Strategi Pemasaran Jitu Bagi Pengusaha Startup

Pengusaha merupakan seorang leader yang harus dapat mengatur dan menyikapi segala hal dalam dunia bisnis. Apabila usaha yang Anda jalani mengalami kelemahan maka harus ada yang perlu diperbaiki agar omzet penjualan dapat meningkat.

Perubahan yang harus dilakukan bisa dari strategi pemasarannya yang biasanya masih cenderung lemah. Padahal apabila segi pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha itu dapat berjalan dengan baik maka bisnis dapat meningkat penjualannya, lho. Namun, terkadang masih ada yang belum memahami strategi pemasaran sukses bagi pengusaha. Berikut beberapa tips tersebut, diantaranya:

1. Kenali Pelanggan Anda

Tips yang harus dilakukan pertama kali dalam strategi pemasaran sukses bagi pengusaha yaitu Anda harus dapat mengenali pelanggan atau mengidentifikasi pelanggan dengan tepat.Identifikasi pelanggan bisa terkait usia yang nantinya akan Anda jadikan target dalam produk yang dijual. Jadi Anda tidak salah target dalam memasarkan produk karena jika salah target makan akan sia-sia, lho.

Tips ini harus Anda lakukan karena menjamin menjadi efisien pemasaran yang akan dilakukan agar tercapai target penjualan yang maksimal. Jika omzet penjualan meningkat tentunya Anda sebagai pengusaha akan merasa berhasil dalam menerapkan strategi pemasaran, ya. Pembeli adalah raja maka dari itu Anda harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan tersebut.

2. Lakukanlah Promosi

Pengusaha yang baik adalah seorang yang dapat dengan tanggap menyikapi segala permasalahan dalam bisnis. Salah satunya jika penjualan mulai menurun maka strategi pemasaran harus ditingkatkan dengan cara merubahnya dengan sistem promosi yang kreatif dan unik. Misalnya dengan cara mempromosikannya dengan mengirimkan pesan singkat dengan fitur-fitur yang menarik yang tentunya belum pernah kompetitor lakukan.

Hal tersebut digunakan sebagai daya saing agar dapat bertahan dalam dunia bisnis, lho. Selain itu juga Anda bisa dengan menggunakan cara promosi lainnya seperti darimuut ke mulut. Sistem promosi ini biasanya justru cenderung lebih dapat menarik banyak pelangggan. Apabila Anda dapat membuat pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan maka pelanggan tersebut bisa menark pelanggan baru untuk bergabung, lho.

3. Pilih Lokasi Yang Strategis

Tips strategi pemasaran sukses bagi pengusaha yang berikutnya yaitu dengan memilih lokasi usaha strategis. Jika tempat usaha yang Anda dirkan kurang strategis maka usaha Anda harus ekstra tinggi dalam memperjuangkannya. Misalnya Anda dapat memilih tempat yang strategis dekat keramaian orang berlalu lalang didepan tokoAnda. Maka dengan begitu toko dapat dengan mudah diakses oleh pelanggan.

Biasanya apabila toko yang berada ditempat sepi pasti cenderung sulit untuk ditemukan oleh pelanggan dan menjadikan toko tersebut lama kelamaan akan bangkrut dengan sendirinya. Tentunya Anda sebagai pengusaha tidak menginginkan hal tersebut terjadi, bukan?tentunya iya. Maka Anda harus melakukan langkah ini agar mudah melakukan pemasaran yang dapat meningkatkna omzet penjualan.

4. Coba Gunakan Internet Marketing

Srategi pemasaran yang perlu Anda lakukan yaitu dengan menggunakan internet marketing sebagai sarana untuk akses dengan pelanggan. Di era globalisasi ini masyarakat semakin pintar karena adanya perkembangan teknologi yang membuat semuanya serba praktis.maka dari itu Anda sebagai pengusaha juga harus dapat mengikuti perkembangan zaman, lho. Misalnya dengan membuat akun toko online yang dilengkapi dengan berbagai fitur menu yang disediakan.

Buatlah nama toko online yang unik sehingga membuat pelanggan merasa tertarik untuk membeli produk yang Anda jual. Selain itu juga harus rajin update setiap harinya sehingga pelanggan merasa yakin bahwa toko online selalu aktif. Berikan pelayanan yang terbaik dalam merespon segala pertanyaan pelanggan sehingga pelanggan tersebut merasa nyaman dan akan menjadi pelanggan yang loyal. Contoh strategi online seperti menggunakan web sederhana www.rahasiadropship.com yang bisa untuk jualan produk dengan cara yang soft

5. Jalin Hubungan Dengan Pelanggan

Apabila Anda sudah mendapatkan pelanggan maka tetap harus menjalin hubungan baik degan pelanggan lama, lho. Jangan sampai pelanggan yang sudah Anda dapatkan justru menghilang pergi ke penjual lain. Karena pada hakikatnya mempertahankan pelaggan justru lebih sulit dibandingkan mencari pelanggan baru.Untuk itu Anda bisa melakukan dengan cara membuat database pelanggan.

Kemudian masukkan data-data penting beserta kemajuan yang telah dicapai, hubungi mereka secara berkala agar mereka dapat selalu terpantau dengan produk-produk kita. Selain itu juga Anda perlu untuk menginformasikan pelanggan mengenai promo produk yang sedang berjalan, dan lain sebagainya. Jadi Anda tetap harus melakukan pemasaran secara berkala kepada pelanggan lama agar menjadi pelanggan yang loyal yang dapat menarik pelanggan baru.

6. The Power Of Focus

Strategi pemasaran sukses bagi pengusaha yang harus Anda lakukan berikutnya adalah dengan cara fokus terhadap bisnis Anda. Jika Anda sudah dapat melakukan satu bisnis maka akan dengan mudah untuk melaksanakan bisnis yang berikutnya. Misalnya dengan strategi pemasaran online maka produk yang Anda promosikan terlebih dahulu harus berpusat satu produk misalnya baju. Maka postingan yang Anda lakukan secara berkala hanya produk baju.

Sehingga pelanggan dapat memantau postingan dan mengenali toko Anda dengan sebutan toko baju terpercaya. Dengan begitu omzet penjualan akan meningkat, lho. Jika sudah merasa sukses baru Anda fokuskan untuk menambah produk yang akan dijadikan bisnis tambahan.

 

author
No Response

Leave a reply "Strategi Pemasaran Jitu Bagi Pengusaha Startup"