Inilah Keuntungan Dan Kerugian Franchise Yang Dapat Dijadikan Pertimbangan

0
181

Franchise atau Waralaba merupakan suatu sistem pendistribusian barang untuk menjual produk, jasa ataupun layanan. Disini pebisnis bebas memiliki hak usaha sesuai dengan keinginannya. Keuntungan dan kerugian franchise tidaklah jauh berbeda pada bisnis umumnya.

Sistem bisnis ini adalah pemilik memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya. Semua itu dalam waktu tertentu dan area tertentu pula. Tentunya bisnis franchise tidak lepas dari keuntungan dan kerugian. Berikut keuntungan dan kerugian franchise yang dapat dijadikan bahan pertimbangan.

Keuntungan

Jika sebuah kerja sama tidak memiliki keuntungan, tidak akan ada yang menjalankannya. Semua bisnis tentu bertujuan untuk meraup keuntungan sebesar mungkin. Keuntungan dan kerugian franchise merupakan sesuatu hal yang menjadi bahan pertimbangan dalam awal mula kerjasama. Berikut keuntungan dari bisnis franchise :

1. Merupakan Manajemen Bisnis Yang Bagus

Membahas bisnis franchise pasti tidak akan lepas dari keuntungan dan kerugian franchise. Keuntungan franchise yang pertama karena merupakan manajemen bisnis yang bagus. Untuk itu, menjalankan bisnis Franchise tidak perlu bingung dalam memikirkan manajemen dalam bisnis, karena hanya tinggal menjalankan bisnis yang dipilih saja.

Bisnis ini tidak perlu dimulai dari awal tetapi hanya tinggal menjalankannya saja karena manajemennya telah teruji dan sudah terlatih dengan baik. Lebih simpel dan praktis bukan?

2. Tidak Perlu Membangun Bisnis Dari Awal

Seperti yang dibahas di poin ke satu, bisnis franchise tidak perlu dibangun dari awal. Tidak diragukan lagi, bahwa bisnis franchise sudah tersusun secara sistematis dengan baik. Mulai dari manajemen perusahaan, strategi dalam mencari konsumen sampai menghadapi tantangan dalam berbisnis.

Semua sudah diatur, sehingga tidak perlu waktu lama untuk memulai. Mitra franchise hanya perlu mengimplementasikan dan menjalankan bisnis saja.

3. Tidak Bingung Mencari Pelanggan

Dalam bisnis franchise tidak perlu repot mengenalkan produk ataupun mencari konsumen. Hal itu karena merek serta produk dalam usaha bisnis ini sudah dikenal oleh masyarakat luas. Dapat dipastikan konsumen akan datang sendiri, tanpa perlu mengajak masyarakat untuk membeli.

4. Biaya Pemasarannya Rendah

Keuntungan selanjutnya dari bisnis franchise adalah biaya pemasaran yang rendah. Semua itu, karena tidak ada pembuatan iklan ataupun brosur untuk mengenalkan produk. Mitra franchise tidak perlu memikirkan perlengkapan ataupun segala sesuatu yang diperlukan dalam bisnis.

Semua telah tersedia sangat lengkap. Setelah mitra franchise memberikan modal, maka semua akan didapatkan. Sangat hemat bukan? 

5. Dukungan Dan Keamanan Terjamin

Pemilik usaha senantiasa memberikan bantuan dan arahan kepada mitra franchise. Peralatan yang dibutuhkan akan disediakan dan juga pemilik usaha akan membantu dalam menciptakan kondisi yang baik serta efektif.

Pemilik usaha akan menjadi jembatan bagi mitra franchise dengan pihak lainnya yang dibutuhkan, seperti konsumen contohnya. Dan yang paling utama, keamanan lebih terjaga, semua karena bisnis franchise dibimbing oleh para ahli yang memang profesional di bidangnya.

6. Potensi Keuntungan Besar

Membahas soal keuntungan, tidak perlu dipertanyakan lagi. Dengan menjalankan bisnis franchise keuntungan akan banyak didapatkan. Semua karena selain produk dan merek yang sudah dikenal masyarakat luas, peminatnya terbukti banyak. Pemasukan lainnya adalah dari pajak konsumen yang akan didapatkan.

Kemungkinan terjadinya kegagalan sangat minim. Karena sudah ada sistem serta manajemen yang bagus dan telah teruji. Hal itu jelas berbeda dengan memulai bisnis sendiri, kegagalan akan sering terjadi karena tidak adanya pemandu yang ahli serta tidak ada pengawasan dari pihak lain.

7. Menggunakan Asas Keterbukaan

Sistem kerja dari bisnis franchise berdasarkan kerjasama antar dua pihak yang berkaitan dengan sesuatu kesepakatan. Keterbukaan merupakan hal utama yang mendasari keberhasilan bisnis ini. Karena itu mitra franchise harus selalu membuat laporan keuangan yang digunakan, semua merupakan bahan laporan kepada pemilik usaha.

Kerugian

Setelah membahas keuntungan bisnis franchise yang sangat banyak, berikutnya adalah kerugiannya. Sama halnya bisnis pada umumnya, tentu akan ada kerugian yang harus diterima. Keuntungan dan kerugian franchise tidaklah berbeda dari kerjasama bisnis pada umumnya. Berikut kerugian dari bisnis franchise :

1. Modal Awal Besar

Dana besar bertujuan sebagai investasi. Semua karena perusahaan yang diajak kerjasama sudah memiliki laber bagus, reputasi tinggi serta dijamin keunggulan produknya.

2. Sistem Kontrak

Durasi kontrak dalam bisnis franchise minimal 10 tahun. Selama itu mitra franchise harus fokus pada bisnis dan tidak diperkenankan membuka usaha baru ataupun memberikan suatu perubahan dalam bisnis tersebut. Bagi yang ingin maju dan berkembang, ini merupakan kesulitan dan halangan terbesar.

3. Kurang Fleksibel

Selain kontrak kerjasama yang membelenggu, kurangnya kefleksibelan dalam bisnis ini juga merupakan kekurangan berikutnya. Apapun yang ada dalam bisnis ini sudah paten sehingga tidak dapat dirubah. Kekreatifan serta inovasi tidak diperkenankan.

4. Tanggungan Royalti

Bisnis franchise merupakan merk yang telah dikenal. Sehingga, mengharuskan mitra untuk menghargainya yaitu dengan membayar royalti. Setiap tahunnya royalti harus dibayarkan. Sama saja dengan seseorang yang bekerja keras, pihak lainnya yang menikmati hasilnya

5. Kemungkinan Timbulnya Konflik Besar

Karena bisnis franchise merupakan kesepakatan kerjasama antar dua pihak, mengakibatkan kecenderungan mudahnya timbul perdebatan atau konflik. Terutama ketika ada sesuatu hal yang kurang berkenan bagi salah satu pihak.

6. Tuntutan Menjaga Reputasi

Tidak usah diragukan, sebuah reputasi yang tinggi menuntut mitra untuk menjaga nama baik perusahaan pemilik. Sedikit saja kesalahan, akan membuat sebuah masalah yang cukup besar. Semua harus dipertanggung jawabkan, akan banyak orang yang mencaci jika reputasi tidak dijaga. Karena itu kehati-hatian adalah keharusan.

Itulah keuntungan dan kerugian franchise yang dapat dijadikan bahan pertimbangan bekerjasama. Semua bisnis tentu memiliki keuntungan dan kerugian, semua tergantung kepada diri masing-masing. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here