Memulai Usaha itu Jangan Hanya Teori, Lakukan 5 hal ini

0
2285

Contents

Memulai usaha membutuhkan keberanian yang besar. Karena ada banyak hal yang nantinya dihadapi oleh pengusaha di tengah perjalanan usahanya. Bermodal teori saja pun tidak cukup harus segera ada tindakan yang harus dilakukan. Apalagi kenyataan di lapangan kadang berbeda dengan teori yang didapat. Jadi memulai usaha jangan cuma teori sebaiknya, segeralah lakukan eksekusi.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memulai langkah awal membuka usaha. Ini akan menjadi awalan yang baik bagi yang baru terjun di dunia usaha. Sekaligus menjadi awal pembelajaran mengenal dunia usaha.

Tidak Hanya Teori 5 Langkah Ini Harus Segera Dilakukan

Sebaiknya pemahaman tentang dunia usaha tidak hanya berhenti di teori. Namun, harus segera diambil langkah agar usaha dapat berjalan. Tak ada salahnya menjadikan teori sebagai landasan awal. Tapi, perlu diingat jika seringkali hal yang terjadi di lapangan tidak sesuai dengan apa yang ada pada teori. Untuk itu sebaiknya memulai usaha jangan cuma teori tapi segera lakukan hal-hal berikut ini.

1. Mulai Mengenali Kondisi Target Pasar

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengawali usaha adalah dengan mulai mengenali kondisi target pasar. Di sini teori dapat dijadikan patokan awal. Tapi, ingat bahwa kadang bahkan seringkali teori berbanding terbalik dengan kondisi lapangan. Untuk itulah pentingnya terjun langsung ke lapangan.

Dari sini pengenalan terhadap target pasar dapat dilakukan dengan lebih detail. Selain itu kondisi pasar pun dapat diketahui. Bahkan jika memungkinkan pemetaan persaingan antar usaha juga dapat dilihat dari sini. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengenali kondisi target pasar, mulai dari survei, hingga melakukan pengamatan langsung.

Hasil dari pengenalan inilah yang nantinya dapat dijadikan tonggak awal untuk pembangunan brand. Jadi brand dapat disesuaikan dengan kebutuhan target pasar. Pastinya dengan memiliki ‘ciri khas’ sendiri yang ditonjolkan.

2. Membangun Tim

Pastinya untuk membangun usaha ini tidak dapat dilakukan sendirian, melainkan membutuhkan tim. Jika memang dirasa masih dapat ditangani sendiri tidak ada masalah. Namun, harus segera dibentuk tim jika dirasa sudah waktunya mulai banyak hal yang harus dilakukan. Pastikan jika tim yang dimiliki merupakan tim yang solid dan memiliki satu tujuan.

Dari sinilah akan semakin terasa kenapa memulai usaha jangan cuma teori. Karena dalam pembangunan tim diperlukan lebih dari sekedar teori. Fleksibilitas di lapangan serta berbagai hal lain juga diperlukan.

Untuk itu sebaiknya mulailah belajar terkait hal apa saja yang harus dipersiapkan dalam tim. Selain itu bagaimana cara membangun tim yang baik juga dibutuhkan. Agar nantinya tim yang dibentuk dapat berjalan dengan solid, tujuan pun dapat tercapai.

3. Membentuk Brand

Fokus selanjutnya ada pada pembentukan brand. Setelah dirasa tim sudah dibentuk, lalu observasi target pasar sudah matang hal ini dapat dijalankan. Membentuk brand menjadi salah satu fokus utama yang cukup menentukan keberlangsungan usaha.

Ada banyak kasus dimana brand menjadi tonggak utama dalam ‘larisnya’ produk di pasaran. Karena itu masalah brand ini harus dipikirkan baik-baik. Bahan untuk pembangunan brand ini dapat diperoleh dari observasi target pasar yang sebelumnya telah dilakukan. Ini dapat menjadi pertimbangan yang baik dalam membentuk brand.

4. Membuat Rancangan Bisnis

Selain membentuk brand, ada satu langkah penting lagi yang harus dilakukan. Hal itu adalah membuat rancangan bisnis. Adanya rancangan bisnis dapat menjadi pedoman penting untuk perkembangan usaha ke depan. Rancangan bisnis juga menjaga agar bisnis dapat berjalan sesuai tujuan awal.

Tapi, harus diingat jika sebaiknya membuat rancangan bisnis yang fleksibel. Berbagai hal yang terjadi di pasar patut untk dipertimbangkan. Hanya saja harus diperhatikan dan dipertahankan nilai-nilai awal yang menjadi tonggak usaha. Masalah citra brand juga sebaiknya menjadi pertimbangan sendiri di sini.

Untuk membuat rancangan bisnis ini dapat menggunakan patokan dari berbagai sumber. Mulai dari teori, hasil pengamatan dari usaha yang telah berjalan, atau bahkan dari kompetitor. Semua ini harus disesuikan dengan usaha yang dijalankan.

5. Pemasaran Produk Kreatif

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah mulai memasarkan produk. Ada banyak langkah yang dapat dilakukan untuk membuat produk menjadi laris. Umumnya cara-cara promosi unik banyak menarik perhatian ‘calon konsumen’. Untuk itu diperlukan cara-cara kreatif dalam melakuakn pemasaran. Tak lupa juga lakukan pembangunan jaringan terus menerus. Sehingga cakupan pemasaran produk dapat menjadi lebih luas.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat orang menjadi tertarik pada produk yang dipasarkan. Tapi, ini semua bergantung pada karakteristik pasar yang dijadikan target. Karena setiap pasar memiliki karekteristiknya masing-masing. Jadi penting untuk mengenal karakteristik pasar tersebut. Sehingga menjadi bahan yang tepat untuk promosi.

Beberapa langkah di atas dapat menjadi awal menuju kesuksesan di dunia bisnis. Harus diingat jika memulai usaha jangan cuma teori melainkan ada banyak hal yang harus dilakukan. Apalagi kondisi lapangan seringkali berbeda dengan teori. Untuk itu diperlukan berbagai pembelajaran serta kerja keras guna memberikan hasil yang maksimal.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here