Yuk Intip Penghasilan Youtuber Terkenal di Indonesia Perbulannya

0
85

Banyak yang mengatakan jika penghasilan Youtuber terkenal bisa mencapai angka miliaran, bernarkah demikian? Dikarenakan berita tersebut, kini banyak sekali orang-orang yang mencoba peruntungannya untuk menjadi seorang Youtuber. Terlebih lagi kini banyak yang memberitakan jika penghasilan seorang Youtuber tidak bisa dipandang sebelah mata.

Ada yang bisa mendapatkan uang dengan hanya menonton video. Ada aplikasi Vtube. Ini platform yang akan memberikan uang bagi yang mau menonton video. Vtube ini sudah sangat terkenal sebagai aplikasi nonton video dibayar.

Jika Anda ingin menjadi orang yang membuat video di Youtube, ini tidak bisa dilakukan dengan setengah hati. Pasalnya Anda dituntut untuk memiliki banyak akal, ide kreatif, maupun karya-karya yang bisa menarik perhatian orang-orang supaya menonton video yang dibuatnya. Tujuannya tidak lain agar mendapatkan banyak viewers dan juga subscriber.

Faktor yang Mempengaruhi Penghasilan Youtubers

Pada dasarnya penghasilan seorang Youtuber didapatkan dari jumlah viewers. Artinya semakin banyak viewers maka semakin banyak pula rupiah yang akan didapatkannya. Misalnya saja seorang Youtuber terkenal memasukkan sebuah video beriklan dan memiliki viewers sebanyak 1.010.279. Pertanyaannya, berapa penghasilannya?

Dengan jumlah viewers sebanyak itu, maka perkiraan perhitungan pembayaran YouTube yang didapatkan mencapai $131.34 USD sampai dengan $303.08 USD. Yang menjadi pertanyaanya kemudian adalah bagaimana cara menghitungnya?

Nilai di atas tadi dihitung berdasarkan dari RPM atau Revenue per Thousand Impressions. RPM sendiri pada dasarnya merupakan pendapatan per seribu kali impresi (tayang) yang diperoleh antara $0.13 sampai $0.30 USD.

Yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah perbedaan harga iklan sangat bergantung pada wilayah, jenis konten iklan, jenis iklan, hingga jumlah subscriber yang dimiliki sebuah channel YouTube. Oleh sebab itu cukup banyak faktor yang akan mempengaruhi pendapatan pada RPM YouTube itu sendiri.

Artinya ada beberapa hal yang bisa memberikan pengaruh pada penghasilan seorang Youtuber, diantaranya seperti:

1. Jumlah Subscriber

Semakin banyak subscriber, maka akan semakin banyak pula peluang Youtuber untuk mendapatkan viewers. Nah, semakin banyak viewers maka semakin banyak pula penghasilan Youtuber yang akan didapatkan.

2. Jumlah mengklik iklan

Semakin banyak viewers yang mengklik iklan, maka semakin banyak penghasilan yang akan didapatkan. Meskipun demikian, jangan sekali-kali Youtuber mengklik iklan di videonya sendiri. Sebab akan berakibat sangat fatal, yaitu akan terkena banned.

3. Jenis iklan

Jenis iklan juga akan mempengaruhi penghasilan seorang Youtuber. Pasalnya relevansi menjadi hal yang cukup penting bagi iklan.

Pendapatan Youtuber di Indonesia

penghasilan seorang youtuber

Pernahkah Anda mendengar jika penghasilan sorang Youtuber kasarannya akan mendapatkan 1 USD per 1000 views. Bernarkah seperti itu?

Ternyata angka tersebut tidak bisa dijadikan sebagai patokan. Sebab angka tadi hanya berlaku untuk pasar Amerika Serikat Saja. Artinya jika di Indonesia, hitung-hitungan tadi belum tentu berlaku. Artinya meskipun video Anda ditonton sebanyak 1000 kali tetapi tidak mendapatkan klik ke iklan, rasa-rasanya mendapatkan 1 USD pun sulit terjadi.

Di atas tadi sebenarnya sudah sedikit disinggung terkait dengan beberapa faktor yang mempengaruhi penghasilan Youtuber. Salah satunya adalah topik video. Topik video pada dasarnya memegang peranan yang cukup penting.

Misalnya Anda membuat video seputar puisi. Bisa dipastikan harga klik per iklannya lebih rendah jika dibandingkan dengan jika Anda membuat video tentang smartphone. Sebab semakin dekat video Anda ke produk yang ‘mahal’, maka akan semakin besar pula yang bisa dihasilkan dari perklik iklan.

Mungkin di antara Anda banyak yang mengeluh jumlah views video sudah mencapai puluhan ribu. Tetapi pendapatan ternyata masih diangka belasan dolar, atau bahkan di bawah 10 dolar. Mengapa bisa seperti itu?

Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki Effective cost per mille yang rendah jika dibandingkan dengan negara lain. Terlebih lagi Amerika Serikat yang bayaran per 1000 views bisa mencapai 1 sampai dengan 7 USD. Sementara itu di Indonesia sendiri perhitungan kasarnya adalah Anda bisa memperoleh Rp. 7.000 per 1000 tayangan.

Artinya jika video Anda mendapatkan 1 juta views, pendapatan yang bisa diperoleh setidaknya 550 USD atau sekitar Rp. 7.000.000. Angka tersebut dihitung berdasarkan dua faktor dalam penayangan iklan, yaitu CPM (Cost per Mille) dan CPC (Cost per Click).

10 Youtuber Terkenal Indonesia dan Penghasilannya

YouTube merupakan situs website berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan dari Paypal pada tahun 2005. Sebuah situs yang biasa digunakan sebagai hiburan dan sarana informasi ini dikabarkan bisa menggaji para Youtuber-nya alias kreator dengan nominal yang cukup fantastis. Bernarkah seperti itu?

Nah, untuk memastikan itu semua, mari sama-sama melihat berapa penghasilan Youtuber terkenal yang ada di Indonesia berikut ini:

1. Baim Wong dan Paula Verhoeven (Baim Paula)

Di saat jumlah subscribers-nya masih 14,4 juta dan jumlah video yang di-uploud (akumulatif) 1.403 dengan jumlah penonton (akumulatif) 2,73 miliar maka proyeksi pendapatan perbulannya bisa mencapai US$ 59.300 sampai dengan US$ 949.100. Jika dikonversikan ke rupiah maka pendapatannya sebesar Rp. 830,20 juta sampai Rp. 13,29 miliar.

2. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Rans Entertainment)

Di saat jumlah subscribers-nya masih 16,3 juta dan jumlah video yang di-uploud (akumulatif) 733 dengan jumlah penonton (akumulatif) 1,88 miliar maka proyeksi pendapatan perbulannya bisa mencapai US$ 48.500 sampai dengan US$ 776.200. Jika dikonversikan ke rupiah maka pendapatannya sebesar Rp. 679 juta sampai Rp. 10,87 miliar.

3. Deddy Corbuzier

Di saat jumlah subscribers-nya masih 10,1 juta dan jumlah video yang di-uploud (akumulatif) 613 dengan jumlah penonton (akumulatif) 1,34 miliar maka proyeksi pendapatan perbulannya bisa mencapai US$ 34.600 sampai dengan US$ 553.500. Jika dikonversikan ke rupiah maka pendapatannya sebesar Rp. 484,40 juta sampai Rp. 7,75 miliar.

4. Andre Taulany (Taulany TV)

Di saat jumlah subscribers-nya masih 3,58 juta dan jumlah video yang di-uploud (akumulatif) 271 dengan jumlah penonton (akumulatif) 398,45 juta maka proyeksi pendapatan perbulannya bisa mencapai US$ 30.600 sampai dengan US$ 489.500. Jika dikonversikan ke rupiah maka penghasilan Youtuber sebesar Rp. 428,40 juta sampai Rp. 6,85 miliar.

5. Atta Halilintar

Di saat jumlah subscribers-nya masih 23,8 juta dan jumlah video yang di-uploud (akumulatif) 894 dengan jumlah penonton (akumulatif) 2,50 miliar maka proyeksi pendapatan perbulannya bisa mencapai US$ 27.500 sampai dengan US$ 439.800. Jika dikonversikan ke rupiah maka pendapatannya sebesar Rp. 385 juta sampai Rp. 6,16 miliar.

6. Ria Ricis (Ricis Official)

Di saat jumlah subscribers-nya masih 21,1 juta dan jumlah video yang di-uploud (akumulatif) 962 dengan jumlah penonton (akumulatif) 2,86 miliar maka proyeksi pendapatan perbulannya bisa mencapai US$ 24.800 sampai dengan US$ 396.500. Jika dikonversikan ke rupiah maka pendapatannya sebesar Rp. 374,20 juta sampai Rp. 5,55 miliar.

7. Gen Halilintar

Di saat jumlah subscribers-nya masih 16,4 juta dan jumlah video yang di-uploud (akumulatif) 783 dengan jumlah penonton (akumulatif) 2,85 miliar maka proyeksi pendapatan perbulannya bisa mencapai US$ 22.100 sampai dengan US$ 354.000. Jika dikonversikan ke rupiah maka pendapatannya sebesar Rp. 309,40 juta sampai Rp. 4,96 miliar.

Ternyata penghasilan seorang Youtuber terkenal tidak bisa dipandang sebelah mata. Wajar saja jika kini banyak yang mencoba peruntungannya dengan menjadi sorang Youtuber. Meskipun butuh kerja keras untuk menjadi Youtuber dengan penghasilan Youtuber terkenal di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here