Modal Usaha Ternak Bebek

No comment 1229 views

cara beternak bebek

Beternak merupakan usaha mengembangbiakkan hewan untuk kemudian menjualnya kembali. Hewan yang diternakkan bisa berupa sapi, kambing, unggas, dan juga ikan. Beternak bisa dijadikan salah satu ladang usaha yang menjanjikan, mengingat kebutuhan pasar ternak dalam negeri yang terus meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk Indonesia.

Terutama bagi Anda yang berdomisili di desa dan ingin berbisnis. Lantas beternak apakah yang mudah dan cepat panen? Anda bisa mencoba beternak bebek. Apa saja yang Anda butuhkan untuk memulai beternak bebek? Berikut beberapa hal yang perlu Anda siapkan untuk Modal Usaha Ternak Bebek.

Modal Usaha Ternak Bebek

Beternak bebek memang dinilai lebih cepat panen dari pada beternak unggas jenis lain seperti ayam dan burung puyuh. Untuk jenis bebek Hibrida dan Peking dalam waktu kurang dari tiga bulan sudah bisa dipanen, dalam arti dagingnya sudah bisa dipotong.

Sedangkan untuk jenis bebek lokal biasa, Anda bisa memanfaatkan telurnya untuk diolah menjadi telur asin yang tinggi protein. Nah, tertarik untuk mencoba beternak bebek? Berikut akan kita bahas Modal apa saja yang harus Anda persiapkan.

1. Tentukan Bibit Bebek

Ini adalah langkah awal sekaligus langkah penting yang harus Anda persiapkan sebelum memulai beternak bebek. Pemilihan dan penentuan bibit inilah yang nantinya akan menentukan usaha ternak bebek Anda ini ke depan.

Jika Anda ingin menjadi suplier atau pemasok daging bebek, bebek Hibrid maupun Peking adalah pilihan yang tepat. Kedua jenis bebek ini seperti halnya jenis ayam potong. Tidak memerlukan waktu lama untuk bisa dipanen dagingnya.

Dari awal menetas sampai usia 3 bulan sudah dipastikan bisa dipanen dengan berat rata-rata 4-5 kg. Jika Anda ingin menjadi suplier telur bebek, jenis bebek lokal biasa sudah cukup.

2. Kandang

Bebek tidak seperti ayam maupun burung puyuh. Jika Anda beternak ayam Anda bisa membuat kandang yang tertutup, untuk bebek hal ini tidak berlaku. Bebek menyukai tempat yang luas. Jadi, Anda memang dituntut untuk bisa menyediakan kandang yang lapang, karena bebek sangat suka hidup bergerombol.

Cukup buatkan kandang yang dikelilingi pagar kayu setinggi pinggang orang dewasa di sebuah lahan berukuran 3×3 meter persegi saja sudah cukup. Ini sudah memberikan bebek ruang gerak yang bebas seperti di alam liar, sehingga Anda tidak perlu repot-repot menggembalanya ke sawah maupun ke sungai.

Tidak usah khawatir bebek akan terbang. Buatlah pagar yang rapat untuk mencegah bebek kabur dan masuknya predator.

3. Pakan

Bebek merupakan pemakan segala yang “agak” rakus. Faktor inilah yang menjadikan bebek sangat potensial. Selain menyediakan pakan kering seperti sentrat dan dedak, Anda dituntut pula untuk menyediakan sayur-sayuran maupun buah-buahan yang dicampurkan pada makanan bebek setiap kali memberi mereka makan.

Terutama sayuran hijau seperti daun pepaya, daun singkong, daun bayam maupun daun kangkung bisa Anda jadikan pilihan. Dalam satu minggu, minimal dua kali berikan pula campuran ikan atau udang-udang kecil dalam makanan bebek.

Ini karena jika dilepas di alam bebas, bebek suka sekali berburu udang maupun ikan-ikan kecil di sungai. Pemberian ampas tahu juga sangat baik untuk meningkatkan berat badan bebek dalam waktu cepat.

4. Asupan Air

Bebek sangat suka air. Baik untuk membasahi tubuh mereka maupun untuk minum. Oleh karena itu, persediaan air di kandang jangan sampai kurang maupun telat. Selain itu, aroma feses bebek cenderung lebih bau dibanding feses ayam yang tentu akan mengganggu lingkungan sekitar jika tidak secara rutin dibersihkan. Air dapat digunakan untuk membersihkan kandang bebek dengan cara menyiramnya secara rutin setiap hari di pagi atau sore hari.

5. Vaksin Dan Obat-Obatan

Vaksin penting untuk diberikan pada bebek untuk menghindarkan ternak Anda dari bahaya penyakit maupun kuman dan virus yang akan menjangkiti mereka. Untuk hal ini, Anda bisa berkonsultasi dengan dinas peternakan di kota Anda untuk pemberian vaksin maupun desinfektan secara teratur maupun berkonsultasi dengan dokter hewan Anda.

Sekian beberapa hal yang harus Anda siapkan sebagai Modal Usaha Ternak Bebek Anda. Perlu dan sangat penting untuk diingat, dalam beternak dibutuhkan kesabaran dan ketlatenan agar hasil panen yang kita dapatkan maksimal dan memuaskan. Terlepas dari itu semua, Anda harus bisa memperlakukan bebek dengan sabar karena bebek memiliki sifat yang pemalu. Ingat, siapa yang telaten akan memanen. Selamat beternak.

 

author
No Response

Leave a reply "Modal Usaha Ternak Bebek"