Tips Memilih Bisnis Waralaba Yang Tepat dan Menguntungkan

0
50

Mau tahu tips memilih bisnis waralaba? Saat ini, membuka waralaba memang terbilang mudah melihat ada banyak sekali pewaralaba yang menawarkan bisnisnya. Akan tetapi memilih bisnis waralaba yang tepat bukanlah hal yang mudah.

Menjalankan bisnis waralaba dapat dikatakan gampang-gampang susah. Apalagi jika mengingat seluruh sistem bisnis telah diatur dan ditentukan oleh pewaralaba. Namun meski begitu, tetap ada resiko yang harus dihadapi. Karena itu, setidaknya pilih bisnis waralaba yang tepat dan menguntungkan agar lebih mudah dijalankan.

Tips Memilih Bisnis Waralaba

Pada dasarnya, bisnis waralaba tidak jauh berbeda dari bisnis-bisnis lainnya. Hal yang membedakan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis telah terkonsep dengan rapi oleh pewaralaba. Oleh karena itu, maka tidak heran jika ada banyak orang tertarik mengembangkan bisnis waralaba ini.

Tapi permasalahannya, tidak sedikit orang bingung memilih mana waralaba yang tepat untuk dijalankan.  Hal ini karena ada banyaknya peluang usaha dengan sistem waralaba yang menguntungkan. Padahal ketepatan memilih bisnis akan membuat usaha berjalan dengan baik dan cepat berkembang. Lalu bagaimana memilih waralaba yang tepat dan menguntungkan? Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

1. Pilih Bisnis yang Sudah Teruji Kredibilitasnya

Tips memilih bisnis waralaba yang pertama ialah memastikan bisnis waralaba tersebut telah teruji kredibilitasnya. Jangan asal memilih bisnis waralaba meski modal yang ditawarkan lebih murah. Sebab kredibilitas atau citra produk dalam bisnis waralaba sangat penting guna menarik minat konsumen. Carilah waralaba yang namanya sudah banyak dikenal dan berpengalaman.

2. Pastikan Izin Bisnis Legal

Maksudnya ialah pastikan bisnis waralaba tersebut telah mengantongi izin usaha dan produk yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan. Jangan sampai usaha waralaba yang Anda jalankan gulung tikar karena bermasalah dengan hukum. Oleh karena itu, sejak awal Anda harus memastikan apakah waralaba yang ingin dibeli sudah mempunyai izin usaha atau belum.

3. Cari Informasi dengan Lengkap dan Kenali Pewaralaba

Carilah informasi sebanyak mungkin terkait reputasi bisnis, bagaimana mulanya usaha dibangun, lamanya bisnis bertahan dan ada berapa jumlah cabang yang sudah berhasil dibuka. Dengan mengetahui beberapa hal tersebut, Anda dapat mempertimbangkan apakah waralaba tersebut tepat dan menguntungkan atau tidak. Selain itu, kenali juga pewaralaba untuk mengetahui caranya memulai dan mengembangkan bisnisnya hingga sukses seperti sekarang.

4. Hindari Pewaralaba yang Hanya Memiliki Satu Produk

Cara pilih bisnis waralaba yang selanjutnya adalah dengan menghindari memilih franchisor atau pewaralaba yang hanya memiliki satu produk. Hal ini karena jika hanya memiliki satu produk maka itu berarti Anda akan ketergantungan dengan produk tersebut tanpa memiliki alternatif lain. Jika suatu saat produk tersebut sudah kalah saing maka Anda tidak bisa memenangkan persaingan bisnis.

5. Perhatikan Resiko Bisnis yang Ada

Setiap bisnis pasti memiliki resiko, mulai dari yang kecil hingga besar. Namun bisnis yang baik pastinya memiliki resiko yang kecil. Untuk itu, sebelum Anda memutuskan memilih bisnis waralaba, cobalah perhatikan tingkat pertumbuhan dan kegagalannya termasuk pada daerah lain. Jika usaha waralaba punya tingkat kegagalan sampai 20% atau lebih, ada baiknya cari tahu lebih banyak informasi atau akan lebih baik cari saja usaha waralaba yang lain.

6. Lihat Segmen Pasar Dari Bisnis

Menentukan segmen pasar terhadap jenis produk yang dijual merupakan salah satu tips memilih bisnis waralaba yang menguntungkan. Anda perlu memastikan bahwa produk, konsumen serta lokasi bisnis waralaba saling mendukung. Misal jika Anda memiliki usaha waralaba makanan dengan target konsumen semua umur maka tempat yang paling tepat adalah di keramaian.

7. Pelajari Laporan Keuangan

Sebelum memutuskan membeli sebuah waralaba, sebaiknya lihat dan pelajari lebih dulu laporan keuangan pewaralaba. Waralaba yang baik dan profesional harus memiliki laporan keuangan yang rapi dan dibuat berdasarkan fakta. Dari laporan keuangan ini, Anda dapat menilai perkembangan, kesehatan dan resiko dari bisnis tersebut. Hindari bisnis waralaba yang tidak menyertakan informasi laporan keuangan, karena bisa jadi bisnis tersebut sedang bermasalah.

8. Perhitungkan Franchise Fee dan Royalty Fee

Setiap orang pasti memiliki modal yang berbeda, untuk itu perhitungkan biaya franchise atau waralaba di awal. Rentang biaya yang dikeluarkan bisa bervariasi, mulai dari belasan juta hingga milyaran rupiah, tergantung dengan jenis bisnis yang dijalankan. Perhatikan juga pembayaran royaltinya dan coba lihat kembali kebijakannya pada surat perjanjian waralaba yang diberikan.

9. Pilih Lokasi yang Tepat dan Strategis

Cara memilih bisnis waralaba yang terakhir yaitu dengan memilih lokasi usaha yang tepat dan strategis. Pemilihan lokasi memang merupakan hal yang sangat penting dalam menarik konsumen. Akan tetapi lokasi yang ramai dikunjungi saja tidak menjamin usaha waralaba akan sukses. Anda harus melihat apakah produk waralaba akan diterima oleh masyarakat setempat atau tidak. Jadi jangan hanya memilih lokasi yang ramai, tetapi juga yang sesuai dengan produk Anda.

Cara Memulai Bisnis Waralaba

Setiap orang pasti ingin sukses dengan menjalankan bisnis usahanya sendiri. Termasuk dengan bisnis waralaba, di mana Anda lebih mudah dalam mengelola usahanya karena sejak awal semuanya telah terkonsep dan diatur oleh pewaralaba. Nah, jika Anda adalah salah satu yang ingin memulai waralaba, berikut cara yang bisa diikuti:

1. Tentukan Waralaba yang Sesuai Passion

Banyak pilihan usaha yang ditawarkan dalam bisnis waralaba, mulai dari pada bidang kuliner, pendidikan, perjalanan hingga salon dan jasa lainnya. Banyak orang bingung menentukan hal ini, karena itulah tips memilih bisnis waralaba sangat diperlukan. Namun yang terpenting, pilihlah usaha waralaba yang sesuai passion atau bidang yang benar-benar Anda minati dan kuasai.

2. Ketahui Syarat-Syarat Membuka Waralaba

Jika Anda sudah menentukan bisnis waralaba yang cocok, maka cari tahu syarat dan ketentuan yang berlaku untuk membuka usaha. Misalnya syarat pendidikan atau profil lain, kepemilikan tanah, adanya bangunan dan lain sebagainya. Syarat yang ditentukan umumnya tidaklah sulit, namun ada baiknya ketahui sejak awal agar memudahkan persiapan membuka waralaba.

3. Siapkan Modal yang Cukup

Kisaran modal yang dibutuhkan bisa beragam, mulai dari yang jumlahnya kecil hingga yang bernilai fantastis. Biasanya, semakin besar dan terkenal perusahaan asal maka akan semakin mahal modal awalnya. Persiapkan modal dengan baik dan penting diingat bahwa modal tidak boleh hanya habis untuk membayar di muka namun juga harus tersisa untuk biaya operasional usaha.

4. Jalankan Bisnis Waralaba Sesuai Prosedur

Dalam bisnis waralaba, semua sistem usaha telah diatur dan disetujui dalam surat kontrak. Mulai dari brand, produk, bahan hingga strategi marketing dan lain-lain. Untuk itu, Anda harus menjalankan usaha waralaba sesuai dengan prosedur yang telah disepakati sebagai konsekuensi dari perjanjian.

5. Buatlah Catatan Keuangan

Walaupun bisnis waralaba yang dijalankan belum terlalu besar, Anda tetap harus membuat catatan transaksi dan keuangan yang menyeluruh dan baik. Buatlah pembukuan keuangan secara jelas dan terperinci untuk dapat digunakan melihat perkembangan bisnis yang dijalankan dari waktu ke waktu.

Itulah beberapa tips memilih bisnis waralaba yang tepat dan menguntungkan serta cara untuk memulainya. Terlepas dari yang telah dijelaskan diatas, kesuksesan menjalankan bisnis waralaba juga ditentukan oleh diri Anda sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here