Mahasiswa Bisa Dapat Uang Saku Tambahan Lewat 5 Bisnis Ini

0
119

Pada zaman milenial ini seorang mahasiswa tentu dituntut untuk lebih kreatif lagi. Tidak cukup jika hanya belajar, kuliah, dan berorganisasi saja yang menjadi kegiatannya.

Selain mempersiapkan bekal menuju dunia kerja, tidak ada salahnya jika mahasiswa belajar berbisnis juga untuk persiapan masa depannya. Mahasiswa mempunyai kesempatan yang besar untuk menjalankan sebuah bisnis. Siapa tahu dengan bisnis ini lah yang nantinya akan digeluti di masa depan.

Tidak ada salahnya menjalankan kuliah sekaligus menjadi pebisnis Saat ini ada bermacam-macam bisnis yang bisa dijalankan oleh mahasiswa, terlebih bisnis online. Hasilnya bisa dijadikan sebagai uang tambahan, membayar uang perkuliahan atau bahkan untuk memberi kepada orang tua. Banyak bisnis yang cocok untuk mahasiswa yang akan membuat bangga orang tua sekaligus menjadikan dirinya mempunyai pengalaman kerja yang nyata.

Mahasiswa Dapat Memperoleh Uang Saku Tambahan Lewat 5 Bisnis Ini

Selain tidak mengganggu tugas utama sebagai mahasiswa, bisnis ini juga terbilang mudah dilakukan dan akan menjadi Trend Bisnis Tahun 2019. Nah inilah beberapa bisnis yang bisa di pilih untuk dijalankan sambil menjadi seorang mahasiswa :

Berjualan Secara Online

Berjualan secara online bisa jadi pilihan mahasiswa dimana bisa menjual banyak barang yang berbeda-beda mulai dari fashion, makanan, berbagai peralatan dan lain sebagainya. Promosi bisa dilakukan dimana saja dan bisa juga di dalam kampus kepada teman-teman yang ingin membeli.

Jika masih terkendala modal, dana bisa diperoleh dari pinjaman jangka pendek yang nantinya pembayaran bisa dicicil dari penghasilan dan keuntungan berbisnis. Jika mendapatkan modal dari pinjaman maka harus lebih serius dan telaten dalam menjalankan bisnisnya agar bisa melunasi pinjaman hingga lunas. Ataupun bisa memilih sistem reseller dan dropship dalam berjualan secara online.

Berjualan Pulsa Elektrik

Di zaman sekarang yang serba mengunakan smarthphone ini pasti banyak yang melakukan komunikasi dengan orang lain. Dan tentu saja pulsa menjadi salah satu hal wajib yang dibutuhkan setiap orang. Agar proses komunikasi bisa berjalan lancer, tidak ada salahnya jika sebagai mahasiswa mencoba bisnis jual pulsa ini di area kampus ataupun secara online.

Bisnis pulsa elektrik menjadi pilihan untuk sebagian mahasiswa karena selain tidak membutuhkan modal yang tinggi, keuntungan yang didapatkan pun lumayan serta sasarannnya sangat luas. Namun ingat bahwa semua bisnis mempunyai resiko. Anda harus bersiap dengan konsekuensi masalah penagihan, terlebih jika pembeli adalah teman dekat maupun keluarga. Anda harus tegas dalam menagih pulsa elektrik yang mereka beli.

Berjualan Snack

Bagi mahasiswa yang berada seharian di dalam kampus pasti akan merasa lapar. Setiap sela-sela pergantian mata kuliah maka bisa dimanfaatkan untuk berjualan makanan ringan atau minuman supaya bisa tetap berpenghasilan disaat sedang menjalani perkuliahan.

Teman-teman di tempat perkuliahan pasti akan ada banyak yang membeli karena ada yang merasa lapar atau ingin memakan sesuatu. Snack yang dijual bisa berupa makanan ringan, minuman, permen, dan kue-kue kecil, donat, atau makanan tradisional yang enak dan terlihat menggugah selera.

Tentu saja target pembeli dari bisnis ini adalah teman-teman Anda, terlebih mahasiswa yang sering merasa malas ke kantin karena jauh dari ruang kuliah.

Menjual Kemampuan Khusus di Internet

Tidak sedikit mahasiswa yang mempunya kemampuan maupun keterampilan khusus. Misalnya saja kemampuan mendesain, programming, menulis, menerjemahkan bahasa, marketing, data entry, content writer dan masih banyak lainnya. Anda bisa mempromosikan keahlian secara online. Mulai dari sekarang coba kenalkan diri Anda di internet, bisa melalui media sosial atau blog pribadi.

Untuk saat ini mungkin berbicara bahwa Anda ahli pada sesuatu saja tidak cukup, namun Anda harus menunjukkan karya tersebut kepada orang lain. Coba posting hasil karya paling baik Anda di media sosial atau blog. Anda juga bisa langsung menawarkan jasa dengan tarif yang sudah ditentukan melalui media social atau blog.

Membuka Jasa Les Privat

Memberikan les private sebagai pelajaran tambahan bagi anak SD, SMP, dan SMA atau se-derajat sesuai kemampuan dan bidang ilmu akan menjadi sebuah penghasilan tersendiri. Keuntungannya bukan hanya mendapatkan penghasilan saja namun juga  menguasai materi yang akan diajarkan yang artinya proses belajar akan dilakukan juga oleh mahasiswa.

Selain minim resiko kerugian materi jasa ini juga bisa menambah wawasan Anda menjadi luas dan mendapatkan penghasilan. Jenis bisnis yang satu ini mungkin bisa menjadi jalur alternatif sebagai seorang mahasiswa. Agar bisa mendapatkan apa yang diinginkan dan dengan tetap menjalankan tugas sebagai mahasiswa.

Demikian artikel Mahasiswa Dapat Memperoleh Uang Saku Tambahan Lewat 5 Bisnis Ini bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa yang ingin menjalankan Trend Bisnis Tahun 2019. Sekarang bukan hanya orang yang sudah lulus yang bisa melakukan sebuah bisnis karena mahasiswa pun bisa mendapatkan penghasilan yang maksimal dengan memanfaatkan peluang dan potensi yang dimiliki.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here