Cara Menjadi Reseller Online Shop Yang Sukses

0
266

Salah satu peluang kerja yang menggunakan sistem Internet biasanya akan menjadi suatu bisnis yang bisa andalkan. Untuk itu, calon-calon pebisnis muda yang ingin merintis karirnya mulai dari sekarang. Bisa dengan usaha Online. Namun, usaha ini tidak lah mudah, butuh keahlian dan ketelitian juga. Maka dari itu pebisnis muda yang ingin mengembangkan kreativitasnya harus mengetahui cara menjadi reseller online shop agar bisnis yang dikelolanya dapat berkembang dengan baik.

Dengan demikian, masih banyak yang tidak mengetahui bagaimana cara untuk menjadi reseller yang sukses. Dari sinilah kami akan menjelaskan beberapa cara menjadi reseller online shop yang sukses :

1. Mengenal Produk Dengan Saksama

Langkah yang wajib dan harus sebelum menjatuhkan pilihan untuk menjadi reseller suatu produk adalah kenali terlebih dahulu produk yang akan dijualnya. Pemilihan produk yang sesuai akan lebih memudahkan calon reseller untuk menjualnya. Dan juga reseller dapat menjelaskan produk yang hendak dipasarkan kepada konsumen nantinya.

Sebisa mungkin, sebelum menjadi reseller cek terlebih dahulu kualitas barang dari supplier. Atau bisa juga calon reseller membeli produk agar tahu proses pembelian, pengiriman barang, hingga penerimaan dari penggunaan barang tersebut. Sebagai hal melihat lebih jelas keinginan dari kacamata costomer.

2. Menganalisis Kompetitor

Sebelum menjadi reseller, tahap selanjutnya adalah mencari kompetitor yang terbaik. Jika sedang belajar menjadi reseller sebaiknya hindari kompetitor besar. Sebab kompetitor yang sudah terkenal namanya mereka akan menjatuhkan target market yang jauh lebih besar. Untuk mencari aman sebaiknya carilah kompetitor yang memiliki target market berskala kecil/menengah. Ketika sudah mendapatkan kompetitor yang tepat, pahami strategi mereka berkerja mulai dari cara pemasaran hingga cara mengatasi permasalahan suatu bisnis.

3. Kenali Latar Belakang Supplier

Ketika calon reseller telah mengetahui produk yang akan dijualnya. Maka tahap selanjutnya adalah cari tahu latar belakang Supplier. Dengan cara membandingkan terlebih dahulu antara harga dan kualitas produk maupun jasa. Pekerjaan ini memang tidak mudah, meskipun sulit mencari supplier bisa melalui googling dengan mengetahui bagaimana respon costomernya terhadap barang yang dibeli. Kriteria supplier yang baikpun bisa diketahui dengan beberapa hal sebagai berikut :

  •  Adanya respon cepat, supplier yang baik pasti akan mengutamakan resellernya dimana mereka harus cepat dalam menanggapi pertanyaan reseller. Dari sinilah salah satu titik penting bahwa brand yang dimiliki adalah brand terbaik.
  • Memberikan harga khusus, bagi calon reseller hal ini selalu menjadi yang terpenting. Sebab penjualan produk juga harus mendapatkan keuntungan meskipun keuntungannya terbilang sedikit. Dari sinilah harga khusus untuk reseller sangat dibutuhkan.
  • Bisa dipercaya, mencari supplier memang tidak mudah. Apa lagi jika mendapat supplier yang kurang tepat bisa jadi barang yang diberikan bukanlah kualitas yang baik. Untuk itu carilah supplier yang bisa dipercaya

4. Riset Produk Dipasaran

Membandingkan produk sangat penting agar bisa menjadi reseller online shop terbaik dan sukses untuk saat ini. Mencoba riset untuk mengenali produk dari online shop atau supplier lain merupakan hal yang cerdas dalam bisnis yang akan dikembangkan. Sebab, mencari tahu produk maupun sistem pemasaran dan sistem transaksi yang digunakan akan membantu jalannya berbisnis. Dengan begini, bisa dirumuskan kelebihan produk dari online shop lainnya dapat terlihat dengan jelas meskipun hanya melalui survei tanya jawab.

Karena cara menjadi reseller online shop tidak hanya sekedar menjual barang orang lain, tapi juga berdiri sebagai bisnis tunggal yang brandnya harus dikembangkan dan dijaga. Untuk mendapatkan hasil yang sangat besar.

Dengan adanya sistem riset produk calon reseller pun juga harus menentukan audiennya. Langkah ini yang harus benar-benar dipahami, agar penjualan tidak mengalami salah target. Sebab kesalahan target juga akan mengalami kegagalan dalam menjadi reseller.

5. Mengetahui Cara Pemasaran Produk

Untuk menjadi reseller yang cerdas, sebaiknya jangan hanya duduk diam menunggu konsumen datang dan membeli. Tapi, bagi reseller yang ingin berusaha sukses sebaiknya gunakan strategi pemasaran yang baik. Dengan menggunakan fasilitas yang ada seperti, pemasaran melalui media sosial. Dalam strategi pemasaran harus memiliki taktik marketing yang dibutuhkan oleh bisnis online shop. Seperti beberapa platform media sosial seperti Facebook,Instagram, Twitter dan media iklan berbayar lainnya.

Cara pemasarannya pun bisa digunakan dengan seunik mungkin, hingga calon customer dapat tertarik ke produk yang akan dijual. Hingga mereka akan membeli produk-produk tersebut.

6. Mengevaluasi Ulang Bisnis Yang Akan Dijalaninya

Sebelum benar-benar mengambil keputusan dalam beberapa cara menjadi reseller online shop. Sebaiknya calon reseller baca dan pikirkan baik-baik strategi yang telah dibuatnya. Apa kah strategi tersebut tepat atau belum. Sehingga akhir dari tahapan untuk menjadi reseller dapat berjalan dengan baik dan bisnis tersebut bisa menjadi brand yang ternama di masa depan.

7. Buat Nama Online Shop Yang Mudah Diingat

Setelah berhasil memastikan tahapan untuk menjadi reseller online shop. Tahap akhir selanjutnya adalah membuat nama brand seunik dan semudah mungkin. Hal ini bisa menjadi keunggulan tersendiri para reseller. Yang membuat Customer akan mudah mengingat nama brand tersebut. Nama brand yang unik pasti akan memiliki rasa penasaran bagi calon customer yang telah melihatnya. Inilah yang akan menjadi satu titik temu dimana transaksi reseller dan customer akan mengalami komunikasi meskipun hanya sekedar bertanya.

Jadi reseller memanglah tidak mudah seperti yang dibayangkan. Namun menjadi reseller juga harus memiliki berbagai tahapan dalam mengatur strategi pemasaran dan pemilihan produk. Hingga diakhir situasi yang mendesak bisnis menjadi reseller bisa berkembang dengan baik dan sukses. Cara menjadi reseller online shop diatas tadi semoga menjadi informasi terbaik dan tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here