Lakukan Hal Ini Untuk Membuka Peluang Bisnis Ternak Ayam Kampung

cara-beternak-ayam-kampungBeternak memang hal yang menyenangkan. Selain menghilangkan stress karena dianggap sebagai hobi untuk sebagian orang, beternak juga bisa dijadikan lahan bisnis. Beternak yang dijadikan lahan bisnis tidak pernah ada matinya.

Hewan-hewan ternak masih menghiasi kebutuhan konsumsi semua orang. Dan kebutuhan akan konsumsi hewani meningkat dari tahun ke tahun seiring bertambahnya jumlah penduduk. Salah satu hewan ternak yang banyak diminati untuk dikonsumsi adalah ayam.

Dari berbagai jenis ayam, ayam kampung menjadi primadona seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu, peluang bisnis ternak ayam kampung adalah alternatif pilihan yang tepat untuk kamu jadikan lahan bisnismu.

Lakukan Hal Ini untuk Membuka Peluang Bisnis Ternak Ayam Kampung

Berikut adalah hal-hal yang perlu kamu ketahui untuk memulai membuka peluang bisnis ternak ayam:

1. Miliki Modal Yang Cukup

Modal merupakan hal yang paling utama untuk memulai suatu bisnis apapun. Untuk beternak ayam, modal awal yang kamu miliki digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan beternak ayam. Seperti untuk membeli barang-barang membuat kandang, bibit ayam kampung, makanan ayam kampung dan peralatan lainnya yang mendukung bisnis ternak kamu.

Semua modal yang kamu miliki harus kamu kelola sebaik-baiknya. Besar kecilnya modal bukanlah masalah. Walaupun semakin besar modal akan memudahkan usahamu. Tetapi modal utama dalam berbisnis adalah ulet dan pantang menyerah. Jadi pintar-pintarlah mengelola modal yang kamu miliki.

2. Persiapkan Lokasi Kandang

Kandang merupakan hal yang juga perlu diperhatikan. Jika kamu memelihara ayam untuk kamu jadikan bisnis, siapkan lahan yang cukup untuk menampung hewan ternakmu. Sebaiknya pilih lokasi yang tidak terlalu dekat dengan lingkungan masyarakat.

Tujuannya agar bau kotoran ayam tidak mengganggu masyarakat sekitar. Dan untuk kandang ayam sendiri, buatlah sesuai kebutuhan.

Usahakan membuat pintu kandang menghadap ke arah matahari, agar kandang tidak lembab. Juga, periksa selalu kebersihan kandang agar ayam tetap nyaman dan sehat.

3. Ketahui Cara Beternak Ayam Kampung

Kebanyakan cara beternak ayam kampung adalah dengan melepaskan ayam kampung keluar kandang dan ayam-ayam mencari makanan sendiri di alam. Cara ini bertujuan untuk menekan biaya pakan ayam.

Cara ini biasa disebut cara umbaran dan biasanya dilakukan para peternak di pedesaan yang memiliki lahan luas. Namun kandang tetap disediakan dengan fungsi sebagai tempat berlindung ayam pada saat malam hari atau turun hujan.

Dan cara yang lainnya adalah cara semi intensif. Ayam tetap dibiarkan bebas keluar kandang, akan tetapi ruang gerak ayam dibatasi, tidak seluas menggunakan cara umbaran. Tujuannya adalah meminimalisir energi ayam yang keluar, sehingga produktivitas daging ayam meningkat.

4. Pantau Keadaan Ayam

Pastikan untuk selalu memantau keadaan ayam. Sering-seringlah mengecek kesehatan ayam. Berikan vaksin ayam secara berkala agar ayam tidak menularkan virus dan aman dikonsumsi.

Berikan antibiotik dan vitamin dan campurkan ke makanan ayam, hal ini untuk menjaga imunitas dan produktivitas ayam.

Jangan lupa untuk mengecek ketersediaan minum ayam dan ketersediaan listrik. Dan berikan perhatian ekstra kepada anak-anak ayam agar tidak termangsa oleh hewan lain seperti tikus.

5. Strategi Pemasaran

Pemasaran adalah hal yang diperlukan untuk membuat bisnismu dapat dipetik hasilnya. Perlu diketahui bahwa ayam kampung, baik daging maupun telur banyak diminati.

Secara harga, harga ayam kampung dibilang lebih tinggi dibanding ras ayam pedaging lainnya. Dan telur ayam kampung banyak dicari untuk campuran jamu.

Dengan hal itu, tentu sasaran pemasaran dari produk ayam kampung lebih luas dan bervariasi. Untuk pemasarannya, anda bisa mulai menawarkan ke saudara, teman, atau tetangga.

Dan karena perkembangan zaman, tentu media sosial akan sangat membantu. Lalu menjalin kerjasama dengan rumah makan, katering dan para penjual jamu tradisional tentu patut dicoba.

6. Lakukan Dengan Sungguh-Sungguh

Bisnis memang hal yang mampu menghasilkan pundi-pundi uang yang menggiurkan jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Tetap tekun untuk mencari cara yang efektif untuk menjaga hewan ternakmu. Jangan malu untuk bertanya ke orang yang lebih berpengalaman.

Dengan banyak bertukar pengalaman, peluang bisnis ternak ayam kita akan semakin luas. Kita akan berkesempatan untuk memiliki relasi yang bisa menghubungkan kita ke orang yang membuat usaha kita lebih menghasilkan untung lebih.

Demikian ulasan tentang membuka peluang bisnis ternak ayam kampung yang bisa kamu terapkan dan mengembangkan kemampuan bisnismu. Jangan pernah takut untuk memulai bisnis. Dan selamat mencoba.

 

author
No Response

Leave a reply "Lakukan Hal Ini Untuk Membuka Peluang Bisnis Ternak Ayam Kampung"