Untung Rugi Bisnis Dropship Yang Harus Anda Pertimbangkan

0
232

Tahun baru merupakan waktu yang tepat untuk memulai kehidupan yang lebih baik dengan resolusi yang baru pula. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan termasuk mencoba peruntungan dari bisnis online. Ya, ketahuilah saat ini bisnis online banyak mendatangkan keuntungan dengan pekerjaan yang mudah seperti dropshipper. Tak heran jenis pekerjaan online ini menjadi salah satu trend bisnis tahun 2019. Penasaran?

Perhatikan Untung-Rugi Bisnis Dropshipping

Bagi Anda yang asing dengan istilah dropshipping, simak ulasan berikut ini. Pada dasarnya bisnis dropshipping ada bisnis penjualan produk secara online dimana penjual akan meneruskan permintaan pembeli pada perusahaan grosir. Kemudian, penjual akan mengirimkan kembali produk tersebut pada pelanggannya. Lalu, darimana penjual mendapatkan labar?

Yaitu dari selisih harga grosir dengan harga ecer yang di berikan pada pelanggan. Sangat mudah bukan? Sayangnya, Anda harus hati-hati ketika hendak memutuskan untuk mencoba bisnis ini. Disamping keuntungan, ada kerugian yang patut dipertimbangkan terlebih dulu. Perhatikan untung rugi bisnis dropshipping sebagai trend bisnis tahun 2019 berikut.

Modal Minim

Bisnis dropshipping berbeda dengan reseller. Ada kemudahan tersendiri yang dapat Anda rasakan saat mencoba bisnis dropshipping. Diantaranya modal yang minim. Bahkan memungkinkan lagi untuk memulai bisnis ini tanpa modal sepeserpun.

Bagaimana bisa? Ya, untuk menjadi dropshipping, Anda tak perlu menyimpan produk untuk stok. Dengan kata lain, Anda tidak memiliki produk tersebut. Baru ketika ada orderan, produk tersebut dikirim oleh supplier untuk diteruskan pada pembeli. Sedangkan untuk bisnis reseller masih harus membeli barang dulu untuk mengisi stok.

Praktis

Keuntungan kedua yang bakalan Anda dapatkan selaku dropshipper adalah tidak perlu pusing-pusing memikirkan bagaimaan perencanaan bisnis yang rumit dan kompleks. Bahkan Anda tak perlu direpotkan lagi urusan penyimpanan barang, packing produk, sampai pengiriman produk. Hal ini karena produk langsung dikirim ke alamat penerima alias pembeli.

Tidak Memerlukan Biaya Operasional

Saat berjualan tentu membutuhkan biaya operasional untuk sewa gedung, bayar biaya listrik, dan gaji pegawai. Namun, hal-hal operasional tersebut tidak akan Anda rasakan ketika menjadi seorang dropshipper. Tak heran, bisnis dropshipping banyak diminati pada trend bisnis tahun 2019.

Anytime, anywhere

Kemudahan lain yang dirasakan oleh dropshipper adalah bisnis ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Asalkan komunikasi antara pembeli dan pemasok barang lancar, bisnis ini bisa tetap berjalan secara mobile. Pastikan koneksi internet lancar.

Produk Beragam

Keuntungan lain, Anda dapat menawarkan berbagai jenis produk menarik pada pembeli. Ya, Anda memang tidak perlu membeli produk untuk dijadikan stok. Namun, dengan informasi produk-produk dari pemasok, Anda dapat mengirimkan gambar beserta detail produknya. Sehingga, akan lebih banyak produk yang dipesan oleh pembeli. So, pastikan Anda bekerja sama dengan beberapa pemasok ya!

Disamping keuntungan di atas, tiap bisnis pasti memiliki kerugian atau resiko yang bakal dialami. Termasuk trend bisnis tahun 2019 berupa dropshipping.

Profit Kecil

Namanya saja menjual kembali produk milik pemasok. Jadi, selisih harga yang diperoleh tidak akan banyak. Bahkan untuk menggaet lebih banyak pembeli, tak jarang para dropshipper yang menurunkan harga secara drastis. Meski demikian, apabila jumlah konsumen yang Anda miliki banyak, keuntungan tetap didapatkan.

Info Stok Barang Tidak Update

Kerugian selanjutnya yaitu ketersediaan informasi stok barang yang tidak update. Ya, sebagai dropshipper pasti hanya disediakan informasi daftar produk yang ditawarkan sekaligus informasi harganya. Apabila ada customer yang tertarik, Anda tidak dapat memastikan apakah produknya masih tersedia atau sudah sold out. Kesulitan inilah yang menjadikan Anda ketinggalan informasi stok. Bisa jadi, produk yang Anda inginkan tersebut ternyata sudah terjual oleh dropshipper lain. Untuk menghindari stok habis ini, pastikan komunikasi dengan pihak pemasok lancar dan intens.

Kesulitan Menjual Produk Baru

Ada kalanya dropshipper mencoba menjual produk baru yang bahkan ia tak ketahui manfaatnya. Ya, keterampilan marketing memang diperlukan oleh seorang dropshipper. Namun, sebagai bagian dari trend bisnis tahun 2019, seorang dropshippingg juga harus tahu informasi detail produk.

Kurang pengetahuannya penjual terhadap produknya akan mengurangi minat pembeli untuk berbelanja di onlineshop Anda. Untuk mengatasi hal ini, mintalah informasi pada pemasok terkait detail produk beserta spesifikasinya. Dengan demikian, Anda dapat menjawab setiap pertanyaan customer.

Menjadi Tameng para Pemasok

Menjadi seorang dropshipper tidak pernah berhubungan ataupun tahu menahu terkait produk yang dikirim oleh pemasok. Entah produknya baik atau cacat. Nah, saat kondisi produk tidak sesuai dengan pesanan pembeli, dropshipper harus siap menerima komplain dari pembeli. Maka dari itu, pastikan untuk memilih pemasok yang bertanggung jawab akan hal ini.

Nah itulah beberapa untung rugi yang perlu Anda perhatikan saat bergabung menjadi bagian dari trend bisnis tahun 2019 berupa dropshipping. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here