Enaknya Bisnis Zaman Now, Jadi Jutawan Hanya dengan Dropship

Tahukah anda, saat ini ada berbagai macam bisnis yang dapat anda lakukan diwaktu-waktu senggang anda, salah satunya adalah bisnis dropship. Sudah pernah dengar? Atau baru baca di tulisan ini? Bagi yang sudah tahu ada baiknya anda baca lagi tulisan ini sampai tuntas, karena ada beberapa tips sukses dalam menjalankannya. Dan bagi yang belum tahu, dalam artikel ini akan dibahas untuk anda perihal bisnis dropship. Ada banyak benefit yang dapat anda raih dengan menjadi seorang dropshiper, apa sajakah itu? Makanya anda simak terus hingga akhir ya..

Dropship dalam dunia perniagaan atau bisnis secara umum sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis. Anda pernah mendengar istilah agen penjualan tiket bukan? Atau istilah makelar? Ya, dalam prakteknya sebenarnya sistem kerja dari sistem dropship tidak jauh beda dengan skema bisnis tiket atau makelar. Perbedaan yang paling mencolok ya di bagian online dan offline nya. Serta sistem yang berada di dalam skema bisnisnya. Kesamaan dari ketiganya hanya terletak pada posisi dropshiper, agen dan makelar adalah sebagai orang ketiga dalam transaksi bisnis.

Dalam bisnis dropship, mutlak perlu adanya supplier atau distributor yang mau menghandel kerja penyetokan barang dan pengiriman. Hal ini tidak diperlukan bagi agen tikceting atau makelar, karena mereka berdua ini hanya bertugas sebagai penyambung saja dengan manfaat komisi dari transaksi yang terjadi. Namun dalam sistem dropship, pelaku dropship atau dropshiper bisa mengatur harga, kecuali jika suplier menghendaki satu harga atas penjualan produknya di seluruh Indonesia.

Kemudahan dan kecepatan itulah kami menyebutnya Bisnis Zaman Now yang sekarang lagi digandrungi kaum milenial. Jika bisnis sudah di jalankan oleh kaum milenial sangat berpotensi menjadi trend dalam beberapa tahun kedepan. Siapkah anda memiliki Bisnis Bisnis yang sedang menjadi trend saat ini?

Bisnis Duduk-duduk di Rumah

Terdengar agak berlebihan? Tidak juga kok. Mimpi menjadi hartawan di usia muda bisa lho anda capai dengan hanya duduk-duduk di rumah. Era digital dengan perkembangan gadget yang sangat cepat, menciptakan banyak sekali peluang dalam pengembagan bisnis-bisnis. Dan salah satunya ya dengan cara menjalankan bisnis dropship ini.

Kenapa disebut dengan bisnis duduk-duduk di rumah? Ya karena dengan menajalankan sistem dropship ini, anda tinggal menggunakan gadget dan smartphone anda di dalam rumah untuk bisnis ini. Cukup promosikan produk yang ingin dijual di media-media online, baik website, media sosial, atau media aplikasi percakapan lengkap beserta deskripsi dan kontak yang bisa dihubungi. Setelah itu, tinggal tunggu saja kedatangan pembeli di hape anda. Anda bisa melakukan kerja apapun tanpa mengganngu bisnis drophsip anda. Enak bukan?

Bisnis Dropship Itu Apa?

Anda yang belum paham tentang dropship, tentu sudah bertanya-tanya dari tadi, apa itu dropship? bagaimana kerjanya, dan pertanyaan lain-lainnya. Singkatnya, jika dilihat dari produsen, sistem dropship adalah sistem penjualan yang menggunakan orang ketiga sebagai pemasarnya. Penjual tidak melakukan transaksi apapun dengan pembeli, hanya menerima uang dan mengirimkan barang jualannya ke customer atas nama dropshiper nya.

Sedangkan dari sisi dropshiper sendiri, bisnis dropship adalah bisnis yang dilakukan dengan tanpa modal belanja barang, cukup promosikan barang yang ingin dijual sehingga calon pembeli memutuskan membeli dari dirinya.

Alur kerja dropship berlaku sebagai berikut :

  • Pembeli produk. Pembeli dari dropship, tidak akan tahu apakah dia membeli dari pemilik produknya atau bukan. Yang dia tahu hanya memesan produk dari penjual yang ternyata hanya dropshipper.
  • Adalah orang yang menengahi suplier dan pembeli, namun bukan karyawan dari suplier barang yang dijual. Dropshiper bekerja secara bebas, baik dari waktu dan target. Kalau mampu menjual banyak produk dari suplier, maka dropshiper mendapatkan profit yang banyak juga.
  • Sebagai pemilik asli dari produk yang dijual, dalam sistem bisnis drophip, suplier harus menyediakan stok barang yang akan dijual, sekaligus pengirmian menuju konsumen. Tentu saja nama pengirim menggunakan nama dropshipper. Kerugian dari supplier adalah dia tidak mampu untuk membranding bisnisnya, hanya mengikuti order dari dropshipper-dropshipper saja.

Langkah Praktis Memulai Bisnis Dropship

Lalu bagaimana jika anda ingin memulai bisnis dropship? Untuk mudahnya, siapkan diri anda terlebih dahulu, karena jika anda belum punya motivasi untuk sukses berbisnis, maka bisnis apapun hanya akan jalan ditempat.

  1. Cari produk yang banyak laku dijual.

Kenapa harus produk yang banyak laku dijual? Tentu faktor sedikit banyaknya pembeli memilki porsi yang cukup besar. Kalau peminatnya banyak, dilihat dari produknya banyak laku terjual, maka kemungkinan anda untuk sukses berjualan dan berbisnis juga besar, bukan?

  1. Cari suplier yang responsive.

Poin nomer dua ini berkaitan dengan layanan yang nanti anda berikan kepada calon pembeli. Karena anda sebagai seorang dropshiper, maka pastikan supplier anda cepat membalas pesan anda, misal ketika bertanya tentang stok, pengiriman barang, transfer uang dan konfirmasinya, dan lain sebagainya.

  1. Siapkan senjata promosi dan CS yang aktif

Terakhir, jika anda adalah sebagai seorang dropshiper plus pelayan pembeli atau CS, maka anda harus memperhatikan waktu jualan anda. Usahakan anda memiliki waktu yang sedikit luang untuk mengurus bisnis dropship ini. Jangan sampai sudah mau terjun ke bisnis ini, tapi tidak pernah mau promosi di media sosial, aplikasi-aplikasi percakapan dan lain sebagainya. Begitu juga ketika ada pembeli yang bertanya produk yang anda tawarkan, maka anda harus mampu menjawabnya dengan cepat.

Yang perlu anda lakukan sekarang ini adalah lakukan segera niatan anda untuk berbisnis, jangan menunggu sampai anda paham benar tentang bisnis, tapi nol dalam praktek bisnisnya. Bagaimana? Mudah bukan jika anda ingin sukses di bisnis dropship.

Akan lebih baik jika satu website yang Anda gunakan untuk dropship juga bisa menghasilkan uang dari cara lain. Ibarat kata, Anda mendayung sekali mampu melalui dua pulau sekaligus. Yang Anda perlukan adalah pengetahuan bagaimana cara monetize website sehingga mendatangkan multiple income. Anda bisa coba trik monetize tersebut.

 

 

author
No Response

Leave a reply "Enaknya Bisnis Zaman Now, Jadi Jutawan Hanya dengan Dropship"