Cara Sederhana Marketing Bisnis Franchise Tapi Terbukti Justru Paling Efektif

0
839

Tanpa Anda sadari banyak cara sederhana marketing bisnis franchise yang justru secara hasil sangat efektif. Memang terkadang jika sudah berbicara mengenai strategi, banyak yang lebih condong memilih strategi yang sayangnya justru secara penerapannya cukup sulit. Hanya karana konsepnya yang memang luar biasa kemudian banyak yang terpaku.

Padahal jika sudah berbicara terkait dengan cara promosi, cara mengembangkan, dan lain sebagainya, alangkah lebih baiknya jika memilih cara yang sekiranya Anda bisa mempraktekkannya saja. Jangan malah memilih cara yang justru akan menyulitkan diri Anda sendiri.

Pernahkan Anda berpikir jika sebenarnya strategi agar bisnis francise Anda berhasil adalah memilih jenis usaha waralaba yang mudah dijalankan? Namun sayangnya banyak yang justru lebih terpaku pada brand franchise dari pada berpikir seperti itu.

Padahal jika Anda sudah memiliki sedikit kompetensi pada usaha yang ingin dijalankan, secara otomatis akan lebih memudahkan Anda untuk urusan Marketing bisnis waralaba itu sendiri.

Pilihlah Bisnis Franchise yang Mudah Dijalankan

Di atas sedikit sudah disinggung jika memilih jenis usaha waralaba yang tepat adalah salah satu poin penting untuk keberhasilan Anda. Maka dati itu coba mulai sekarang terapkanlah cara berpikir yang out of the box.

Berbicara mengenai pilihan bisnis waralaba yang mudah dijalankan, di bawah ini adalah beberapa rekomendasi yang mungkin bisa dijadikan bahan pertimbangan.

1.Makanan

Kenapa harus makanan? Tergolong sebagai kebutuhan primer membuat makanan selalu menjadi kebutuhan utama sehari-hari. Apapaun bentuknya, bisnis franchise makanan selalu memiliki prospek yang sangat menjanjikan.

Apalagi jenis makanan yang akan Anda jual sudah cukup dikenal di kalangan masyarakat. Artinya dari segi promosi sudah dikatakan selesai. Di sisi lain, usaha ini terbilang mudah sekali dijalankan.

2.Minuman

Sebenarnya tidak ada bedanya dengan makanan, bisnis waralaba minuman juga selalu memiliki prospek yang sangat cerah. Apalagi dalam hal ini jenis minuman yang Anda jual sudah dikenal secara luas. Artinya potensi pundi-pundi rupiah akan mengalir ke ATM setiap harinya menjadi sangat terbuka lebar.

3.Minimarket

Dengan konsep bisnis yang diberikan oleh pemilik franchise, usaha minimarket menjadi tidak sesulit yang dibayangkan. Ditambah lagi brand terkenal yang terpampang di depan minimarket, pasti akan membuat orang-orang tidak berpikir lama untuk datang ke minimarket Anda.

4.Ekspedisi Pengiriman Barang

Di tengah semakin majunya teknologi, membuat banyak sekali perubahan dalam tatanan hidup manusia. Contoh sederhananya adalah dalam hal jual beli. Kini jual beli sudah umum dilakukan dengan sistem online.

Jual beli dengan sistem online secara otomatis akan berdampak pada semakin banyaknya permintaan akan ekspedisi barang. Jangan pernah mengatakan diri Anda berjiwa pengusaha jika tidak memiliki kepekaan melihat situasi yang sangat menguntungkan seperti ini.

5.Jasa Laundry

Tidak hanya di kota saja, di desa pun kebutuhan masyarakat akan jasa laundry semakin besar. Artinya memilih usaha laundry untuk saat ini bisa dikatakan salah satu pilihan tercerdas yang sudah Anda lakukan.

6.Agen Travel

Jika diperhatikan, belakangan ini pemerintah semakin serius dalam menggarap sektor wisata di Indonesia. Artinya bisnis agen travel menjadi sangat pas jika melihat situasi yang ada. Apalagi dalam hal ini bisnis yang Anda pilih adalah bisnis waralaba. Artinya untuk urusan marketing bisnis franchise, tidak sesulit pada saat Anda memilih mendirikan usaha sendiri.

Tingkatkan Penjualan Waralaba Anda

Pilihan jenis bisnis waralaba yang memiliki prospek cerah sudah Anda ketahui. Sekarang tugas Anda adalah tinggal memilihnya. Tetapi yang menjadi permasalahan setelah itu adalah bagaimana cara mengembangkan bisnis franchis yang sudah dipilih tersebut?

Bagi Anda yang sudah memiliki bisnis waralaba, berikut ini adalah beberapa pilihan strategi yang bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan usaha waralaba Anda.

1.Maksimalkan Jaringan Yang Sudah Ada

Cara paling sederhana, efektif, dan efisien adalah dengan memanfaatkan segala yang sudah Anda miliki. Jangan lupa untuk terus mendiskusikannya dengan pemilik brand. Sebab pemasaran sangat membutuhkan kerjasama dengan mereka.

2.Membangun Jaringan

Jangan pernah puas dengan jaringan yang sudah Anda miliki saat ini. Selalu manfaatkan segala fasilitas yang ada untuk membangun serta memperluas jaringan. Misalnya saja seperti memanfaatakan media sosial.

3.Identifikasi Pasar

Kenapa identifikasi pasar menjadi salah satu marketing bisnis franchise yang harus dipertimbangkan? Pada dasarnya setiap pengusaha harus tahu siapa yang akan menjadi sasaran penjualan awal dari produk usahanya.

Identifikasi pasar dimaksudkan agar penjualan bisnis waralaba bisa tepat sasaran. Lalu bagaimana caranya? Kenali permintaan pasar yang paling besar di suatu wilayah. Artinya pahami tren yang sedang terjadi dalam mayarakat saat ini dan bagaimana peluang kedepannya.

Dengan melakukan hal semacam ini, bisnis waralaba yang Anda miliki akan sesuai dengan kebutuhan pasar. Artinya resiko kerugian bisa semakin diminimalisir dan peluang semakin meningkatkan pemasaran menjadi lebih besar.

4.Brand Yang Berkarakter

Persaingan bisnis pasti selalu terjadi dan Anda tidak bisa menghindarinya. Meskipun demikian, Anda harus cerdas dalam menghadapi persaingan tersebut. Salah satunya adalah bisnis yang dikelola harus memiliki ciri khas, keunggulan, hingga keunikan tersendiri.

Oleh sebab itu brand selain berkarakter harus dibuat seunik mungkin. Dengan demikian brand akan mudah diingat. Sehingga pada akhirnya akan berdampak juga terhadap meningkatnya penjualan bisnis Anda.

5.Beriklan Secara Lebih Efektif

Dalam memasarkan bisnis franchise dibutuhkan kecerdasan dalam beriklan. Identifikasi beberapa media iklan efektif yang memiliki jangkauan pemasaran yang lebih luas. Selain itu manfaatkanlah semua media informasi baik offline maupun online untuk semakin mengenalkan produk bisnis franchise Anda.

6.Responsif Dan Selalu Menerapkan Layanan Optimal

Salah satu cara paling efektif berkaitan dengan marketing bisnis franchise bisa dilakukan dengan cara selalu menerapkan layanan optimal dan juga responsif. Apalagi jika Anda menginginkan memenangkan persaingan pasar dengan produk serupa.

Kenapa? Sebab kepuasan pelanggan adalah nomor satu dalam sebuah bisnis. Artinya ketika pelanggan merasa puas dan ditambah memiliki kedekatan secara emosional dengan Anda, secara tidak langsung bisa membantu memasarkan produk Anda.

7.Selalu Gunakan Testimoni

Di era berbasis digital seperti sekarang ini, rata-rata perusahaan terhubung langsung dengan para konsumennya melalui sosial media maupun media online lainnya. Dengan demikian jangan pernah lupa untuk selalu menanyakan kesan konsumen setelah menggunakan produk yang dijual.

Artinya Anda bisa memanfaatkan testimoni sebagai iklan atau kampanye untuk produk franchise. Apalagi testimoni seperti ini memiliki pengaruh yang cukup besar untuk meyakinkan para calon pembeli lain yang masih asing dengan produk Anda.

Sebenarnya jika dicermati lebih jauh lagi, strategi pemasaran bisnis franchise tidak jauh berbeda dengan strategi pemasaran bisnis pada umumnya. Artinya marketing bisnis franchise bisa lebih optimal jika semua komponen pemasaran bisnis Anda jalankan dengan maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here