Cara Menjadi Dropshipper di Shopee Dengan 8 Langkah Mudah

0
391

Dropshipper adalah salah satu cara jual beli online yang sangat menguntungkan karena para pelaku dropship tidak perlu melakukan stok barang. Untuk melakukan dropship, biasanya orang memanfaatkan marketplace, salah satunya adalah Shopee. Oleh karena itu, banyak yang mencari cara menjadi dropshipper di shopee.

Bagi para pelaku bisnis yang ingin mendapatkan hasil dari dropship, berikut ini adalah beberapa cara menjadi dropshipper di shopee. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan karena beberapa cara ini berhasil diterapkan oleh para pelaku dropship.

1. Menentukan Produk Yang Ingin Dijual

Untuk menjadi dropshipper, tentu harus menentukan produk yang ingin dijual terlebih dahulu. Cara mudah untuk menentukan produk yang ingin dijual dengan cara dropship adalah dengan melakukan riset produk terlebih dahulu. Tujuannya agar para pelaku bisnis tidak mengalami kegagalan dalam menjalani usaha dropship.

Riset produk juga memiliki tujuan lain agar mempermudah dalam menentukan peminat produk yang dijual dengan cara dropship. Di samping itu, riset produk bisa menentukan harga jual kembali dari sebuah barang agar tetap terjangkau bagi para pembeli. Untuk itu, menentukan produk terlebih dahulu adalah cara menjadi dropshipper di shopee yang harus diutamakan.

2. Menjual Produk Asli

Jika ingin menjual produk secara dropship, sebaiknya jual sebuah produk yang orisinal atau asli atau dalam arti lain jangan menjual barang tiruan. Karena dengan menjual produk yang asli, calon pembeli biasanya akan lebih percaya dan puas setelah membeli barang. Hal tersebut tetap tidak masalah meskipun harga barang asli sedikit lebih mahal dari barang tiruan.

Untuk mengecek keaslian sebuah produk, biasanya ada cara-cara tertentu yang harus dicek. Barang tiruan biasanya kualitasnya jauh lebih buruk dibandingkan yang asli meskipun secara fisik hampir sama dengan barang yang asli. Barang tiruan juga lebih mudah ditemukan sehingga ketika menjual sebaiknya berilah keterangan bahwa barang yang dijual adalah barang asli.

3. Memberikan Produk Yang Dibutuhkan Banyak Orang

Zaman sekarang orang-orang semakin banyak membutuhkan barang-barang baru yang berguna bagi kehidupan. Barang-barang baru ini biasanya banyak dijual baik secara online maupun offline. Untuk itu, cara menjadi dropshipper di shopee yang ketiga adalah menjual produk yang dibutuhkan banyak orang atau yang juga bisa disebut high conversion.

Barang yang high conversion ini juga bisa diartikan dengan barang yang perputarannya cepat. Misalnya adalah produk kecantikan dan produk kebutuhan rumah tangga. Kedua contoh barang ini adalah contoh barang yang perputarannya cepat sehingga bisa menjadi inspirasi para pelaku bisnis untuk berjualan dengan cara dropship.

4. Menawarkan Barang Dagangan Secara Menarik

Supaya barang yang dijual semakin membuat orang untuk tertarik membeli barang, sebaiknya tawarkan barang dagangan dengan cara menarik. Cara yang satu ini mampu membuat orang tanpa berpikir panjang langsung membeli karena produk yang dijual ditawarkan dengan cara yang menarik. Trik mudahnya adalah dengan membuat kalimat penawaran yang menarik.

Di samping membuat kalimat penawaran yang menarik calon pembeli, para pelaku bisnis juga wajib menyertakan gambar produk. Karena dengan gambar produk yang diberikan saat menawarkan produk dapat membuat orang percaya bahwa produk tersebut benar-benar ada. Maka dari itu, menawarkan dengan cara menarik merupakan cara menjadi dropshipper di shopee.

5. Membuat Akun Shopee

Menjadi dropshipper bisa dilakukan di marketplace mana saja, akan tetapi kita ambil contoh saja di Shopee. Tentu saja untuk menjadi dropshipper di Shopee, para pelaku bisnis harus membuat akun Shopee terlebih dahulu. Bagi yang sudah pernah atau sudah memiliki akun Shopee bisa melewati cara ini.

Untuk membuat akun Shopee bisa melalui website resminya atau melalui aplikasi Shopee yang ada di Play Store dan App Store. Mendaftar akun Shopee juga bisa menggunakan akun Google maupun menggunakan akun Facebook. Para pelaku bisnis bisa bebas memilih untuk menggunakan akun mana saja yang ingin digunakan untuk mendaftar akun shopee.

6. Mengisikan Alamat Dengan Alamat Supplier

Bagi para pelaku bisnis, pastikan untuk mengisikan alamat sesuai dengan alamat supplier. Cara ini adalah cara yang wajib dilakukan bagi para pelaku bisnis yang menjual produk dengan cara dropship. Apabila para pelaku bisnis memasukkan alamat asli para pelaku bisnis, maka ongkos kirim akan berbeda jauh. Maka dari itu, isikan alamat tersebut dengan alamat supplier.

7. Mengaktifkan Fitur Ongkir Gratis

Ongkir gratis adalah salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Shopee sehingga para pelaku bisnis kerap memanfaatkan marketplace ini. Para pelaku bisnis wajib untuk mengaktifkan fitur gratis ongkir ini karena dapat membantu meningkatkan penjualan. Hal ini sudah jelas para pelanggan tidak akan terbebani dengan ongkos kirim dari produk yang dibeli.

Untuk mengaktifkan fitur ongkir gratis di Shopee, caranya juga sangat mudah. Para pelaku bisnis tinggal mengirimkan foto beserta dengan KTP. Pastikan juga bahwa foto beserta informasi yang ada pada KTP terlihat jelas. Hal tersebut agar pihak Shopee bisa membaca informasi yang ada di KTP para pelaku bisnis.

8. Memasukkan Data Bank

Cara menjadi dropshipper di Shopee yang satu ini juga tidak boleh sampai dilupakan oleh para pelaku bisnis. Tanpa cara ini, para pelaku bisnis tidak bisa mendapatkan uang dari dropship. Oleh karena itu, para pelaku bisnis wajib untuk mengisikan data bank untuk pencairan dana. Pastikan juga untuk mengisikan data bank secara lengkap.

Dropship adalah kegiatan mendistribusikan barang tanpa harus melakukan stok barang yang dijual. Cara menjual seperti ini dirasa mudah untuk dilakukan terlebih di zaman sekarang yang mana banyak toko online. Beberapa cara di atas bisa diterapkan terutama bagi para pemula yang ingin terjun atau yang sudah berpengalaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here