Teknik Meningkatkan Jumlah Customer Agar Usaha Franchise Ramai Pembeli

0
535

Meskipun jenis bisnis yang Anda pilih adalah sistem franchise atau kerjasama, tapi Anda tetap butuh teknik meningkatkan jumlah customer. Artinya seterkenal apapun brand yang Anda pilih jika tidak diimbangi dengan strategi bisnis yang tepat akan sama saja.

Untuk meningkatkan jumlah pembeli atau customer, hal pertama yang harus dipahami adalah mengenal karakteristiknya terlebih dahulu. Sebab tanpa mengetahui karakteristik, memilih strategi pemasaran yang sesuai akan sulit untuk dilakukan.

Mengenal Karakter Pembeli

Pada diri customer atau pembeli, umumnya terdapat 5 karakter yang melekat. Apa saja itu?

1.Pembeli Potensial

Tipe customer potensial ini harus menjadi prioritas dari target pasar Anda. Secara teknis, yang namanya pembeli potensial belum menjadi customer Anda, tapi memiliki potensi besar untuk menjadi customer setia.

Dengan demikian, selalu memberikan pelayanan terbaik dan informasi lengkap harus selalu Anda kedepankan. Untuk pembeli potensial seperti ini, Anda bisa melakukan sedikit pancingan agar sesegera mungkin mengambil keputusan untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

2.Pembeli Baru

Pembeli baru umumnya akan memasuki fase beradaptasi saat melakukan pembelian pertamanya. Artinya Anda harus memastikan fase beradaptasi ini bisa berjalan dengan lancar.

Meskipun Anda sudah berhasil membuatnya membeli produk yang Anda tawarkan, jangan sampai Anda meninggalkannya begitu saja. Penting untuk selalu memastikan para customer baru ini selalu merasa nyaman dan merasa senang dalam menggunakana produk atau jasa yang Anda jual.

3.Pembeli Impulsif

Ciri utama konsumen tipe impulsif adalah dapat membuat keputusan dengan cepat tergantung dengan situasi dan kondisi di lapangan. Artinya Anda tidak perlu lagi melakukan hal persuasif secara berlebihan. Sebab yang dibutuhkan customer tipe impulsif adalah kemudahan dan kenyamanan yang diberikan.

Jadi semakin mudah langkah-langkah yang diberikan untuk membeli produk atau service yang Anda tawarkan, secara otomatis akan semakin besar pula kesempatan konsumen tipe impulsif memutuskan untuk membeli.

4.Pemburu Diskon

Konsumen dengan predikat pemburu diskon ini umumnya adalah seorang customer yang sudah melihat nilai yang Anda tawarkan dari produk atau service. Tapi memiliki keengganan untuk membelinya pada harga yang sudah ditetapkan.

Menghadapi tipe customer seperti ini, usaha persuasif mungkin akan sia-sia. Namun untuk menghadapinya bisa dengan cara memberikan beberapa diskon atau promosi menarik dalam bentuk lainnya.

5.Pembeli Loyal

Siapapun pastinya selalu menginginkan teknik meningkatkan jumlah customer yang dipilih mampu melahirkan para pembeli loyal. Pasalnya customer loyal akan tetap kembali kepada Anda dan bahkan bisa menjadi brand ambassador bagi usaha franchise yang Anda kelola.

Selain itu mereka ini juga bisa menjadi word of mouth marketing produk atau jasa yang Anda jual. Sebab bukan tidak mungkin pembeli loyal seperti ini akan merekomendasikan produk atau service Anda kepada keluarga hingga teman-temannya.

Strategi Untuk Meningkatkan Kepercayaan Customer

Cara meningkatkan jumlah pembeli salah satunya bisa ditempuh dengan cara meningkatkan kepercayaan customer. Kenapa? Sebab jika para pembeli sudah memiliki kepercayaan penuh terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan, secara otomatis mereka akan menjadi pembeli loyal yang siap dijadikan sebagai word of mouth marketing produk atau jasa yang Anda jual.

Dengan demikian, mereka ini bisa menjadi marketing tanpa harus dibayar. Oleh sebab itu kenapa pembeli loyal ini sering disebut sebagai salah satu teknik meningkatkan jumlah customer paling efektif dan gratis.

Agar kepercayaan customer terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan semakin meningkat, beberapa upaya yang bisa Anda lakukan adalah:

1.Komunikasi

Siapapun pastinya sepakat jika komunikasi merupakan hal paling penting dalam membangun hubungan dengan customer. Artinya jangan hanya mempromosikan bisnis Anda saja, mulailah melakukan percakapan dengan mereka.

Jika Anda memiliki karyawan, selalu ajari bagaimana cara berkomunikasi secara efektif dengan para pembeli. Selain itu, pastikan untuk selalu memberikan tanggapan cepat terhadap segala jenis kritik dan saran dari para customer.

2.Ciptakan Produk Atau Jasa Melebihi Ekpektasi Dari Customer

Setiap pembeli pasti menginginkan produk atau jasa yang dibelinya adalah yang terbaik. Sederhananya, jika Anda mampu membuat para customer merasa senang dengan kualitas bisnis Anda, maka pembeli akan kembali memilih produk atau jasa yang Anda tawarkan.

3.Mintalah Kritik Dan Saran

Banyak yang tidak menyadari tentang begitu besarnya pengaruh meminta kritik dan saran kepada customer. Padahal langkah semacam ini bisa menjadi tips meningkatkan jumlah custemer yang sederhana namun sangat mengena.

Kenapa? Sebab hal semacam itu bisa membuat para customer merasa jika Anda merasa peduli dengan mereka. Untuk melakukan hal semacam ini, salah satunya bisa dengan cara melakukan survey singkat.

Dengan adanya kritik dan saran, akan membantu Anda untuk mengetahui secara lebih mendalam lagi terkait dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Artinya semakin baik respon customer, potensi adanya peningkatan penjualan menjadi lebih besar.

Jangan lelah untuk selalu mendengarkan setiap komentar yang ada. Selain itu jangan malas untuk menanggapinya sesegera mungkin. Meskipun di dalam komentar tersebut memberikan penilaian yang kurang bagus terhadap produk atau service yang Anda tawarkan.

Selain itu, melalui komentar dari para customer inilah Anda bisa melakukan perbaikan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Sehingga kedepannya bisnis yang Anda kelola akan cepat berkembang karena mau belajar dari kekurangan-kekurangan tersebut.

4.Terapkan Komunikasi Dua Arah Dengan Customer

Teknik meningkatkan jumlah pembeli juga bisa dilakukan dengan cara menerapkan komunikasi dua arah. Terlebih lagi di tengah semakin majunya teknologi. Memungkinkan percakapan dengan para pembeli menjadi semakin mudah. Selain itu pilihannya pun semakin beragam.

Terdapat cukup banyak pilihan medium online maupun media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk menjangkau customer. Pertanyaannya adalah apa sebenarnya tujuan komunikasi dua arah seperti ini?

Melakukan komunikasi dua arah dengan pembeli sebenarnya bertujuan untuk menumbuhkan hubungan antara bisnis Anda dengan para customer. Apalagi customer memiliki kecenderungan lebih jujur akan kekurangan produk atau jasa yang tidak disukainya.

Artinya dengan menerapkan teknik meningkatkan jumlah customer seperti ini, bisnis franchise yang Anda kelola akan selalu menjadi yang terdepan diantara competitor. Sebab Anda bisa dengan cepat memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada.

5.Tunjukkan Apresiasi

Dalam situasi ini Anda bisa memberikan apresiasi terhadap customer lama dengan program loyalitas diskon. Misalnya Anda bisa membagikan kartu hadiah atau bisa juga dengan memberikan promo lain sebagai penghargaan terhadap kesetiaannya.

Dengan adanya program semacam ini, customer bisa memperoleh poin yang bisa ditukarkan dengan barang atau service yang Anda tawarkan. Atau poin tersebut setelah mencapai jumlah tertentu bisa ditukarkan dengan hadiah atau diskon pada produk-produk tertentu.

Tanpa Anda sadar ternyata cara-cara kecil seperti ini justru mampu membuat para customer semakin meningkat. Dan semoga ulasan singkat terkait dengan teknik meningkatkan jumlah customer ini bisa sedikit memberikan manfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here