Kiat Kiat Memulai Bisnis Bagi Para Pemula

0
139

Menuju akhir tahun 2018 pastinya banyak orang yang menginginkan hal baru dalam kehidupannya. Bagi pegawai kantor yang biasanya sibuk dengan rutinitas sehingga kehilangan waktu bersama keluarga, di penghujung tahun ini memiliki resolusi untuk memiliki waktu lebih bersama keluarga. Banyak pilihan untuk pindah ke tempat kerja yang lebih cocok dan sesuai dengan keinginan anda. Namun jika anda ingin membuka sebuah usaha maka perlu diketahui apa saja yang menjadi trend bisnis tahun 2019 ini. Sebagai pemula bisnis reseller sedang populer saat ini, jika berminat silahkan untuk mencari supplier terpercaya untuk diajak bekerja sama. Kendati demikian anda perlu mengetahui kiat-kiat untuk memulai bisnis bagi para pemula.

Hal-Hal Yang Wajib Diketahui Dalam Menjalankan Sebuah Bisnis

Pengaruh internet mempunyai dampak yang cukup besar bagi masyarakat di dunia. Mengingat pengguna smartphone yang semakin banyak hal tersebut dapat dimanfaatkan sebagai ladang membuka peluang usaha yang dapat dilakukan menggunakan internet. Meskipun terlihat sederhana, nyatanya menjalankan sebuah bisnis mempunyai trik dan tips yang perlu dipelajari agar tak salah langkah. Sebagai seorang pemula kiat-kiat untuk memulai bisnis bagi para pemula adalah pelajaran utama yang harus dimiliki untuk dapat menjalankan trend bisnis tahun 2019.

1. Atur Mindset Sekuat Baja Untuk Memulai Bisnis

Dalam menjalankan bisnis, tidak hanya memerlukan modal secara finansial saja namun juga mental sekuat baja. Pasalnya banyak kasus yang menyatakan bahwa kegagalan yang dialami oleh pelaku bisnis terutama pemula adalah lemahnya mental yang dimiliki. Realita yang terjadi di lapangan terkadang tidak sesuai dengan apa yang sudah anda pikir dan rencanakan. Sebagai pemula, akan banyak tantangan dan halangan yang harus siap dihadapi dan diselesaikan dengan baik. Maka dari itulah kemnatapan hati serta kesiapan mental perlu dimiliki agar perjalanan bisnis anda dapat berjalan dengan lancar.

2. Jangan Lupa Untuk Memantapkan Tekad

Setelah mengatur mindset dalam berbisnis, langkah menjalankan trend bisnis tahun 2019 yang kedua adalah memantapkan tekad. Hal ini juga tak kalah penting, karena yang dikhawatirkan anda hanya iseng saja untuk memulai bisnis. Tentunya sangat disayangkan jika tidak memiliki niat dalam berbisnis, karena hasilnya anda akan menyerah di tengah jalan ketika tidak mampu menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

Lain halnya dengan seseorang yang telah memantapkan niat untuk menjalankan bisnisnya. Seberapapun rintangan yang menerjal akan mampu dihadapi secara semangat, karena anda telah mengantongi niat untuk menjadi sukses. Oleh sebab itu, niat merupakan hal yang penting untuk kemajuan bisnis seseorang.

3. Pilih Satu Jenis Usaha Yang Akan Digeluti

Fokus pada satu bisnis merupakan kiat-kiat untuk memulai bisnis bagi para pemula yang akan menunjang kesuksesan bisnis anda. Mengapa demikian? Karena dengan memfokuskan diri anda hanya pada satu tujuan bisnis yang anda inginkan, maka seluruh pikiran dan hati anda akan terpusat pada bisnis tersebut. Sehingga nantinya anda akan lebih maksimal mengurus bisnis anda tersebut.

Namun, jika anda ingin mempunyai bisnis lebih dari satu, sebenarnya tidak ada yang melarang. Namun sebagai seorang pemula ada baiknya jika anda mencoba satu bisnis dulu agar tenaga dan pikiran anda hanya tercurah pada satu tujuan. Setelah anda dapat mengelola bisnis tersebut secara individu dan mempunyai perkembangan yang signifikan maka tidak ada salahnya jika anda membuka bisnis baru.

4. Pilihlah Sebuah Bisnis Yang Menjadi Hobi Anda

Untuk menjalankan trend bisnis tahun 2019 anda harus menemukan pashion anda terlebih dahulu. Dengan memilih pashion anda sebagai ladang mencari uang maka anda akan lebih mudah menjalankan bisnis tersebut, karena anda sudah paham betul seluk beluknya. Misalnya saja anda menyukai atau memiliki hobi merias wajah dan memiliki kemampuan tersebut. Tidak ada salahnya jika anda semakin mendalami bidang kecantikan tersebut dengan membuka salon kecantikan.

Sebagai langkah awal buka saja dulu dengan menerima jasa potong rambut dan sejenisnya. Lalu perlakukan pelanggan semaksimal mungkin agar mereka puas dengan pelayanan yang anda berikan. Kemudian lanjutkan dengan menerima jasa rias untuk wisuda, karnaval, prewedding, dan wedding. Semakin banyak pilihan yang ditawarkan maka semakin banyak juga permintaan yang anda terima.

5. Lihat Kelebihan Dari Kompetitor

Kiat-kiat untuk memulai bisnis bagi para pemula yang terakhir adalah lihat kelebihan yang dimiliki oleh kompetitor anda. Tentunya anda akan dihadapkan pada pelaku bisnis yang mempunyai brand besar dengan jaringan yang cukup banyak. Oleh sebab itu untuk dapat bersaing secara sehat dengan kompetitor tersebut baca kelebihan dan kelemahan dari produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Kemudian ambil keuntungan dari semua aspek yang telah dipelajari tersebut. Misalnya saja anda mempunyai bakat memasak dan ingin menjadikannya sebagai peluang usaha, kebetulan ingin menjual nasi goreng. Pelajari masakan dari kompetitor anda dulu, mengenai tampilan, rasa, dan lainnya kemudian bandingkan dengan hasil masakan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here