Berbagai Pilihan Kuliner Online yang Bisa Meningkatkan Omzet Bisnis Anda

0
507

Mayoritas masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan terhadap sesuaitu yang praktis dan cepat. Baik berupa makanan, minuman maupun hal-hal yang berkaitan dengan kehidupannya. Hal ini terjadi karena tidak memiliki banyak waktu dengan padatnya kegiatan yang ada. Sehingga momen ini dijadikan sebagai peluang usaha bagi sebagian orang, misalnya membuka kuliner online.

Kuliner tersebut disediakan dengan beragam menu mulai dari makanan ringan, desert, hingga makanan berat. Meskipun bisnis kuliner ini memiliki keterbatasan jangkauan, namun menambah fasilitas delivery order akan semakin menambah omzet penjualan.

Memilih lokasi yang strategis, disekitar kampus, area perkantoran, perumahan atau tempat-tempat strategis lainnya merupakan langkah yang tepat.

Memanfaatkan Peluang Bisnis Kuliner Online

Beragam menu kuliner banyak ditawarkan dengan kemasan menarik, disajikan mulai makanan ringan sampai makanan utama. Merupakan hal yang sangat mungkin jenis usaha ini dapat membawa kesuksesan jika dikemas dengan ide kreatif serta konsep yang menarik.

Meskipun pengusaha kuliner ini tidak memiliki ruang yang cukup atau keterbatasan tempat. Maka memanfaatkan fasilitas delivery order sangat tepat dijadikan sebagai solusi, oleh sebab itu yang dibutuhkan hanya dalam bentuk dapur rumahan.

Bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan memiliki niat dan tekad yang kuat dalam menjalaninya. Bahkan kaum muda sekalipun bisa memanfaatkan momen ini, berawal dari menu sederhana dan menjangkau pasar kecil.

Seiring berjalannya waktu pesanan demi pesanan akan diterima mulai dari rekan, tetangga bahkan menjangkau pasar lebih luas.  Untuk mempertahankan ketenarannya, secara berkala bisa dilakukan modifikasi menu atau penambahan menu agar pemesan tidak bosan.

Contoh Makanan Yang Cocok Sebagai Menu Pilihan Kuliner Online Bisnis Rumahan

Pangsa pasar untuk memulai bisnis ini tidak hanya makanan cepat saji, makanan utama maupun desert. Lebih dari itu bisa dengan beragam makanan untuk memenuhi kebutuhan acara hingga jajanan idul fitri.

Siapapun bisa memulai bisnis dengan modal yang tidak banyak, bahkan memanfaatkan kemajuan digital sangat mendukung lancarnya bisnis ini. Inilah beberapa contoh menu pilihan kuliner yang cocok dicoba:

1. Makanan Beku

Salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh pengusaha kuliner adalah bentuk daya tahan, apakah makanan tersebut sampai tujuan dengan aman. Terlebih jika pengiriman tersebut antar kota antar provinsi, banyaknya waktu yang ditempuh kerap menjadi masalah jika produk tidak tahan lama. Beragam makanan olahan tersebut dapat dikemas menjadi beku sehingga awet dalam jangka waktu berhari-hari.

Asalkan dapat disimpan ditempat yang aman dan tepat. Makanan beku ini bisa berupa daging ayam, sapi atau ikan yang sudah diolah menjadi makanan beku siap dihidangkan. Dalam bentuk nugget, tempura, bakso dan bentuk lainnya.

Adapun bentuk mentahnya makanan beku juga bisa disiapkan dalam bentuk mentahan, sehingga pelanggan langsung bisa memasaknya.

2. Salad Buah

Buah merupakan salah satu menu favorit yang disukai hampir setiap orang, bahkan menemukan penjual buah tidaklah hal yang sulit. Ide menu kuliner buah ini dapat dikemas menjadi salad buah untuk menarik banyak pelanggan. Mengingat salad buah dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan dalam mengolah buah lebih berkelas.

Pastikan untuk memillih buah-buahan segar dan berkualitas, sehingga salad ini laris manis di pasaran. Terutama momentum lebaran dan musim panas, tentu membuka peluang bisnis ini sangat menjanjikan.

Terlebih jika dipasarkan dengan memanfaatkan media online, sehingga pelanggan dapat dengan mudah melakukan pemesanan.

3. Beragam Roti dan Cake

Varian roti di indonesia sangatlah beragam, mengingat hampir semua orang menyukai roti dan cake. Momentum ini merupakan peluang besar untuk memasarkan bisnis rumahan online. Beragam menu dapat dicoba mulai dari makanan tradisional misalnya onde-onde, lapis atau bolu hingga makanan kekinian yang sangat beraham.

Misalnya brownis, blackforest, kue ulang tahun dengan beragam karakter. Pemasaran bisa dilakukan melalui media internet, sehingga pelanggan dapat memesannya lebih mudah tanpa kesulitan mendatangi lokasi secara langsung.

4. Aneka Cookis dan Kue Kering

Dalam beberapa waktu pilihan roti dan cake berkurang keterannya, maka cookis dan beragam kue kering dapat menjadi pilihan. Bahkan jenisnya juga beragam, mulai dari nastar, kastengel, egg roll serta aneka cookis lainnya.

Jenis kue ini dapat bertahan lebih lama dibandingkan roti atau cake, sehingga memiliki kelebihannya dapat disimpan lebih lama. Momentum idul fitri dapat menjadi momentum yang sangat cocok, karena dapat meraup keuntungan yang lebih besar. Untuk dapat bersaing ke dunia online, pelaku bisnis harus mengemasnya lebih menarik.

5. Katering Rumahan

Gaya hidup masyarakat indonesia kebanyakan terbiasa makan di warung atau restoran. Fakta inilah yang dapat dijadikan sebagai peluang usaha menjanjikan dengan membuka bisnis kuliner online dengan beragam masakan rumahan. Pastikan untuk menyajikan menu makanan-makanan sederhana, karena peminatnya masih cukup tinggi, sehingga jika ditawarkan melalui dunia online peluangnya cukup besar.

Pangsa pasar menu sederhana ini bisa diarahkan kepada konsumen rumah tangga, mahasiswa hingga karyawan perkantoran. Meskipun menu sederhana jika dikemas menarik dan berkualitas tentu keuntungan yang diperoleh juga cukup besar.

6. Katering Bento

Jenis menu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menu sebelumnya. Perbedaannya terletak pada pengemasan keduanya. Sesuai dengan istilah yang melekat padanya, katering bento  dikemas dengan aneka makanan ala-ala jepang dalam bentuk bento. Sasaran menu ini biasanya adalah anak-anak kecil karena bentuknya yang menggemaskan. Semakin kreatif dalam pengemasan saat memajang foto di ranah media sosial, maka peminat katering bento semakin banyak.

7. Snack dan Camilan

Jika tidak terlalu mahir dalam mengolah makanan utama, maka pilihan yang dapat dicoba adalah berjualan kuliner camilan atau makanan ringan. Seiring berjalannya waktu varian makanan ini sangat banyak dan beragam, sehingga dapat dipilih yang sesuai dengan pangsa pasar yang dituju. Misalnya bantuk camilan sepreti basreng atau bakso goreng, cilok, seblak hingga martabak dan nugget. Meskipun menu tersebut merupakan camilan pinggiran, namun jika dikemas secara menari dalam ranah online, maka keuntungan juga berlipat.

8. Jenis Minuman Kekinian

Sebenarnya tidak hanya makanan utama maupun makanan ringan yang dapat dijual secara online. Bahkan beragam produk minuman dapat dicoba untuk membuka bisnis kuliner yang sesuai dengan pangsa pasar yang dituju. Agar konsumen semakin tertarik dengan minuman yang dipasarkan, maka pilihlah jenis minuman unik ataupun yang lagi viral akhir-akhir ini.

9. Cemilan Sehat

Gaya hidup sehat banyak dilirik mayoritas orang, terutama masyarakat perkotaan. Nah inilah peluang besar untuk memulai bisnis kuliner sehat. Misalnya menyediakan menu makanan atau camilan khusus vegetarian, kuliner organik bahkan layanan diet mayo. Meskipun harag jualnya lebih tinggi, namun bentuk kuliner ini memiliki pasar khusus bagi orang-orang yang rela merogoh uang lebih banyak asalkan sehat.

10. Mie Sehat Saghotaki

Efek negatif dari konsumsi mie instant sering mengganggu siapapun saat mengkonsumsi mie. Bagaimanapun juga pangsa pasar mie instant sangat besar peminatnya di Indonesia. Hadirnya peluang bisnis mie sehat saghotaki menjadikan sebuah potensi income yang sangat besar dan yang paling penting bisa menghindari efek negatif mie instant. Mie sehat saghotaki berbahan dasar sagu yang sangat sehat dan di olah dengan cara hygienis.

Anda bisa mengambil peluang menjadi agen atau franchise mie sehat saghotaki dengan wa 085655448222

Ternyata beragam bentuk olahan kuliner dapat dipilih untuk dijadikan sebagai permulaan membuka usaha. Bisa dipilih salah satu atau beberapa yang cocok dengan pangsa pasar yang dituju. Lakukanlah riset terlebih dahulu bahwa peminat masyatakat lebih cocok makanan seperti apa. Diawali dengan modal kecil-kecilan asalkan pemsaran online dilakukan secara efektif maka peluang mendapatkan keuntungan lebih banyak akan sangat menjanjikan. Hal yang perlu diperhatikan adalah tentang kemasan dari sebuah produk, karena hal ini berkaitan dengan daya tarik produk yang dibawa.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here