Macam-Macam Peluang Usaha Di Desa Yang Patut Untuk Dicoba

0
215

Bicara tentang peluang usaha di desa memang tidak akan pernah ada habisnya. Apalagi di era teknologi informasi seperti saat ini. Situasi ini membuat banyak orang yang tertarik dan berkesempatan membangun usahanya sendiri alias berwirausaha. Peluang usaha kini tak lagi hanya dapat ditemukan pada perkotaan. Dengan adanya kemajuan teknologi dan pengetahuan, di desa pun menjadi tempat yang sangat berpeluang untuk mengembangkan sebuah usaha.

Namun menemukan peluang usaha di desa tidak juga sesederhana yang dibayangkan. Karena keberhasilan sebuah usaha yang dibangun bukan hanya bergantung dari besarnya modal yang dimiliki. Namun sangat bergantung pada peluang yang ada. Kemauan pasar, kapasitas SDM, momen penting, menjadi beberapa acuan dalam menentukan peluang usaha di desa. Berikut ini akan dibahas mengenai macam-macam peluang usaha di desa yang patut dicoba.

1. Beternak Ayam Kampung

Peluang usaha di desa yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Karena tempatnya yang cocok untuk memelihara unggas seperti ayam. Ketersediaan lahan di desa yang masih cukup luas menjadikan lokasi ini sangat cocok untuk beternak ayam kampung. Daging ayam kampung yang tidak pernah sepi peminat juga menjadi faktor pendorong keberhasilan usaha ini.

Kebutuhan daging ayam di perkotaan pun makin hari terus bertambah, sementara produksinya tidak bisa digenjot seperti ayam potong. Oleh karena itu peluang usaha yang satu ini sangat cocok dilakukan di pedesaan. Selain lahan yang luas dimana itu memungkinkan ayam kampung untuk berkembang dengan cepat dan lebih baik. Lingkungan pedesaan yang masih asri juga akan mempengaruhi kondisi ayam yang lebih sehat sehingga kualitas lebih terjaga.

2. Berkebun Sayur Organik

Menjadikan warga kota sebagai pangsa pasar merupakan peluang usaha di desa yang sangat berpotensi saat ini. Strategi ini juga didasari oleh ide yang sederhana yaitu memanfaatkan apa-apa yang tidak dimiliki kota. Salah satunya ialah lahan perkebunan. Dan kesadaran hidup sehat yang saat ini sedang gancar-gencarnya dilakukan. Luas lahan yang tersedia di desa menjadi peluang usaha dengan menanam sayuran organik.

Saat ini warga di kota sudah mulai sadar pentingnya gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang juga sehat. Salah satunya ialah sayur-sayuran organik. Dengan berkebun sayur organik kita akan  mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit, sebab harganya yang jauh lebih mahal dibanding sayur-sayuran biasa. Selain itu kita pun dapat ikut melestarikan alam dengan pola pertanian yang juga sehat untuk alam.

3. Pertamini/ Pom Bensin Mini Portable

Selanjutnya ialah peluang usaha di desa yang diperuntukkan untuk masyarakat pedesaan itu sendiri. Seringkali saat berkunjung ke suatu desa kita kesulitan untuk mendapatkan bensin. Baik itu menemukan pom bensin ataupun bensin eceran. Pertamini/ pom bensin mini portable menjadi salah satu solusinya. Dengan membuka pertamini, kita dapat membantu warga pedesaan yang kesulitan mendapatkan bensin.

Pom bensin mini juga lebih menarik dibandingkan dengan kios konvensial. Kepraktisan yang disediakan akan membuat pelaku usahanya tidak lagi kerepotan dalam menjualnya. Perkembangan pertamini di desa pun sudah cukup berkembang saat ini. Keuntungan yang didapat pun dengan mudah menutupi modal yang telah kita keluarkan. 

4. Berjualan Pulsa Elektrik

Berjualan pulsa elektrik dan kuota internet kini menjadi peluang usaha di desa yang juga menjanjikan. Karena saat ini pengguna handphone dengan basis jaringan internet sudah semakin menjamur termasuk di pedesaan. Para pengguna handphone dan jaringan internet inilah yang kemudian menjadi target usaha penjual pulsa elektrik dan kuota internet.

Dengan adanya permintaan akan kuota internet inilah yang bisa dimanfaatkan sebagai ladang bisnis dan usaha yang dapat dilakukan di pedesaan. Selain jarak tempuh yang cukup jauh dari perkotaan warga di desa juga akan lebih tertarik membelinya langsung ditempat mereka berada. Selain lebih efisien waktu, harga yang ditawarkan pun tidak akan jauh berbeda. Usaha penjualan pulsa dan kuota menjadi salah satu jenis usaha yang banyak diminati saat ini.

5. Beternak Ikan Lele

Selain beternak unggas, peluang usaha di desa yang juga patut dicoba adalah beternak ikan lele. Usaha budidaya ikan memang sangat cocok dilakukan di pedesaan karena ketersediaan lahan serta keadaan alamnya yang masih sangat alami. Karena ini akan berpengaruh terhadap hasil daging yang akan diperoleh nantinya. Selain itu, ikan lele juga merupakan jenis ikan yang laris di pasaran Indonesia. 

Modal awal yang diperlukan untuk memulai usaha budidaya ikan lele pun tidaklah mahal. Tergantung pada jumlah bibit lele yang akan disebar ke kolam. Harganya berkisar dari Rp 100-300 Rupiah per ekor tergantung dari ukurannya. Dengan waktu panen yang juga tidak terlalu lama menjadikan usaha ternak ikan lele menjadi sangat menguntungkan.

6. Usaha Kuliner

Peluang usaha yang satu ini tidak akan pernah sepi peminat. Sebab permintaan akan makanan terbukti terus meningkat tiap tahunnya. Tak hanya di kota peluang usaha kuliner juga cukup menjanjikan di pedesaan. Karena keadaan desa yang saat ini juga mulai berkembang dengan adanya internet dan teknologi informasi lainnya. Dengan berjualan kuliner unik dan tak biasa tentu akan menjadikan ini sebagai peluang usaha di desa yang wajib untuk dicoba.

Itulah beberapa ulasan mengenai macam-macam peluang usaha di desa yang patut untuk kita coba. Namun perlu digaris bawahi untuk segala jenis usaha yang akan dilakukan ada hal yang paling penting dan mendasar. Yaitu sebuah kemauan dan konsistensi diri yang tetap terjaga. Tujuannya tentu agar apa yang telah dilakukan dapat terus ada dan semakin berkembang. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here