Kelebihan Bisnis Franchise dan Cara Memilih Usaha Franchise Terlaris

0
376

Memangnya apa sih kelebihan bisnis franchise sehingga banyak sekali yang menyarankan untuk memilihnya? Terlebih lagi untuk Anda yang baru ada niatan untuk membangun kerajaan bisnisnya sendiri. Sudah pasti bukan tanpa alasan kenapa konsep bisnis yang satu ini banyak sekali dibicarakan.

Bisa dikatakan jika konsep bisnis franchise atau kemitraan adalah salah satu jalan pintas bagi Anda yang tidak “mau repot”. Maksudnya adalah pada saat ingin memulai sebuah usaha apapun itu, membuat rencana bisnis adalah hal penting pertama yang harus dilakukan.

Namun hal semacam itu tidak akan Anda lakukan ketika memilih konsep usaha franchise. Kenapa? Pasalnya semua rencana bisnis sudah dikonsep langsung oleh pemiliki franchise sehingga Anda tinggal mengaplikasikannya.

Meskipun demikian, layaknya bisnis pada umumnya, memilih bisnis franchise tentu saja ada kelebihan dan kekurangannya. Oleh sebab itu, sebelum Anda memutuskan memilih bisnis dengan model franchise ini, sangat penting untuk tahu dulu apa saja kelebihan bisnis franchise dan apa saja yang menjadi kekurangannya.

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Franchise

Secara umum, franchise atau waralaba bisa dipahami sebagai suatu konsep bisnis dengan memperluas dan mendistribusikan barang atau jasa dengan jalan membeli lisensi dagang. Artinya tidak hanya barang atau jasa saja yang “dibeli”, namun bisnis yang Anda jalankan nanti 100 % konsep bisnisnya sudah ditentukan oleh pemilik franchise.

Dalam hal ini, pemegang franchise membayar biaya awal dan royalti kepada pemilik merek franchise karena sudah menggunakan merek dagang, logo, sistem bisnis franchise, hingga hak untuk menjual produk dan memperoleh dukungan dari pemilik franchise. Jika memang seperti itu, lalu apa sebenarnya yang membuat konsep bisnis seperti ini banyak dipilih:

#Sudah Dikenal

Pada umumnya brand dari sebuah franchise sudah dikenal secara lebih luas. Dengan demikian, dari segi promosi dan pemasarannya cenderung lebih mudah. Artinya tidak perlu lagi membangun reputasi bisnis lagi. Tentunya sangat berbeda jika Anda memulai bisnis baru.

#Manajemen Bisnis Sudah Terbangun

Pada saat memilih bisnis franchise, Anda tidak perlu susah-susah lagi memikirkan konsep bisnis yang akan dijalankan. Sebab pada bisnis model waralaba semacam ini, mulai dari manajemen, ide, penamaan sudah dikonsep dengan sangat baik. Artinya Anda tinggal menjalankannya saja.

#Manajemen Finansial Lebih Gampang

Dikarenakan manajemen finansialnya pun sudah ditetapkan oleh pemilik franchise atau franchisor, Anda tidak akan dipusingkan dengan manajemen finansial seperti ketika membangun bisnis sendiri.

#Dukungan Keamanan Lebih Kuat

Pada umumnya para franchisor akan memberikan pelatihan kepada para franchise-nya. Mulai dari pemasaran, manajemen finansial, periklanan, dan lain sebagainya. Dan pelatihan-pelatihan tersebut umumnya sudah termasuk paket pembelian usaha waralaba.

#Untung Lebih Banyak

Dikarenakan bentuk usahanya sudah dikenal secara luas, peluang keuntungannya pun lebih besar. Di sisi lain, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya-biaya ekstra untuk prmosi dan lain sebagainya. Akan tetapi konsep bisnis dalam bentuk franchise tidak akan mendatangkan untung besar jika tidak dibarengi  dengan keseriusan dari para pelaku bisnisnya.

Meskipun memiliki cukup banyak kelebihan, model bisnis Franchise juga memiliki beberapa kekurangan. Beberapa kekurangan ini penting untuk diperhatikan. Pasalnya bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan pada saat menentukan ingin memilih bisnis franchise ataukah tidak.

1.Tidak Bisa Memilih Supplier Lain

Jenis usaha seperti ini sangat tergantung pada supplier yang sudah ada kerjasama dengan perusahaan. Padahal cara paling jitu agar memperoleh keuntungan yang lebih besar lagi adalah dengan memilih supplier yang bisa memberikan harga lebih murah.

Namun sayangnya ketika memilih model bisnis ini, peluang Anda untuk memilih supplier yang berani menawarkan harga lebih murah sudah tertutup. Hal ini disebabkan supplier ditentukan langsung oleh pemilik franchise.

2.Reputasi Franchise Lain Bisa Sangat Menentukan

Kenapa? Jika usaha franchice yang lain melakukan sebuah kesalahan yang akhirnya sampai merusak reputasinya, bisa berimbas pada usaha yang tengah Anda kelola. Itulah kenapa bisnis seperti ini banyak dikatakan sangat tergantung kepada reputasi waralaba lain.

3.Kurang Memiliki Peran

Dikarenakan sistem bisnisnya sudah ditentukan oleh pemilik franchise, membuat peran Anda menjadi terbatasi. Artinya posisi Anda di sini hanya sebagai eksekutor saja. Maka dari itu Anda tidak diperbolehkan untuk berinovasi pada bisnis yang tengah Anda jalankan.

4.Harus Berbagi Keuntungan

Selain Anda harus membayar biaya kemitraan, Anda juga diharuskan untuk membagi sebagian keuntungan yang didapatkan dari bisnis yang Anda kelola. Meskipun demikian, tidak semua pemilik franchise menerapkan sistem seperti ini. Artinya cek dan recek jangan sampai tidak Anda lakukan.

Namun jika diperhatikan secara lebih detail lagi, beberapa hal yang dikatakan sebagai kekurangan bisnis franchise hanyalah sebagai resiko dalam berbisnis saja. Artinya kekurangan-kekurangan tersebut tidak sebanding dengan kelebihan bisnis franchise yang bisa didapatkan.

Tips Memilih Usaha Waralaba Terlaris

Contoh bisnis francis yang selalu memiliki prosepek bagus setiap tahunnya adalah waralaba makanan dan minuman. Wajar saja sebab keduanya adalah jenis dari kebutuhan pokok manusia.

Artinya memilih membuka usaha dibidang makanan dan minuman adalah pilihan yang sudah sangat tepat. Jika memang seperti itu, kenapa tidak memilih membukanya sendiri tanpa harus memilih model kerjasama atau franchise seperti ini?

Iya memang benar makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok manusia. Tapi coba perhatikan, berapa banyak yang memilih usaha di bidang makanan dan minuman? Artinya dari segi kompetitornya, bisnis makanan dan minuman sangatlah besar.

Memilih model bisnis seperti ini tentunya kurang cocok untuk Anda yang baru pertama kali terjun di dunia bisnis. Sederhananya, peluang Anda untuk memenangkan persaingan bisa dikatakan cukup kecil.

Tapi berbeda jika Anda memilih bisnis modal franchise. Dikarenakan sudah memiliki brand yang kuat dan pasar yang sangat baik, maka memiliki usaha waralaba makanan dan minuman memiliki potensi yang lebih besar dalam hal mendatangkan keuntungan.  Jangan sampai Anda tidak memperhitungkan hal seurgen itu.

Meskipun kelebihan bisnis franchise bisa dikatakan sangat banyak, sebagai calon franchisee, Anda harus tahu bagaimana cara memilih waralaba yang tepat. Dan sebagai bahan pertimbangan, sebaiknya pilihlah franchise yang memiliki kriteria seperti ini:

  1. Memiliki barand yan kuat
  2. Memiliki sistem yang baik dan sudah teruji lama
  3. Memiliki segmen pasar yang besar
  4. Sudah teruji kredibilitasnya
  5. Support penuh terhadap franchisee (mitra)
  6. Memiliki ijin (legal)

Artinya tidak boleh hanya karena “katanya” Anda menjatuhkan pilihan. Sebelum menjatuhkan pilihan, penting untuk mempertimbangkan apakah keputusan Anda sudah tepat ataukah belum.

Dan untuk instrumen penilainnya, keenam indikator di atas tadi bisa dijadikan bahan pertimbangannya. Meskipun pada dasarnya banyak sekali kelebihan bisnis franchise yang akan diperoleh, terlebih lagi bisnis waralaba makanan dan minuman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here