyusun strategi. Tapi terlalu lama berfokus pada teori dan perhitungan membuat kita tidak segera bertumbuh. Mulailah. Gagal itu biasa. Bukankah Thomas Alfa Edison ketika ditanya tentang kegagalannya mengatakan bahwa “Saya tidak gagal. Tapi butuh 1.000 kali usaha untuk berhasil”. Kurang lebih seperti itu. Semangat dan selamat berwirausaha!

author
No Response

Leave a reply "Wajib Tahu! Kiat Sukses Berwirausaha Agar Dagangan Laris Manis"