Macam-Macam Usaha Franchise Yang Mendulang Keuntungan Besar

0
290

Seiring beragamnya bisnis di Indonesia membuat masyarakat menekuni usaha dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya usaha franchise yang populer di Indonesia dan menjadi pencaharian masyarakat. Terlebih lagi di Indonesia terdapat macam-macam usaha franchise dan berpotensi laris manis.

Hal itu karena usaha franchise memiliki konsep bisnis siap kelola tanpa repot mempersiapkan pengaturan managemen agar berjalan. Pelaku bisnis cukup mengeluarkan modal untuk membeli lisensi waralaba yang dituju dan ditentukan lokasi strategis untuk berjualan. Di bawah ini ada macam-macam usaha franchise yang wajib dicoba agar mendapat penghasilan besar, diantaranya adalah:

1. Franchise Kecantikan

Usaha franchise kecantikan cocok dicoba kaum wanita karena usaha kecantikan tidak akan tergantikan. Terlebih lagi wanita menggunakan beragam produk kecantikan untuk menunjang penampilannya. Terutama para remaja yang tengah pubertas. Yang terpenting adalah tunjukkan kualitas dan mutu usaha kecantikan yang dijalankan, jangan sampai membuka usaha franchise kecantikan yang ilegal dan mengandung bahan berbahaya agar usaha berjalan lancar dan menjadi langganan konsumen.

2. Franchise Mini Market

Macam-macam usaha franchise yang satu ini sudah beredar luas di seluruh daerah, bahkan tiap daerah mempunyai 3 lebih mini market. Tatkala memiliki gedung luas maupun lahan yang tak terpakai maka dapat dimanfaatkan untuk usaha mini market. Apalagi sekarang ini masyarakat sudah menjadikan mini market sebagai tempat belanja, hal itu karena kenyamanan tempat dan memiliki kesan tersendiri ketika belanja di mini market.

3. Franchise Laundry

Usaha Laundry cocok untuk calon mitra franchise yang mempunyai modal cukup besar dan dapat bekerjasama dengan rumah makan, hotel maupun apartemen. Namun usaha laundry juga dapat dicoba di perkotaan maupun kawasan padat penduduk, mengingat sekarang banyak perantauan yang sibuk bekerja. Maka jasa laundry sangat dibutuhkan mereka agar aktivitas pekerjaan tidak terganggu.

Usaha laundry juga dapat membantu masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, walaupun pelaku bisnis hanya mempekerjakan 3 sampai 4 pekerja namun itu membantu perekonomian masyarakat. Saat ini memang sudah banyak mesin cuci untuk menghemat waktu, namun sebagian orang lebih memilih jasa laudry karena memiliki banyak keuntungan. Pertama, jasa laundry menyuguhkan harga terjangkau setiap kilogramnya, kedua lebih rapi dan wangi tanpa harus menyetrika sendiri. Walaupun pekerjaan menyetrika mudah dan santai tetapi dapat menjadi kegiatan berat tatkala sibuk.

4. Franchise Makanan

Macam-macam usaha franchise jenis makanan menjadi usaha franchise proporsional karena dapat dicoba dimanapun tempatnya. Saat ini juga sudah tersebar aneka ragam franchise makanan. Misalnya ayam goreng, mie ayam, bakso, makanan ringan hingga beragam minuman unik. Franchise makanan juga dapat dicoba berbagai kalangan dari anak-anak hingga orang tua.

Saat membuka usaha franchise makanan usahakan menjaga jarak dengan usaha franchise lainnya, hal itu untuk meminimalisir kebingungan konsumen dalam membeli franchise. Tatkala hanya ada 1 kedai franchise sudah dipastikan konsumen akan langsung membeli tanpa berfikir mana franchise yang lebih enak dan murah.

5. Franchise Jasa Pendidikan

Zaman modern ini memang sudah tidak diragukan lagi kecanggihannya. Ketika dulu pelajar hanya belajar dari sekolah dan rumah dengan bimbingan orang tua,  kini belajar dapat melalui franchise pendidikan. Franchise pendidikan memberikan keuntungan dari jumlah pendaftar karena dianggap sudah berpengalaman dan lebih bonefid.

Sementara sistem belajarnya lebih nyaman dan tidak membosankan karena jadwal pertemuan yang fleksibel. Walaupun begitu sekolah dan melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih penting, dan franchise pendidikan dapat dijadikan sarana pendukung agar menambah keterampilan dan penyemangat belajar.

6. Coffee Shop

Macam-macam usaha franchise Coffee Shop patut dicoba terutama di perkotaan. Hal itu karena kedai kopi menjadi tempat berkumpulnya pemuda-pemudi dalam segala hal, seperti pertemuan reuni sekolah, pertemuan rekan bisnis, tempat melepas rindu bersama sang kekasih dan pertemuan lainnya. Untuk itu usahakan kedai kopi di buat unik dan lain daripada kedai kopi lain, pasalnya pengunjung ingin mendapatkan kenyamanan yang berbeda dan memiliki kesan tersendiri.

Gaya interior dan eksterior yang unik dan minimalis akan menjadi daya tarik tersendiri, bahkan dapat mendatangkan beragam pengunjung. Terlebih lagi tatkala kedai kopi dikunjungi vlogger dan artis media sosial, hal itu berpeluang mengembangkan kedai kopi karena vlogger pasti menyebarkan aktifvtas di kedai kopi ke You tubenya. Tak ayal peselancar media sosial akan penasaran dengan kedai kopi dan menjadi pengunjung.

7. Franchise Asal Jepang

Saat ini tiap kuliner dari berbagai dunia masuk dan berbaur dengan kuliner Indonesia. Salah satunya kuliner asli Jepang dengan nama Takoyaki dan Okonomiyaki yang populer di berbagai daerah. Isian takoyaki umumnya terdiri dari bermacam-macam mulai dari gurita, daging hingga keju atau bahan makanan lainnya. Sementara isian okonomiyaki yang merupakan khas kaki lima di Jepang berisi daging dan sayuran, tentu mudah saat proses penggorengan.

Selain itu harganya juga terjangkau untuk kalangan muda, untuk 3 buah takoyaki besar dibandrol harga 5.000-10.000 tergantung dari tiap daerah. Untuk memulai usaha franchise kuliner jepang ini butuh modal paket lengkap usaha sekitar Rp. 3500.000 dan Rp. 2.700.000. Bahkan juga akan mendapat training penjualan dan tata cara membuat kuliner jepang ini secara gratis.

Macam-macam usaha franchise memang mendominasi usaha di Indonesia, bahkan tak jarang kaum wanita memilih membuka usaha franchise untuk membantu perekonomian suami. Maka dari itu 7 usaha franchise yang dijabarkan di atas dapat menjadi acuan untuk membuka usaha franchise, yang terpenting adalah utamakan keluarga dan anak-anak agar sejalan dengan usaha franchise. Jangan sampai karena mengejar untung yang fantastis lantaran padat pembeli membuat lalai pada keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here