Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Yang Bisa Menambah Uang Saku

0
243

Bagi mahasiswa pasti sedang berfikir peluang usaha untuk mahasiswa yang bisa dijadikan pekerjaan sampingan untuk sekedar menambah uang saku sampai membayar biaya kuliah. Tentunya bisnis dapat dilakukan tanpa mengusik kegiatan utama mahasiswa, yaitu belajar. Berikut peluang usaha untuk mahasiswa yang bisa dijadikan pilihan menambah uang saku:

1. Jadi Dropshipper

Peluang usaha untuk mahasiswa yang pertama yaitu jadi dropshipper (Orang yang melakukan Dropship). Dropship sendiri merupakan bisnis dimana tanpa harus memiliki barang, bahkan tanpa modal, tetapi bisnis tetap bisa berjalan. Jika ingin menjalankan peluang usaha sistem Dropship, harus menjalin kerja sama dengan supplier di sebuah situs jual beli online.

2. Membuka Jasa Pembuatan Kue

Banyak sekali jasa pembuatan kue yang beredar, semua karena tingginya minat masyarakat akan kue. Biasanya kue dibutuhkan di berbagai acara seperti ulang tahun, syukuran bahkan pernikahan. Peluang usaha untuk mahasiswa ini tidaklah rumit dan memakan waktu. Hanya perlu bermodalkan kemampuan membuat kue.

Promosi pun terbilang mudah, bisa melalui mulut ke mulut mulai dari sesama mahasiswa ataupun melalui media sosial. Pembuatan kue pun dapat dilakukan saat malam hari atau pagi hari sebelum berangkat kuliah. Intinya harus pandai membagi waktu serta tekun.

3. Usaha Online Shop

Jika mahasiswa yang menjalankan usaha secara dropship sudah memiliki modal sedikit lebih besar tidak ada salahnya memulai usaha online shop. Peluang usaha untuk mahasiswa ini tidak membutuhkan terlalu banyak modal, tetapi hasilnya sangat lumayan. Tergantung seberapa tekun menjalani bisnis online shop ini.

Berbagai barang seperti baju, sepatu dan pernak pernik lainnya dapat dijual. Sudah banyak situs jual beli online yang menawarkan berbagai transaksi di dunia maya. Usaha ini tidak hanya ditujukan kepada teman kampus, tetapi mampu ditujukan kepada banyak orang di dunia.

4. Jual Pulsa Elektrik

Sudah banyak mahasiswa memilih berjualan pulsa secara elektrik sebagai permulaan belajar bisnis karena modalnya tidaklah besar. Usaha ini cukup mudah dilakukan, tetapi keuntungannya akan lumayan jika mampu mengelolanya dengan baik. Peluang usaha untuk mahasiswa ini meraup keuntungan sekitar Rp. 500 sampai Rp. 1.500,- kalikan saja dengan banyaknya transaksi disetiap harinya, pasti lumayan hasilnya.

Tetapi harus mampu menghadapi resiko, dimana akan banyak yang berhutang. Apa lagi kalau pelanggan yang berhutang adalah teman kampus, kesabaran menjadi kunci utama.

5. Membuka Les Privat

Untuk mahasiswa yang memiliki kemampuan menonjol di berbagai pelajaran seperti matematika, IPA, dan bahasa inggris dapat membuka les privat. Peluang usaha untuk mahasiswa ini sangat cocok menargetkan murid SD, SMP, dan SMA.

Tidak akan menyita waktu, karena dapat dilakukan sepulang kuliah dan penghasilannya cukup lumayan. Tidak menutup kemungkinan membuka les privat juga tetap bisa ditekuni setelah wisuda, sebagai usaha sampingan di luar pekerjaan utama.

6. Membuka Jasa Foto

Membuka jasa fotografi sangat cocok untuk mahasiswa yang hobi dan memiliki skill menjadi seorang fotografer. Bisnis ini akan berpotensi besar jika mampu mengaturnya dengan baik. Seperti saat wisuda, jasa fotografi sangat dibutuhkan, apalagi jika sudah memiliki banyak kenalan sesama mahasiswa, peluang sukses menjadi semakin lebar. Sudah banyak kamera digital DSLR yang harganya tidak terlalu mahal.

Dengan modal tersebut, mahasiswa akan mampu menghasilkan gambar yang menarik. Bukalah dengan permulaan foto gratis, tetapi konsumen hanya perlu membayar hasil cetaknya. Jika dirasa bagus, pasti konsumen tersebut akan menawarkan kepada yang lainnya. Mungkin saja bisa menjadi fotografer suatu pernikahan, yang jelas bayarannya besar.

7. Bisnis Jual Kaos

Memulai peluang usaha untuk mahasiswa ini diharuskan memiliki hubungan dengan tempat konveksi dan sablon. Ide peluang bisnis jual kaos sangatlah berpotensi meraup untung besar dan laris, karena mahasiswa memiliki banyak kenalan sesama mahasiswa. Kampus sering mengadakan sebuah event yang tentu membutuhkan kaos untuk panitia maupun peserta.

Hanya perlu mendesain kaos dengan keren dan kreatif. Disinilah kekreatifan dibutuhkan, karena semakin keren desain, makan akan semakin banyak orang yang tertarik memesan.

8. Membuat Souvenir

bagi mahasiswa yang hobi membuat kerajinan tangan, bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai peluang usaha untuk mahasiswa. Karena pembuatan souvenir terbilang sederhana, bermodal kecil dan tidak memakan waktu lama dalam pembuatannya. Souvenir yang dijual bisa berupa gantungan kunci untuk pernikahan, atau bucket bunga dari kain panel untuk wisuda.

Jika yang sudah merasa memiliki kemampuan dibidang kerajinan tangan hanya perlu mengasahnya sehingga karya menghasilkan nilai jual tinggi. Promosi bisa langsung ke teman kampus ataupun melalui media sosial.

9. Membuka Jasa Servis Laptop Atau Komputer

Bisnis ini dinilai cukup potensial sebagai peluang usaha untuk mahasiswa, karena kegiatan perkuliahan sendiri menggunakan laptop atau komputer dalam kegiatannya. Tetapi tentunya bisnis ini hanya bisa dijalankan oleh yang mengerti dan memiliki keterampilan soal hardware dan software suatu perangkat. Penghasilan akan cukup besar, jika mampu memberikan servis yang baik serta melakukan promosi yang menarik.

10. Membuka Warung

Jika toko membutuhkan modal besar, membuka warung dirasa cocok dijadikan peluang usaha untuk mahasiswa. Tidak perlu takut jika dagangan tidak laku hari ini, karena masih dapat dijual besok. Usaha ini hanya perlu dilakukan di rumah. Saat berkuliah, orang tua bisa membantu membuka warung dan tinggal dilanjutkan saat kuliah selesai.

Fokus utama dalam bisnis ini adalah tetangga dan akan semakin menguntungkan jika rumah dekat dengan jalan raya. Akan banyak pengendara yang mampir hanya sekedar membeli minuman. Tetapi ingat usaha ini bukan sebagai beban baru untuk orang tua, mahasiswa harus mampu bertanggung jawab.

11. Membuka Jasa Catering

Jika merasa memiliki kemampuan memasak dan tergolong enak, tidak ada salahnya membuka jasa catering. Promosi dapat dilakukan kepada teman kampus dan juga dosen untuk catering makan siang. Tidak menutup kemungkinan bisnis akan semakin berkembang, dan akhirnya memerlukan asisten untuk membantu. Kuncinya adalah pelayanan yang ramah dan kualitas makanan yang terjaga.

Itulah 11 peluang usaha untuk mahasiswa yang bisa dijadikan pilihan menambah uang saku. Dengan modal tidak terlalu besar, peluang usaha ini mampu memberikan pengalaman yang dapat dijadikan latihan sebelum bekerja setelah lulus nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here