Pentingnya Manajemen Persediaan Barang Dagang Bagi Pebisnis

0
1064

Contents

manajemen persediaan barang dagang

Manajemen persediaan barang dagang sangat penting bagi perusahaan. Pelaku bisnis wajib mengelolanya dengan baik. Karena, pengelolaan ini akan mempengaruhi kelancaran usaha.

Pengelolaan stok wajib dilakukan oleh siapa pun. Tidak terkecuali pebisnis yang baru merintis usaha. Bahkan bila skala usahanya terbilang kecil.

Jika stok barang tidak terkelola dengan baik, risikonya mengancam pada eksistensi usaha. Ini ditandai dengan menyusutnya jumlah permintaan. Pada akhirnya, bisnis terancam mengalami kebangkrutan.

Menyadari kondisi ini, sudah semestinya Anda perlu mempelajari tentang manajemen persediaan barang dagang. Di sini, Kami akan menunjukkan strateginya. Tetapi sebelumnya, mari perhatikan apa yang dimaksud dengan perusahaan dagang dan manfaat stok barang bagi perusahaan.

Sekilas Tentang Manajemen Stok Barang

Setiap perusahaan tidak dapat berdiri sendiri. Perusahaan ini membutuhkan rekanan dari perusahaan lain. Dengan rekanan tersebut, bisnisnya dapat berjalan dengan baik.

Perlu diketahui bahwa manajemen persediaan adalah sebuah proses pengelolaan stok yang dimiliki oleh perusahaan untuk dijual lagi. Pengelolaannya harus dipikirkan secara matang. Jangan sampai kehabisan stok sehingga menimbulkan sejumlah permasalahan.

Dalam pengelolaannya, perusahaan akan mencari di mana perusahaan yang dapat menyediakan produk tersebut. Begitu pula, perusahaan akan melakukan penyimpanan. Baru memikirkan tentang cara mengeluarkan atau menjualnya.

Jika Anda membuka perusahaan dagang, tentu pengaturannya jauh lebih mudah. Alasannya, stok barang bisa segera dikeluarkan sesuai rencana. Artinya, Anda lebih cepat dalam memperoleh uang cash.

Berbeda jika Anda merintis usaha manufaktur. Anda butuh waktu cukup lama untuk mengeluarkan barang. Karena, fokus Anda ialah mendapatkan barang yang kemudian diubah menjadi produk baru.

Setelah produknya jadi, Anda baru bisa mengeluarkannya. Itu pun, Anda harus cerdik dalam melakukan kegiatan pemasaran.

Apabila menggunakan cara kedua, Anda akan menghadapi berbagai tantangan. Di antaranya kesulitan mengatur stok bahan baku, serta terlambat dalam memperoleh uang cash. Artinya, ada waktu di mana Anda perlu menyediakan modal tambahan untuk menjaga kelangsungan usaha.

Manfaat Manajemen Persediaan bagi Perusahaan Dagang

Ada beberapa manfaat yang didapatkan oleh pebisnis yang menguasai manajemen persediaan barang dagang. Di antaranya sebagai berikut.

  • Memudahkan Pengecekan Sisa Stok

Pengecekan stok barang memang harus diteliti setiap waktu. Jangan sampai perusahaan kehabisan stok. Apalagi permintaan pasar sedang naik.

Jika Anda tidak memperhatikannya, dikhawatirkan stoknya akan habis. Kondisi ini jelas merugikan diri sendiri. Karena, Anda tidak dapat melakukan penjualan pada saat itu.

Kalaupun ingin menjual, Anda perlu melakukan order barang pada supplier. Di sini, Anda sedang berkutat dengan waktu. Bisa jadi, pengiriman barang ke Gudang akan memakan waktu lebih lama sehingga perusahaan gagal beroperasi dalam beberapa hari ke depan.

  • Meminimalkan Keterlambatan Pengiriman ke Konsumen

Bayangan tentang keterlambatan pengiriman sebenarnya menjadi momok bagi pebisnis. Kenapa? Konsumen biasanya tidak mentolerir hal tersebut.

Konsumen tidak mau tahu ketika sudah melakukan pesanan. Pelanggan ingin segera mendapatkan produk sesuai dengan tenggat waktu yang ditetapkan.

Jika Anda tidak mampu memenuhi permintaan tersebut, konsumen akan mengalami kekecewaan. Pada akhirnya, konsumen akan lari ke pesaing. Tentu saja, ini bakal merugikan Anda.

  • Meminimalkan Penumpukan Stok

Manajemen persediaan barang dagang yang baik dapat mengurangi masalah penumpukan stok. Pengelolaan yang tepat memungkinkan Anda tidak terburu-buru dalam melakukan order ke supplier.

Tidak adanya penumpukan stok membuat finansial usaha lebih tertata. Kalaupun membutuhkan tambahan modal, suntikan modalnya terbilang lebih kecil. Karena, modal ini bisa difokuskan untuk menggiatkan kegiatan promosi.

  • Memudahkan Pengambilan Keputusan

Pada kenyataannya, Anda akan melihat beberapa produk yang sangat laris. Sebaliknya, ada produk yang sulit dijual.

Dari sini, Anda dapat memahami produk mana yang seharusnya disediakan lebih banyak. Sementara produk yang cukup sulit bisa dikurangi. Bahkan, Anda dapat mengambil kebijakan pemasaran agar barang cepat laku. Misalnya pemberlakuan diskon.

Strategi Stok Management Perusahaan Dagang

manajemen persediaan barang dagangPenjualan menjadi tujuan utama dari perusahaan dagang. Penjualan yang bagus memungkinkan perusahaan dapat mengambil laba cukup tinggi. Dan ini bisa digunakan untuk melebarkan sayap bisnisnya.

Untuk mendukung penjualan, dibutuhkan manajemen persediaan barang dagang yang tepat. Pengelolaan ini butuh strategi yang mumpuni. Di antara strategi yang bisa digunakan adalah sebagai berikut.

  1. Stok Fluktuasi

Faktanya, perilaku konsumen di pasaran bisa berubah drastis. Misalnya yang tadinya biasa saja, konsumen bisa saja meningkat permintaannya. Artinya, banyak sekali permintaan di pasaran yang dapat membuat perusahaan kewalahan dalam memenuhinya.

Perilaku seperti ini memang sering terjadi. Terkadang, perusahaan sulit memprediksinya sehingga terlambat memenuhi kebutuhan tersebut.

Untuk menghindarinya, perusahaan dapat melebihkan stoknya. Strategi ini digunakan sebagai Tindakan jaga-jaga. Tujuannya agar dapat memenuhi permintaan pasar yang cukup besar.

  1. Manajemen Bath Stok

Strategi ini berkaitan langsung dengan pengambilan stok melebihi kebutuhan. Hanya saja, ini terjadi pada momen khusus.

Tepatnya, strategi dilancarkan mana kala supplier produk memberikan potongan harga. Dengan adanya diskon, perusahaan dapat mengambil lebih banyak barang dengan nilai investasi yang sama.

Adanya produk yang lebih banyak dengan nilai rendah membuat perusahaan dapat melancarkan berbagai strategi pemasaran. Misalnya memberikan potongan harga agar dapat menarik pelanggan atau semacamnya.

Kalaupun tidak, perusahaan tetap bisa menjual seperti biasanya. Tentu saja, laba dari penjualannya akan lebih tinggi dari biasanya.

  1. Persediaan Konsiyasi

Strategi ini erat kaitannya dengan kerja sama dengan berbagai mitra. Tentunya, strategi ini juga sangat menguntungkan bagi perusahaan. Karena, penjualan produk akan lebih cepat dibandingkan bila dijual secara mandiri.

Alurnya, perusahaan akan menitipkan beberapa produk ke beberapa penjual/mitra. Mitra ini dipilih dari berbagai kota atau semacamnya.

Pemilihannya disesuaikan dengan tingkat permintaan produk di pasaran. Artinya, mitra ini memiliki keunggulan dalam penjualan produk yang lebih spesifik.

Jika Anda memiliki stok beberapa barang, pastinya strategi ini jauh lebih menguntungkan. Betapa tidak, Anda dapat menjual setiap produk dengan cepat. Karena, setiap produk memang telah menemui sasarannya.

Yang perlu diingat, Anda harus terus menjalin komunikasi dengan mitra. Setidaknya, kenali seperti apa tingkat penjualannya di tiap waktu.

Dengan mengenali tingkat penjualannya, Anda akan memahami kapan waktu yang tepat untuk mendistribusikan produk ke tempat mitra. Pada akhirnya, mitra juga tidak kehabisan stok.

  1. Manajemen Stok Antisipasi

Pengelolaan stok barang ini juga sering dilakukan oleh perusahaan. Tujuannya untuk mengantisipasi lonjakan permintaan pasar.

Biasanya, kenaikan permintaan dapat diprediksi. Misalnya bila memasuki momen-momen khusus di tiap tahunnya.

Contoh paling mudah ialah meningkatnya permintaan baju di bulan Ramadan. Atau, naiknya pembelian seragam sekolah ketika memasuki tahun ajaran baru.

Ketika perusahaan dapat memenuhi stoknya, perusahaan dapat mengambil keuntungan lebih besar. Perusahaan akan selalu memperoleh laba dari menjalankan bisnisnya. Karena, stok selalu tersedia sehingga penjualan akan terjadi setiap waktu.

Dari strategi ini, perusahaan harus selalu melakukan pemeriksaan. Begitu pula, melakukan pencatatan agar tidak mengalami permasalahan seperti berhenti operasi dalam beberapa hari.

Itulah informasi mengenai manajemen persediaan barang dagang. Pelajari bagaimana cara mengelolanya, serta terapkan supaya bisnis dapat berjalan dengan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here