Pembuat Content Bukan Satu-Satunya Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

0
79

Cara mendapatkan uang dari YouTube sebenarnya tidak hanya berasal dari tayangan iklan saja. Pasalnya ada banyak cara yang bisa Anda pilih agar bisa mendapatkan uang dari platform berbagi video terbesar di dunia ini.

Sebenarnya, ada platform lain selain Youtube yang juga bisa Anda coba untuk menghasilkan. Banyak yang menggunakan alternatif lain karena sudah banyak yang menggunakan Youtube. Ada yang menggunakan Vtube karena kompetisinya belum terlalu ketat sehingga lebih mudah untuk mendapatkan uang di sana daripada dari Youtube.

Akan tetapi, bisa dibilang YouTube masih cukup menjanjikan. Terlebih lagi jika Anda pintar dalam menyuguhkan konten kepada para penonton dan subscriber Anda. Tetapi selain menjadi sorang Youtuber, ternyata ada opsi lain untuk menghasilkan uang dari YouTube.

Nonton YouTube Dibayar

Pernahkah Anda mendengar jika ternyata hanya dengan nonton YouTube Anda justru akan dibayar. Berita tersebut bukanlah berita hoaks, melainkan sebuah fakta yang kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan.

Cara mendapatkan uang dari YouTube ternyata tidak hanya ketika Anda uploud video di YouTube saja. Tetapi ada beberapa pihak yang menjanjikan bayaran ketika Anda menonton video YouTube koleksinya.

Bayaran yang bisa Anda dapatkan pun beragam. Bayaran tersebut disesuaikan dengan jumlah atau durasi video yang ditonton. Selain itu kebijakan masing-masing situs juga mempengaruhi besaran bayaran yang bisa didapatkan.

Contoh situs yang menjanjikan bayaran kepada para penoton video YouTube koleksinya adalah THW Global, Baymack, Swagbuck, Successbux, Watch2Earn, You-Cubez, dan PaidYoutube. Dengan Anda menonton video YouTube koleksi dari situs-situs tadi, maka secara otomatis Anda akan mendapatkan bayaran.

Membuat Channel YouTube

cara mendapatkan uang dari youtube

Menonton video YouTube dibayar memang cara paling mudah mendapatkan bayaran dari YouTube. Namun perlu diakui juga bahwa bayaran yang bisa didapatkan pun tidak seberapa. Nah, jika Anda ingin mendapatkan uang yang lebih besar dari YouTube, menjadi Youtuber adalah pilihan yang harus Anda ambil.

Untuk menjadi seorang Youtuber, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat channel YouTube. Sementara itu, untuk membuatnya Anda hanya perlu mengisi form yang tidak ada bedanya pada saat Anda membuat media sosial lainnya.

Agar channel Youtube yang Anda buat bisa menghasilkan uang, maka langkah selanjutnya adalah mencari ide untuk konsep kontennya. Anda harus membuat nama akun YouTube cukup menarik dan unik sehingga membuat orang lain penasaran dan tertarik untuk subscribe di Channel Youtube yang Anda buat tadi.

Pasalnya akun YouTube yang memiliki subscribe dalam jumlan banyak akan lebih mudah menarik pengunjung. Untuk Anda yang masih ragu konsep konten yang ingin dibuat seperti apa, berikut ini adalah beberapa konten yang sering kali digunakan oleh channel YouTube populer.

Mungkin saja ini bisa Anda jadikan sebagai inspirasi dan pertimbangan dalam membuat konten kedepannya.

1. Voice Over

Voice over pada dasarnya merupakan tayangan yang hanya berisi audio atau suara dari administrator atau naratornya. Rekaman tadi bisa berisi beberapa fakta menarik. Biasanya voice over ini berisi cerita yang bisa menarik perhatian penontonnya.

2. List

Video yang berisi tayangan list juga tidak kalah menarik. Pasalnya selain di YouTube, video seperti ini juga sering kali disiarkan di TV. Misalnya saja sepertri “7 Destinasi Wisata Populer di Indonesia”, “7 Makanan Asli Indonesia yang Mendunia”, dan lain sebagainya.

3. Tutorial

Banyak sekali video tutorial yang ada di YouTube. Selain bisa berbagi ilmu, Anda juga bisa mendapatkan uang dari pihak YouTube jika berhasil memancing subscriber.

4. Unboxing

Salah satu video yang banyak ditunggu oleh para penonton YouTube adalah video unboxing smartphone terbaru. Untuk Anda yang memiliki modal lebih, bisa mengangkat konsep ini untuk dijadikan konten YouTube-nya.

Setelah Anda mendapatkan gambaran jenis konten yang ingin dibuat, barulah Anda berpikir bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube. Nah, yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah bagaimana caranya?

Bergabung di YPP

YPP  (Youtube Partner Program) memungkinkan para kreator atau Youtuber untuk memonetisasi konten di YouTube. Akan tetapi tidak semua channel bisa bergabung dengan program ini. Agar bisa bergabung dengan YPP, kanal Anda minimal harus ditonton selama 4.000 jam dalam 12 bulan terakhir serta memiliki 1.000 subscriber. Ketentuan tadi memungkinkan YouTube untuk mengevaluasi kanal yang mendaftar.

Namun tidak hanya itu saja persyaratannya. Selain ketentuan di atas tadi, Anda juga harus memastikan hanya memiliki satu akun Google AdSense. Dan daftarkan akun AdSense Anda ketika mendaftarkan kanal di YPP.

Menghasilkan Uang dari YouTube dengan Iklan

Setelah Anda terdaftar dengan YPP, Anda akan memperoleh lebih banyak tool yang bermanfaat untuk kreator. Selain itu Anda juga sudah bisa memasang iklan dan memperoleh uang dari YouTube.

Supaya video Anda bisa dipasang iklan, pastikan video memenuhi ketentuan YouTube terkait dengan konten ramah pengiklan. Artinya jika video Anda mengandung topik yang sensitive, lebih baik matikan monetisasi di video agar tidak dicekal oleh YPP.

Keanggotaan Channel

Keanggotaan channel ini bisa dikatakan seperti grup penggemar untuk channel YouTube Anda. Nantinya para subscriber Anda bisa membayar biaya keanggotaan bulanan dan sebagai gantinya para subscriber akan menerima konten khusus dari Anda. Ini bisa dijadikan sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari YouTube.

Namun untuk mengaktifkan fitur ini, Anda minimal harus berusia 18 tahun serta memiliki lebih dari 30.000 subscriber. Cara mengaktifkannya Anda tingal login ke akun Google lalu pilih tag memberships dan klik get started kemudian ikuti petunjuk yang ada di layar.

Rak Marchendise

Rak marchendise ini memungkinkan Anda menjual pernak-pernik resmi yang terkait dengan brand dan kanal Anda. Sementara itu untuk mengaktifkan fitur ini dan mendapatkan uang dari YouTube, Anda minimal harus 18 tahun dan memiliki lebih dari 10.000 subscriber.

Super Chat dan Super Stickers

Super Chat dan Super Stickers merupakan cara Anda untuk berinteraksi dengan subscriber lewat live chat. Agar Anda bisa mendapatkan uang dari YouTube, para subscriber bisa membayar agar pesan yang mereka kirim akan disorot di live chat tersebut.

Nah, untuk mengaktifkan fitur ini dan mendapatkan uang dari YouTube, login saja ke YouTube Studio lalu klik opsi Monetization di menu sebelah kiri. Kemudian pada menu sebelah atas yang ada di Dashboard utama, klik live chat kemudian get started. Setelah itu ikuti saja petunjuk yang ada di layar.

YouTube Premium

Cara mendapatkan uang dari YouTube selanjutnya adalah dengan mendapatkan YouTube Premieum Reveneu. Perlu Anda ketahui, YouTube memang memiliki opsi berlangganan yang disebut dengan Premium.

Nantinya jika pengguna YouTube Premium menonton video yang Anda unggah, Anda akan mendapatkan porsi dari biaya berlangganan yang sudah dibayarkan oleh pengguna YouTube Premium tadi.

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan uang dari YouTube. Intinya cukup banyak opsi yang bisa Anda lakukan agar pundi-pundi rupiah yang Anda dapatkan dari YouTube jumlahnya semakin besar. Dan semoga ulasan singkat mengenai cara mendapatkan uang dari YouTube ini bisa membantu Anda semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here