8 Peluang Usaha Kreatif Di Indonesia Yang Menguntungkan

0
209

Begitu banyak peluang usaha kreatif di Indonesia yang menjanjikan keuntungan besar. Tapi tidak banyak yang tahu usaha seperti apa yang sekiranya kreatif dan belum terlalu banyak yang memasarkan. Usaha kreatif tidak perlu mementingkan modal yang besar, yang pasti ide unik dan kreatif lah yang bisa mengantarkan pundi-pundi rupiah.

Banyak barang bekas atau barang tidak terpakai atau keahlian yang dimiliki yang bisa dijadikan usaha kreatif. Nah untuk itu simak peluang usaha kreatif di Indonesia yang bisa digeluti untuk mendapatkan keuntungan di bawah ini.

1.  Usaha Kreatif Bross Hijab

Mayoritas penduduk di Indonesia adalah muslim dan saat ini sudah banyak muslimah yang menggunakan hijab. Untuk itu bross hijab sangat cocok dijadikan peluang usaha kreatif di Indonesia. Karena bross dapat membuat penampilan terlihat semakin menarik.

Apalagi jika bros yang digunakan berbentuk unik, pasti penampilan akan terlihat semakin menarik. Bross yang dibuat bisa berupa bunga, boneka kecil, ataupun karakter kartun yang unik. Dalam proses pembuatannya memang memerlukan tangan-tangan kreatif agar hasil yang di dapat maksimal.

Untuk modal usahanya tidak terlalu besar, bahkan bisa menggunakan bahan-bahan bekas yang dapat di daur ulang. Bross hijab sangat banyak diminati jadi jangan ragu untuk menjadikan usaha kreatif ini menjadi usaha sampingan sehari-hari.

2. Kerajinan Dari Koran Atau Majalah Bekas

Siapa bilang koran atau majalah yang tidak terpakai tidak bisa dijadikan sebagai peluang usaha? Justru koran bisa dijadikan peluang usaha kreatif di Indonesia yang menjanjikan keuntungan cukup besar. Koran atau majalah yang tidak terpakai bisa dijadikan wadah tempat pernak-pernik yang dimiliki.

Bisa juga dijadikan bunga sebagai hiasan di meja ruang tamu, atau dijadikan asbak tempat abu rokok. Selain tangan kreatif yang dibutuhkan, bahan utama yang dibutuhkan lainnya adalah koran bekas. Tidak perlu mengeluarkan modal yang besar bukan?

3. Usaha Desain Mahar Pernikahan

Jika memiliki keterampilan dan kreatifitas yang tinggi, menjadikan usaha desain mahar pernikahan sebagai peluang usaha kreatif di Indonesia bisa dijadikan pilihan. Tingginya tingkat pernikahan di Indonesia setiap tahun membuat usaha kreatif ini menjadi sangat diminati oleh beberapa orang kreatif.

Mulai dari membentuk nama kedua calon mempelai menggunakan uang koin, atau membuat perahu dari uang kertas dan masih banyak lagi bentuk kreatif lainnya. Modal yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar, hanya kanvas atau papan serta bingkainya. Karena uang mahar biasanya dikirim langsung oleh calon pengantinnya.

4. Usaha Makanan Yang Rasa Dan Bentuknya Unik

Di Indonesia jika ada makanan unik yang baru launching pasti langsung banyak yang mengantri untuk sekedar mencicipi makanan tersebut. Nah ini bisa dijadikan peluang usaha kreatif di Indonesia yang harus dicoba. Apalagi jika makanan yang dibuat memiliki cita rasa dan bentuk yang unik, pasti akan ada pelanggan yang berdatangan.

Saat ini memang sudah banyak usaha makanan yang memiliki cita rasa dan bentuk yang unik. Tapi apa salahnya mencoba peluang usaha yang satu ini, karena apabila digeluti dengan tekun usaha makanan kreatif ini akan berkembang dan meraup keuntungan besar.

5. Usaha Dessert

Makanan penutup atau dessert saat ini banyak diminati para pembeli, terutama ibu-ibu yang ingin mengadakan acara di rumah yang tidak ingin repot membuat dessert. Usaha kreatif ini bisa dicoba. Seperti puding 3 dimensi yang juga banyak diminati banyak orang di Indonesia.

Sebenarnya puding sudah dikenal masyarakat umum dengan bentuk biasa berupa agar-agar yang dicampur dengan susu. Tapi berbeda dengan puding yang menggunakan hiasan 3 dimensi dengan berbagai macam bentuk.

Hiasan yang digunakan bisa berupa bunga, dedaunan, atau bahkan batik. Selain tampilannya yang menarik rasa yang dijual pun tidak boleh kalah dengan tampilannya.

6. Usaha Kreatif Berbahan Dasar Rotan

Rotan bisa menjadi kerajinan dengan berbagai bentuk yang unik di tangan kreatif para pengrajin. Usaha kreatif berbahan dasar rotan bisa berbentuk peralatan rumah tangga yang unik dengan berbagai bentuk yang karakter yang lucu dan unik.

Banyak jenis peralatan rumah yang bisa di buat dari rotan, seperti kotak aksesoris, tempat mainan, keranjang buahan, dan masih banyak lagi.

Keuntungan yang di dapat dari usaha kreatif ini pun cukup menggiurkan. Jadi tidak ada salahnya untuk menjadikan usaha berbahan dasar rotan ini sebagai usaha sampingan bahkan bisa dijadikan usaha utama jika digeluti dengan tekun.

7. Kursi Dari Drum Bekas

Banyak drum-drum yang tidak terpakai dibuang begitu saja, padahal drum bisa dijadikan peluang usaha kreatif di Indonesia yang memiliki nilai jual cukup tinggi. Drum-drum bekas biasanya hanya dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah. Padahal drum bisa dijadikan sebagai kursi untuk bersantai bersama keluarga dan teman-teman dekat lho.

Banyak para pembeli yang tertarik untuk membeli kursi yang berasal dari drum bekas, selain unik kursi dari drum ini memiliki nilai kreatifitas yang tinggi. Bahkan omset dari penjualan kursi tersebut lumayan besar bisa mencapai jutaan rupiah. Cukup kreatif dan sangat menjual bukan?

8. Usaha Dekorasi

Nah selanjutnya peluang usaha kreatif di Indonesia yang bisa dicoba adalah usaha dekorasi, baik dekorasi ulang tahun ataupun dekorasi syukuran. Dalam beberapa acara spesial, biasanya banyak orang yang mencari jasa dekorasi untuk memberikan kesan lebih pada acara yang akan digelar.

Dekorasi ini pun tiap tahun bahkan tiap bulannya ada saja peminatnya. Walaupun banyak jasa dekorasi yang lain, tapi jika bisa membuat hasil dekorasi yang lebih kreatif, unik, dan berkesan pasti pundi-pundi rupiah akan menghampiri.

Itulah 8 peluang usaha kreatif di Indonesia yang menguntungkan. Jadi peluang usaha yang mana yang ingin coba digeluti dan dijadikan usaha sampingan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here