Apa Itu Bisnis Francise? Ini Pengertian dan Kelebihannya

0
45

Tahukah Anda apa itu bisnis franchise? Istilah yang satu ini pasti sudah cukup sering Anda dengar, apalagi bagi Anda yang memang bergelut di dalam dunia bisnis. Namun tahukah Anda apa sebetulnya arti dari istilah ini?

Ketika berbicara mengenai bisnis, ada banyak jenis bisnis yang bisa di pilih. Anda bisa membuka bisnis sendiri, baik itu berupa toko fisik maupun toko online (e-commerce) dengan modal yang Anda miliki. Akan tetapi selain itu, ada pilihan lain seperti bisnis franchise yang dapat memberi Anda berbagai peluang dan keuntungan.

Apa Itu Bisnis Franchise?

Bisnis franchise atau yang dalam bahasa Indonesianya disebut sebagai waralaba, mulai dikenal sejak seorang pembuat mesin jahit bernama Isaac Singer ingin meningkatkan distribusi penjualannya pada sekitar tahun 1850-an. Meskipun pada saat itu usahanya masih belum berhasil. Namun berkat idenya, bisnis franchise terus berkembang pesat hingga sekarang. Lantas, sudahkah Anda tahu apa itu bisnis franchise?

Secara umum, bisnis franchise merupakan sebuah metode bisnis dengan memperluas dan mendistribusikan barang atau jasa menggunakan nama, logo, merk dagang, bahan dan sistem dari bisnis yang sudah ada. Untuk dapat lebih memahami apa arti bisnis franchise, ketahui istilah-istilah dalam dunia franchise berikut ini:

Franchisor

Franchisor adalah pihak pewaralaba atau pemilik merek. Yakni badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada orang lain untuk memanfaatkan dan menggunakan waralaba yang dimilikinya.

Franchisee

Franchisee adalah pihak yang menerima waralaba, yakni badan usaha atau orang yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan menggunakan hak atas kekayaan intelektual dan segala penemuan yang terkait dari suatu brand.

Franchise Fee

Franchise fee adalah sejumlah biaya awal yang harus dibayarkan sebelum bisnis waralaba beroperasi sebagai biaya lisensi dan hak untuk menggunakan pedoman operasional selama jangka waktu waralaba.

Royalty Fee

Royalty fee adalah biaya yang harus franchisee bayarkan setiap bulannya kepada franchisor setelah bisnis waralaba mulai dijalankan atau dioperasikan.

Yang Perlu Diketahui Dalam Bisnis Franchise

Dalam bisnis franchise ini, penerima laba atau franchisee berhak memanfaatkan merk, identitas, sistem produksi dan distribusi, prosedur hingga produk yang diciptakan dan dimiliki oleh pihak franchisor, sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati bersama. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan sistem ini maka pemilik modal tidak lagi perlu membangun merk dan sistem kerja bisnisnya dari awal.

Pihak franchisee diwajibkan untuk membayar sejumlah biaya atau franchise fee dengan besaran yang telah ditentukan oleh franchisor untuk mendapatkan hak usahanya. Biaya ini umumnya meliputi biaya untuk royalti, pengadaan peralatan pendukung usaha dan pengadaan bahan baku serta lain sebagainya. Besaran nilai biaya biasanya tergantung dengan seberapa populer merk dan besar kecilnya skala usaha.

Mengetahui lebih jauh mengenai apa itu bisnis franchise, ada dua bentuk bisnis yang dapat dijalankan. Pertama, yaitu produk dan merk dagang di mana franchesor menjual atau melisensikan hak atas penggunaan merk dagang tertentu.

Sementera yang kedua adalah franchise dengan format bisnis di mana pemilik bisnis menyediakan pelayanan dan dukungan kepada franchisee. Akan tetapi meski begitu, umumnya bisnis franchise dibangun dengan menggabungkan kedua bentuk franchise ini.

Ada cukup banyak contoh bisnis yang dapat dijalankan dengan sistem franchise, mulai dari yang menawarkan biaya modal murah hingga yang bernilai fantastis. Contoh yang berskala menengah ke bawah seperti franchise aneka makanan dan minuman dengan sistem berjualan menggunakan booth atau gerobak modern.

Sedangkan untuk skala menengah ke atas contohnya seperti minimarket, restoran dan lainnya. Dapat dikatakan bahwa pengertian dari apa itu bisnis franchise adalah sistem bisnis dengan ciri khas usaha yang memasarkan produk atau jasa yang memiliki brand kuat dan terkenal atau yang telah terbukti berhasil.

Kelebihan Bisnis Franchise

Bisnis franchise atau waralaba kini semakin banyak diminati untuk coba dikembangkan. Bahkan di Indonesia sendiri, jumlah pengusaha yang terjun dalam bisnis ini semakin bertambah tiap tahunnya. Banyaknya orang yang memilih bisnis ini bukan tanpa alasan. Hal ini karena franchise memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

1. Manajemen Bisnis Sudah Terbentuk

Bisnis franchise ini cukup menguntungkan karena manajemen bisnisnya sudah terbentuk dan berjalan dengan baik. Jadi Anda tidak perlu lagi repot-repot untuk memikirkan ide, brand, sistem bisnis dan lain-lain. Karena semua hal tersebut telah teruji dan siap diaplikasikan pada lokasi baru nantinya.

2. Memulai Bisnis Lebih Cepat

Tidak seperti membuka bisnis sendiri dari awal, langkah-langkah menjalankan bisnis franchise sudah dipersiapkan secara matang. Sehingga sebagai franchisee, Anda bisa langsung memiliki reputasi bagus tanpa membangunnya dari nol. Hal ini karena franchise sudah memiliki model bisnis dan franchisor juga mungkin memberikan panduan yang bisa diikuti untuk menjalankan bisnis.

3. Brand Sudah Dikenal

Brand dari sebuah franchise biasanya sudah terkenal di masyarakat, jadi tidak perlu takut bisnis tidak laku karena reputasi yang kurang. Karena brand telah dikenal lebih dulu maka Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk melakukan pemasaran. Anda tidak akan kesulitan untuk membangun reputasi brand dan konsumen akan datang dengan sendirinya.

4. Dukungan dan Pertahanan Yang Lebih Kuat

Franchise merupakan bisnis tim, sehingga franchisor akan selalu meningkatkan dan mempertahankan reputasi bisnis yang solid. Yaitu dengan cara memastikan bahwa semua toko franchise beroperasi sesuai dengan standar yang ditentukan. Untuk itu, franchisor biasanya akan memberi dukungan dan pelatihan kepada para franchisee sebelum usaha dijalankan. Termasuk aspek operasional, teknis, pemasaran, manajemen keuangan dan lain-lain.

5. Keuntungan Lebih Besar

Setelah mengetahui apa yang dimaksud bisnis franchise, Anda tentu sudah dapat menyimpulkan bahwa bisnis ini memiliki peluang yang besar. Hal ini tentunya dibarengi dengan peluang mendapatkan keuntungan yang besar pula. Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan konsumen. Juga, tidak perlu mengeluarkan banyak biaya promosi sehingga menghemat pengeluaran.

6. Panduan Memilih Lokasi

Memilih lokasi yang tepat untuk bisnis bisa menjadi salah satu hal yang paling sulit ditentukan. Tempat strategis, di mana lokasinya ramai namun tidak terlalu banyak pesaing bisnis. Dengan memilih franchise, Anda akan mendapat panduan untuk menentukan lokasi. Karena pemilik franchise biasanya akan membantu menemukan lokasi paling strategis.

7. Manajemen Keuangan Lebih Mudah

Sebagai franchisee yang bertindak sebagai mitra, Anda tidak akan dipusingkan dengan hal-hal terkait manajemen keuangan. Dalam bisnis franchise ini, sistem manajemen keuangannya telah ditetapkan oleh franchisor di tiap lokasi. Lain lagi dalam bisnis baru yang mengharuskan Anda mengelolanya sendiri.

8. Kerjasama Dengan Partner

Ketika menjalankan bisnis franchise, segala sesuatu yang diperlukan mulai dari membuat hingga menjual produk sudah diatur oleh manajemen. Kerja sama dengan supplier bahan baku produk hingga strategi pemasaran akan Anda dapatkan untuk mendukung operasional bisnis.

Selain itu, bisnis franchise juga memungkinkan Anda mendapatkan saran, dukungan dan bantuan penyelesaian jika terjadi sebuah kendala dalam usaha.

Itulah ulasan mengenai apa itu bisnis franchise dan beberapa kelebihan dari memilih bisnis ini. Jika berminat mencoba bisnis ini, pastikan Anda mengerti lebih dulu apa pengertiannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here