Jenis-Jenis Dan Contoh Usaha Bisnis Franchise Paling Populer Di Indonesia

0
479

Tahukah Anda apa saja contoh usaha bisnis franchise? Pertumbuhan bisnis franchise sekarang ini memang terus berkembang dengan pesat. Tidak terkecuali di Indonesia, yang jumlah pengusahanya semakin bertambah tiap tahunnya.

Minat untuk membuka bisnis baru memang kian meningkat dari waktu ke waktu. Dapat dilihat bahwa setiap harinya ada saja bisnis baru yang mulai didirikan. Hal ini didukung juga oleh kekuatan pembelanjaan masyarakat kelas menengah yang kian meningkat. Di mana dalam hal ini, bisnis franchise juga semakin populer dan diminati.

Jenis-Jenis Bisnis Franchise

Bisnis franchise sendiri merupakan sebuah metode bisnis yang berjalan antara pemilik merk sebagai franchisor dan pemilik modal sebagai franchisee. Di mana franchisor ini memberikan hak menjalankan usahanya kepada franchisee sesuai dengan kesepakatan. Dalam bahasa Indonesia, franchise disebut sebagai waralaba. Bisnis frenchise ini dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya yakni sebagai berikut:

Berdasarkan Apa Yang Ditawarkan

Dalam praktiknya, franchise menawarkan beragam hal yang berbeda, tergantung dengan apa yang menjadi fokus dalam bisnisnya. Adapun jenis-jenis franchisee berdasarkan apa yang ditawarkan, dibagi menjadi 3 yaitu:

1. Frenchise Produk

Ialah jenis bisnis franchise yang menawarkan produk berupa barang untuk dijual. Produk ini bisa berupa makanan, minuman, kendaraan bermotor, pakaian atau barang-barang lainnya yang memiliki nilai jual.

2. Frenchise Jasa

Adalah bisnis franchise yang menawarkan produk berupa jasa layanan. Jasa yang ditawarkan oleh pewaralaba bisa sangat beragam. Contoh usaha bisnis franchise jasa adalah laundry, agen perjalanan, agen pengiriman barang, kursus, studio photo hingga layanan spa dan pijat serta lainnya. Jasa yang ditawarkan umumnya tergantung dengan bagaimana kebutuhan pasar.

3. Franchise Gabungan

Merupakan jenis bisnis franchise yang menawarkan produk gabungan, yakni barang dan jasa layanan. Dalam franchise gabungan ini, contohnya adalah agen perjalanan atau travel yang misalnya merangkap untuk sekaligus juga menjual barang-barang perlengkapan perjalanan.

Berdasarkan Asalnya

Bisnis franchise terdapat di berbagai negara di dunia, karena itulah secara garis besar franchise dibagi menjadi 2 berdasarkan tempat asalnya, yaitu:

1. Franchise Asing atau Luar Negeri

Adalah franchise yang berasal dari luar negeri dan membuka bisnisnya di Indonesia. Jenis franchise ini cenderung lebih disukai oleh masyarakat karena sistemnya lebih jelas dan mudah untuk dipraktikkan. Selain itu, franchise luar negeri juga memiliki merk yang sudah diterima oleh penduduk dunia dan dinilai lebih bergengsi. Namun meski demikian, pembelian franchise luar negeri membutuhkan biaya yang jumlahnya fantastis.

2. Franchise Dalam Negeri

Adalah bisnis franchise yang berasal dari dalam negeri. Jenis franchise ini tidak kalah bagusnya serta tidak membebankan biaya terlalu tinggi kepada calon penerima waralaba. Akan tetapi, tak semua merk dalam negeri mudah diterima dan terkadang sistemnya juga masih belum sempurna. Franchise dalam negeri telah menjadi pilihan investasi bagi orang yang ingin cepat memiliki usaha namun belum punya pengetahuan yang cukup.

Contoh Usaha Bisnis Franchise Populer di Indonesia

Secara umum, franchise atau waralaba merupakan cara bisnis dengan memperluas dan mendisribusikan sebuah produk dengan cara membeli lisensi barang.  Di Indonesia, ada banyak sekali usaha bisnis franchise yang dapat kita jumpai. Beberapa diantaranya yang populer dan dinilai menguntungkan, ialah sebagai berikut:

1. Indomaret

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu mini market ini, Indomaret merupakan jaringan franchise terbesar di Indonesia. Memiliki reputasi brand yang baik dan berskala nasional membuat contoh usaha bisnis waralaba ini dianggap sangat menguntungkan bagi pengusaha. Syarat yang harus dipenuhi untuk membuka franchise Indomaret sama seperti mini market lainnya yaitu merupakan WNI, memiliki perizinan usaha dan fokus mengembangkan bisnis.

2. JNE

Didirikan pada tahun 1990, JNE kemudian berkembang dengan sangat pesat hingga sekarang. Di awal perkembangannya, JNE merupakan bagian dari badan perusahaan ekspedisi batang internasional, PT Citra Van Titipan Kilat (Tiki). Kini JNE telah memiliki ratusan agen resmi yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk bergabung, dibutuhkan modal awal lebih dari 15 juta untuk mengurus perjanjian dan dana promosi serta uang jaminan yang nantinya akan dikembalikan.

3. Alfamart

Tempat yang satu ini pasti pernah Anda datangi untuk membeli suatu barang. Mengusung konsep toko kelontong yang lebih modern, Alfamart adalah salah satu mini market yang banyak ditemui di Indonesia. Kelebihan dari franchise ini adalah promosinya yang berskala nasional serta memiliki reputasi brand yang kuat. Akan tetapi karena jumlah gerainya yang sangat banyak bahkan dalam satu wilayah, kompetisi antar Alfamart menjadi semakin sulit.

4. Es Teler 77

Merupakan salah satu contoh usaha bisnis franchise jenis produk minuman, es teler ini sudah populer selama puluhan tahun lamanya. Rasa es teler yang manis dipadu dengan bahan-bahan tambahan lainnya membuat es ini terasa sangat segar hingga memiliki banyak gerai yang tersebar di berbagi wilayah.

5. Es Batok 212

Sesuai dengan namanya, es ini menggunakan batok kelapa sebagai mangkok dalam penyajiannya. Cara penyajian yang unik ini membuat es batok ini populer dengan ciri khasnya tersendiri yang menarik banyak pelanggan. Bahkan karena ciri khas tersebut, sekarang ini sudah terdapat lebih dari 100 gerai es batok 212 yang tersebar di Indonesia dan luar negeri.

6. Kumon

Selama lebih dari 50 tahun, kumon memiliki model bisnis yang sudah teruji dan materi-materi yang secara berkelanjutan terus ditingkatkan. Yang tentunya ini bertujuan guna memaksimalkan pembelajaran dan perkembangan siswa. Kumon telah tersebar luas di sekitar 50 negara di dunia dengan lebih dari ribuan kelas dan jutaan siswa di seluruh dunia.

7. Sabana Fried Chicken

Memiliki rasa yang dibilang mirip KFC namun dengan harga yang lebih murah, membuat Sabana Fried Chicken punya pelanggan setia sendiri. Franchise produk makanan ini termasuk salah satu contoh usaha bisnis franchise dalam negeri karena merupakan bisnis lokal. Franchise sabana fried chicken ini telah sukses membuka lebih dari seribu gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

8. Kebab Baba Rafi

Contoh usaha bisnis waralaba yang populer di Indonesia selanjutnya adalah kebab baba rafi. Franchise ini adalah salah satu yang sukses besar dan paling lama bertahan dalam bidang kuliner. Franchise kebab baba rafi dijual dengan menggunakan gerobak di pinggir jalan atau di depa mini market.

9. The Clean Bar Laundry

Peluang bisnis laundry sekarang ini memang dapat dikatakan terus mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini didukung dengan banyaknya orang yang tidak sempat mencuci karena kesibukan. Franchise the clean bar laundry ini sedikit berbeda, karena laundry ini mengkhususkan diri untuk jasa cuci sepatu dan tas. Meski terbilang unik, franchise ini telah membuktikan diri dengan memperluas bisnisnya di berbagai kota seperti Solo, Semarang dan Jogja.

Itulah beberapa contoh usaha bisnis franchise yang populer dan dinilai menguntungkan di Indonesia. Jika berniat terjun ke dalam bisnis franchise ini, pilihlah jenis usaha yang sesuai passion Anda dan fokuslah dalam mengembangkannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here